CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kapal China Masuk ke Perairan Indonesia di Langkat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaf6a240577a9667053db48/kapal-china-masuk-ke-perairan-indonesia-di-langkat

Kapal China Masuk ke Perairan Indonesia di Langkat

Kapal China Masuk ke Perairan Indonesia di Langkat

Wakil Kepala Polres Langkat Kompol Delami Saleh, membenarkan bahwa kapal asing yang diusir warga saat mendekat ke tepi perairan Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Minggu (3/5/2020), berasal dari China.

Sebelumnya diberitakan, warga Pulau Sembilan menghadang dan mengusir kapal asing yang diduga berasal dari China karena mereka khawatir kapal tersebut beserta krunya membawa virus corona.

“Warga khawatir akan wabah virus COVID-19 masuk ke Langkat. Oleh karena itu warga menghadang kapal asing asal China tersebut mendarat (berlabuh) di Langkat untuk mengangkut ikan kerapu,” ujar Delami.


Soal tujuan kapal asal China tersebut masuk ke wilayah perairan Indonesia kini telah menjadi terang. Namun, sejauh ini belum jelas bagaimana kapal asing tersebut bisa masuk wilayah perairan Indonesia.


Apalagi, saat ini hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, tengah menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Di Indonesia sendiri lockdown diganti dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).


Dari laporan polisi yang diterima Indozone.id pada Minggu sore (3/5/2020), diketahui bahwa kapal asing tersebut semula telah mendapat “restu” dari warga Pulau Sembilan untuk buang sauh di pantai mereka.


“Sesuai hasil Sosialisasi dengan Tokoh masyarakat, Kepala Desa, dan pihak pemilik Ikan, CV. Sumber Budidaya Pasific yg dilakukan pada hari Jumat tanggal 1 Mei 2020 pukul 14.00 wib, dengan kesepakatan tidak ada pelarangan dari warga dgn masuknya kapal ikan asing, dgn syarat kapal harus berlabuh 300 meter dri bibir pantai pulau Sembilan dan ABK tidak diizinkan untuk mendarat,” demikian petikan awal laporan tersebut.


Sehari berselang, warga berubah pikiran dan menolak kedatangan kapal China tersebut.


“Pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 pukul 16.30 WIB, situasi berubah dan berkembang dengan adanya penolakan dari warga sebanyak 70 orang agar kapal tidak masuk ke perairan Pulau sembilan. Penolakan warga di pimpin oleh 1. Herman, 45 thn, (warga) Dusun 1 Desa P. Sembilan, 2. Dayan, 50 thn, Dusun I Desa P. Sembilan. 3. Eman Dsn.4 Desa P. Sembilan. 4. Bahtiar, 45 thn, Dusun 3 Desa P. Sembilan. 5. Khaidir, 45 thn Dsn 2 Desa P. Sembilan. 6. Bahar, 65 thn, Dusun 1 Desa P. Sembilan. Alasan masyarakat yg menolak takut terpapar Virus Covid-19,” lanjut laporan tersebut.


Dari laporan tersebut, belum tertera adanya izin dari pihak kepolisian maupun institusi lain yang berwenang memberikan izin bagi kapal asing untuk memasuki wilayah perairan Indonesia. 


Adapun penolakan warga sebelumnya telah beredar luas di media sosial lewat sebuah video yang salah satunya dibagikan oleh akun Facebook Majelis Kopi. 


Tampak dalam video tersebut, puluhan warga berkumpul di ujung dermaga kayu, meneriaki kapal tersebut untuk memutar balik ke tengah laut. 


“Kapal Hong Kong ini mau masuk ke pulau sembilan ini. Warga bamyal yang menolak kedatangan kapal Hong Kong ini. Ini lautnya, dan ini keramba. Inilah kapalnya.Tidak boleh datang ke pulau sembilan ini. Banyak emak-emak yang menjerit. Kita ledakkan nanti kapal Hong Kong ini,” ujar suara dalam video tersebut.





sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05...ia-di-langkat/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 17 lainnya memberi reputasi
Kangen Susi emoticon-Big Grin
profile-picture
semawo memberi reputasi
Berarti laut kita tidak ada yg menjaga, sampai bisa mau mendarat segala.
profile-picture
profile-picture
liee dan semawo memberi reputasi
Nah tuh ada alasan sekarang beat pinjem duid China emoticon-Ngakak nantik klo gak bisa bayar yak nyinggung kapal2 mereka yg tukang garong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kasian padahal hongkong juga ga suka ama commie china tapi ama warga sini dipukul rata semua emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
nyasar jauh banget, bukan di ZEE lagi, udah di teritori Indonesia
profile-picture
profile-picture
liee dan semawo memberi reputasi
Quote:


iya bray
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
liee dan semawo memberi reputasi
org kemaren di tegrep CG dan kapal perang di ZEE aja masih bs bilang bukan di laut teritorial kita
lah gimana kita dikasih keistimewaan punya ZEE tapi disatronin maling kita bilang blm masuk pager dalem kita kok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
nasib berhutang ke china
harga diri di injak injak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sama aja itu cuk! emoticon-Wakaka
Framing pencitraan buzzer saja itu!
Dia sosok yg juga diframing utk menunjang kepercayaan kepemimpinan Mukidi!

Jd inget waktu Tommy Soeharto di twitternya posting waktu jaman Orde Baru, TNI sering menenggelamkan "Kapal Besar" pencuri ikan, tp nggak diekspos besar2an utk pencitraan spt itu!

Itu Orde Mukidi baru menenggelamkan "perahu kecil nelayan kampung" saja diekspos besar2an!

Diketawain Tommy bisa nggak bedakan "Kapal" dengan "Perahu"!

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
liee memberi reputasi
Quote:


Skrg malah ga ada yg nenggelamin, malah bebas berkeliaran

emoticon-Ngakak
profile-picture
liee memberi reputasi
etnis bajingan.. kelakuan primitif
profile-picture
liee memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di