CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Tips Keuangan Keluarga dengan Anak yang Bisa Dicoba
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaf386ceaab2512bb540f30/tips-keuangan-keluarga-dengan-anak-yang-bisa-dicoba

Tips Keuangan Keluarga dengan Anak yang Bisa Dicoba

Hadirnya buah hati akan menambah semarak suasana di dalam rumah. Pasangan yang telah mempunyai buah hati tentu saja akan mempunyai kebahagiaan nya tersendiri karena bisa untuk melimpahkan kasih sayangnya kepada anak. Tetapi selain rasa bahagia, keluarga dengan anak juga mempunyai tanggung jawab yang lebih karena berarti pengeluaran juga akan bertambah lebih banyak dibandingkan apabila hanya berdua dengan pasangan saja. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan tips keuangan keluarga dengan anak seperti di bawah ini yang tentunya juga sedikit berbeda dengan tips keuangan untuk keluarga yang masih belum mempunyai anak. Dimana untuk tips keuangan keluargayang sudah mempunyai anak adalah sebagai berikut ini:

 

Mencari tambahan penghasilan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika Anda merupakan keluarga yang sudah mempunyai anak adalah bisa untuk mempunyai penghasilan tambahan. Dimana hal ini perlu dilakukan karena pengeluaran yang semakin naik dan berbeda apabila belum mempunyai anak. Oleh karena itulah bisa untuk menambah penghasilan yang akan sangat bermanfaat untuk keuangan keluarga. Cara ini misalnya dapat dengan istri yang bisa bekerja untuk menambah penghasilan keluarga atau mempunyai penghasilan tambahan seperti dengan membuka warung di rumah, berjualan online, menulis online, dan berbagai pekerjaan lainnya untuk menambah penghasilan keluarga.

 

Miliki asuransi pendidikan

Tips selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan mempunyai asuransi pendidikan. Hal yang paling penting dan harus dipikirkan oleh orangtua yang mempunyai anak adalah masalah pendidikan anaknya. Oleh karena itulah untuk membantu beban pikiran tersebut Anda bisa mempersiapkan pendidikan anak semenjak dini yang bisa dilakukan dengan memiliki asuransi pendidikan untuk anak. Pilihlah asuransi pendidikan yang terbaik dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan untuk anak.

 

Beli asuransi jiwa

Ada ungkapan bahwa apabila Anda merasa semakin bahagia juga akan membuat semakin takut kehilangan. Hal tersebut juga dialami ketika sudah mempunyai keluarga dengan anak yang akan membuat Anda takut apabila terjadi sesuatu sehingga akan membuat anak sendirian. Untuk mengatasi ketakutan tersebut, setidaknya Anda bisa mempersiapkan “warisan” untuk anak dengan mempunyai asuransi jiwa. Sehingga nantinya dana dari asuransi bisa membantu anak apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

 

Berhemat pengeluaran yang tidak perlu

Ketika mempunyai anak, nantinya prioritas juga akan berganti dengan anak ada di atas puncak prioritas. Hal tersebut juga harus diikuti dengan kesadaran untuk tidak mengeluarkan biaya yang tidak perlu. Karena akan lebih baik untuk menghemat dan menabung untuk masa depan anak. Oleh karena itulah bagi Anda yang mempunyai anak yang maka bisa untuk mengerem pengeluaran yang tidak perlu untuk membeli barang-barang yang diinginkan tetapi tidak dibutuhkan. Anda bisa menggunakan uang yang sisa dari penghasilan untuk ditabung sebagai investasi masa depan untuk anak.

 

Hindari utang

Hal terakhir yang bisa diperhatikan untuk tips keuangan keluarga yang sudah mempunyai anak adalah dengan menghindari utang. Terlebih utang yang sangat membebani keuangan keluarga yang sebaiknya tidak dilakukan apapun alasannya. Ketika Anda membutuhkan dana bisa untuk menggunakan sumber uang lainnya yang dimiliki seperti menggunakan asuransi pendidikan anak terlebih dahulu atau berusaha untuk mencari pemasukan tambahan. Jalan untuk mengambil utang yang memang merupakan jalan keluar paling mudah untuk mendapatkan uang sebaiknya sangat dihindari karena kebutuhan apabila mempunyai anak akan semakin bertambah sehingga akan membuat utang yang dipunyai terasa mencekik bagi keuangan dalam keluarga.

profile-picture
denbagoes01 memberi reputasi
Diubah oleh solehah07


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di