CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaf6c8565b24d0a5562be64/waspada-brain-freeze-saat-makan-atau-minum-sesuatu-yang-dingin

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin


Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

Apakah kamu penggemar berat makanan atau minuman dingin, GenK? Lalu, pernahkah kamu merasakan sensasi ‘tersengat’ saat sedang makan atau minum sesuatu yang dingin? Kalau pernah, bisa jadi itu adalah efek brainfreeze!

Brainfreeze atau cold-stimulus adalah sebutan untuk efek sakit di kepala yang dirasakan seseorang ketika makan atau minum sesuatu yang dingin secara tiba-tiba. Hal ini dikarenaan kontrasnya suhu tubuh dengan makanan atau minuman yang kamu konsumsi sehingga tubuhmu perlu penyesuaian.

Meskipun dipandang tidak terlalu berbahaya dalam dunia medis, kamu tetap perlu waspada karena efeknya cukup mengganggu, loh. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Bagaimana Brain Freeze Bisa Terjadi?

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

Ilustrasi brain freeze. (Sumber: shutterstock)

Brain freeze biasanya terjadi ketika sesuatu yang dingin secara tiba-tiba masuk ke dalam mulut seseorang dan menyentuh bagian langit-langit mulutnya. Hal ini mengakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah di langit-langit mulut dan memberikan efek sakit kepala.

Contoh kejadian paling umum untuk menggambarkan efek brain freeze adalah saat makan es krim di siang hari. Di tengah suhu udara yang panas, tentu saja tubuhmu akan merasa ‘kaget’ dengan kehadiran es krim yang tiba-tiba kamu makan. Akibatnya, kepala akan terasa sakit untuk beberapa detik bahkan menit.

Efek sakit kepala yang dirasakan setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang merasa sakitnya seperti disengat di bagian tengah kepala, ada pula yang merasa titik sakitnya justru di dahi dan belakang leher. Meski hanya berlangsung dalam beberapa detik atau menit, tetap saja memberikan efek tidak nyaman bagi kepalamu.

Cara Mengatasi Brain Freeze

Memang, terkadang secara tidak sadar kita terlalu bersemangat saat baru membeli es krim dari minimarket dan langsung melahapnya. Jika efek brain freeze ini langsung menyerangmu, jangan khawatir! Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya, yaitu:

1. Meminum air hangat

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

Ilustrasi minum air hangat. (Sumber: Medical News Today)

Meminum air hangat secara perlahan dapat membantu menetralkan suhu di dalam mulutmu. Secara otomatis, otakmu akan menerima sinyal bahwa suhu di ‘bawah sana’ sudah stabil sehingga rasa sakit di bagian kepala akan berkurang secara perlahan.

Namun, hindari minum air hangat secara langsung dalam jumlah banyak ya, GenK! Hal ini justru akan memperburuk kondisi sakit kepalamu. Langit-langit mulutmu yang tengah beradaptasi dengan suhu dingin tadi akan merasa ‘kaget’ untuk yang kedua kalinya saat ada suhu panas yang masuk secara tiba-tiba. Lakukan semuanya secara perlahan tapi pasti, ya!



2. Tempelkan lidah ke langit-langit mulut

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

Ilustrasi lidah. (Sumber: shutterstock)

Cukup tempelkan lidahmu di langit-langit mulut selama 30-60 detik, rasa sakit di kepalamu dapat hilang secara perlahan. Suhu hangat yang terdapat di lidah dapat membantu menghangatkan langit-langit mulutmu dan meredakan efek brain freeze.


Selain lidah, kamu juga dapat menggantinya dengan menggunakan kedua jempolmu. Caranya pun sama, yaitu dengan menempelkan permukaan jempolmu ke langit-langit mulut. Tapi, jangan lupa untuk mencuci tangan dulu sebelumnya, ya!


3. Menutup bagian hidung dan mulut dengan tangan, lalu bernafas

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

Ilustrasi tutup mulut. (Sumber: shutterstock)

Terakhir, kamu bisa mencoba untuk menutup bagian hidung dan mulutmu dengan kedua tangan dan coba bernafas. Hal ini dilakukan agar aliran udara hangat masuk ke dalam tubuhmu dan membantu proses menetralkan suhu tubuh.

Nah, itu dia sedikit penjelasan umum tentang brain freeze dan cara mengatasinya, Genk. Meski efek brain freeze tidak menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan saraf baik di mulut maupun otak, tapi tentu saja akan sangat mengganggu karena menimbulkan rasa sakit sesaat.


Minuman dan makanan dingin seperti es krim, es buah, dan es doger memang selalu terlihat menggiurkan, tapi jangan sampai kamu memakannya dengan terburu-buru, ya! Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan cara-cara mengatasi brain freeze seperti di atas jika kamu bisa mencegahnya dari awal.




profile-picture
profile-picture
denbagoes01 dan Abc..Z memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di