CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Tips Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaf71d92637722a887ccb68/tips-berolahraga-agar-tidak-mudah-lelah

Tips Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah

Apakah agan-agan sering merasa lelah ketika hanya berjalan 1 kilometer saja?

Agan ingin merubah ini semua?

Tentu, siapa yang tidak ingin menjadi sehat dan tidak mudah lelah?

Bila agan mengalami cepat lelah, apalagi ketika melakukan olahraga sederhana.

Maka, saatnya melakukan perubahan.

Memang banyak dari kita tidak menyadari bahwa perubahan itu butuh waktu dan proses yang panjang.

Agan tidak bisa hanya dengan melakukan latihan fisik sehari.

Lalu, berharap agan besok kuat berjalan 3 km secara seketika.

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Tips Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah

Salah satu sumber energi bagi tubuh adalah makanan.

Jika makanan yang agan konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi.

Maka, tentu menimbulkan efek yang positif bagi tubuh.

Tubuh tidak akan cepat lelah, berenergi dan stamina tentu akan semakin meningkat.

Agan dapat menambah buah dan sayur dalam menu Anda, pilihlah juga daging tanpa lemak.

Agan juga dapat menambahkan makanan yang mengandung tepung dan karbohidrat agar energi yang agan dapatkan lebih tahan lama.

Sebaiknya ketika agan makan, Anda mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, tapi dengan intensitas yang sering.

Jadi, misalnya Agan dapat makan 5 kali sehari dengan porsi yang sedikit daripada Anda makan sekali dalam porsi yang sangat besar.

Selain energi yang Agan dapatkan lebih tahan lama, gaya makan seperti ini dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda.

Agar tubuh Agan selalu mendapatkan tenaga dan energi.

Maka, Agan dapat mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil dari biasanya.

Agan dapat makan dengan jumlah 5 kali sehari dalam porsi kecil.

Cara yang seperti ini lebih baik daripada makan hanya dua kali tapi dalam jumlah yang besar.

Ketika agan lapar di jam sela makan berat, maka Anda dapat menjadikan sayur, buah dan kacang-kacangan sebagai referensi pengganti camilan Anda.


Camilan kue kering memiliki kadar gula dan kalori yang sangat tinggi.

Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kue-kue yang memiliki kadar gula yang tinggi, maka Anda semakin gemuk dan mudah lelah ketika melakukan olahraga.

Sedangkan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti kacang, dapat memberikan energi yang lebih tinggi sehingga Anda tidak akan mudah lelah dalam berolahraga.

2. Melakukan Banyak Latihan Fisik
Tips Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah

Tips berikutnya untuk menghilangkan rasa cepat lelah pada saat agan berolahraga adalah dengan melakukan banyak latihan fisik.

Jika Anda rutin melakukan latihan fisik, maka lama-kelamaan kekuatan tubuh Anda pasti juga akan meningkat.

Agar kekuatan tubuh  Anda meningkat dan menjadi tidak cepat lelah, maka Anda harus dapat meluangkan waktu sedikit untuk melakukan olahraga.

Latihan fisik tersebut dapat berupa latihan kardiovaskular, latihan kekuatan tubuh, latihan kecepatan dan  latihan kelenturan.

3. Jangan Lupa untuk Melakukan Pendinginan
Tips Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah
Setelah melakukan olahraga, tentu agna harus melakukan pendinginan.

Setelah Agan melakukan 3-5 menit jogging.

Maka, hal yang dapat Agan lakukan adalah melakukan peregangan.

Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik lainnya setelah berolahraga berat.

Kalau tidak, kaki agan akan terasa sakit sepanjang hari.

Agan dapat melakukan peregangan sederhana agar tubuh tetap dingin.

Sehingga asam laktat atau produk sampingan yang dibuat oleh otot dapat terserap ke aliran darah dan dibuang dari tubuh.

Jika Agan tidak melakukan pendinginan, tentu tubuh Agan akan terasa sakit dan mempengaruhi aktifitas fisik yang Agan lakukan esok harinya.


Mungkin saja Agan esok ingin berolahraga lagi, jika tidak melakukan pendinginan besok Agan akan merasa cepat lelah ketika melakukan olahraga.

4. Selalu Minum Air Putih
Tips Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah
Memang sudah banyak diketahui bahwa air putih memiliki berjuta manfaat bagi tubuh.

Selain dapat mencegah batu ginjal, air putih juga dapat menurunkan berat badan.

Selain itu air putih dapat meningkatkan stamina.

Stamina disini berfungsi untuk memperkuat tubuh agar tidak mudah lelah saat berolahraga.

Air putih dapat menekan rasa lelah yang ada di otot.

Ketika otot mengalami dehidrasi, maka kinerja otot tidak akan bisa maksimal.

Sebelum melakukan olahraga berat seperti angkat beban, agan dapat minum setengah liter air sebeumnya.

Agan juga dapat membawa air putih ketika sedang berolahraga.

Jika Agan suka minuman yang beraroma, maka Anda dapat minum powerade, Gatorade dan sebagainya.

Selain meghilangkan rasa haus, minuman ini juga dapat mengganti elektrolit yang ada dalam tubuh.

Tetapi jika agan melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan, maka disarankan minum air putih.


Mengapa? Karena minuman yang mengandung aroma dan rasa-rasa mengandung banyak kalori.

Sehingga tidak cocok bagi Agan yang sedang dalam proses penurunan berat badan.

Minuman yang mengandung kafein tidak disarankan, mengapa? Karena minuman yang mengandung kafein hanya menambah energi jangka pendek saja.

Tetap,  efek jangka panjangnya dapat melemahkan tubuh Anda sendiri.

Baca juga: Tips Agar Kuat Berolahraga By OB Fit

Thanks to:
* Guru Penjaskes
* Wonk
* Gudang Link
profile-picture
denbagoes01 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di