CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hikmah 'kan Selalu Tersimpan di Balik Kebaikan, Dampak Berkah Memberi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaef5c1337f936db2738c05/hikmah-kan-selalu-tersimpan-di-balik-kebaikan-dampak-berkah-memberi

Hikmah 'kan Selalu Tersimpan di Balik Kebaikan, Dampak Berkah Memberi

Hikmah 'kan Selalu Tersimpan di Balik Kebaikan, Dampak Berkah Memberi

Hikmah Selalu Tersimpan di Balik Kebaikan, Akibat Berkah Memberi




Berbuat baik adalah hal yang bagus dan berdampak baik untuk kita. Percaya atau tidak, di setiap kebaikan yang kita lakukan, selalu ada hikmah atau manfaat di baliknya. Bukannya Ane mau pamrih dalam memberi, tapi ini memang berdasarkan pada pengalaman Ane selama ini.


Ane pernah melihat kejadian yang membuktikan bahwa sebuah kebaikan berdampak besar bagi orang lain dan bagi si pemberi. Waktu itu, suasana sudah sore dan tampak seorang ibu-ibu berpakaian sederhana sedang berjalan membawa seplastik cabai sambil memegangi perutnya. Ia tampak berjalan lesu ke sana ke mari terlihat seperti ingin menawarkan cabai yang dibawanya. Ada yang menolaknya secara halus, tapi tak jarang pula yang terlihat menolaknya dengan memaki-maki. Ibu itu terus berjalan dengan wajah bersimbah peluh, tapi ia tampak tak mau menyerah dan terus berjuang demi bisa menjual cabai di genggamannya. Sampai suatu ketika, ia bertemu dengan seorang wanita dan ia tampak kembali mencoba menawarkan cabai tersebut.

"Assalamualaikum Bu."

"Waalaikumsalam, ada apa Bu?"

"Maaf Bu, jika saya mengganggu waktunya. Saya ingin menawarkan cabai ini untuk ibu. Harganya murah, Bu. Cuma 10 ribu aja, cukup untuk saya makan. Kasihani saya Bu... Saya udah gak makan dari kemarin. Saya mohon..." ucap ibu berpakaian sederhana dengan penuh iba.

"Ya Allah, Bu... Kasihan sekali Ibuk. Saya gak usah beli, deh. Cabainya buat ibu aja. Ini saya kasih uang buat ibu beli makan," balas ibu penolong tadi seraya menyodorkan beberapa lembar uang.

"Jangan, Bu. Saya mau jual cabai, bukan mau minta-minta. Jadi, ini cabainya tolong diterima ya, Bu," ucapnya sambil memberikan cabai, tapi ditolak halus oleh si penolong.

"Gak apa-apa, Bu. Lagi pula, saya juga ikhlas kok, ngasih uang ini ke Ibu. Gini aja, saya ambil aja sedikit cabainya, ya," balas si ibu penolong seraya mengambil segenggam cabai dari ibu penjual tadi.

"Terima kasih banyak ya, Bu. Semoga Allah membalas kebaikan yang ibu berikan kepada saya. Assalamualaikum," ucapnya sambil berjalan pergi.

"Iya, Bu. Sama-sama. Waalaikumsalam, hati-hati ya, Bu."

Si ibu penolong tampak melanjutkan perjalanannya, tapi sebuah peristiwa tak terduga menimpanya di tengah perjalanan. Seorang laki-laki berbadan besar tampak mencoba mengambil tas tangan berisi uang dari ibu tersebut.

"Tolong, ada jambret.. ada jambret," teriaknya meminta tolong, tapi keadaan sekitar masih sepi. Lalu tiba-tiba ia sepertinya ingat kalau masih menggenggam cabai. Tanpa pikir panjang, ia usapkan cabai itu ke wajah si pencopet. Akibatnya, si pencopet melepaskan tangan dan tas ibu tadi dan sibuk menyentuh matanya yang terasa perih.

"Nah, rasain kamu. Tolong... Tolong...!" teriaknya memanggil warga yang lewat.

Akhirnya, sejumlah warga yang datang pun berhasil menangkap si pencopet dengan mudah tanpa ada yang terluka. Ibu penolong pun berhasil selamat dan mendapatkan uangnya kembali.

Nah, itulah sepenggal cerita yang pernah Ane lihat menurut kisah nyata. Ternyata, jika kita berbuat baik, maka kita pun akan mendapatkan buah yang baik. Begitu juga sebaliknya. Jadi, di balik kita menolong sesama, percayalah Allah akan membalas kebaikan walaupun itu hanya secuil. Entah kapan waktunya, kita benar-benar membutuhkan, insyaAllah jika kita menolong saudara di saat kesusahan, Allah akan menolong kita kembali di saat kita benar-benar membutuhkan. Jadi, berbuatlah baik kepada sesama, agar hidup semakin berkah. Wallahu a'lam bis shawab.

Hikmah 'kan Selalu Tersimpan di Balik Kebaikan, Dampak Berkah Memberi




Spoiler for Bagi-bagi cendol :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fiaperm
Halaman 1 dari 2
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 7 lainnya memberi reputasi
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 6 lainnya memberi reputasi
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 8 lainnya memberi reputasi
Berbuat baik nggak akan pernah ada ruginya 🤗
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 4 lainnya memberi reputasi
Kebaikan akan kembali kepada yang melakukan. Itu sudah pasti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 5 lainnya memberi reputasi
Indahnya bisa berbagi 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 7 lainnya memberi reputasi
pada akhirnya kebaikan akan kembali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Numpang quote yaa, biar Up. Hehe.
Fastabiqul Khairat. Maka balasannya sepanjang masaemoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 7 lainnya memberi reputasi
Berbuat baik sekecil apa pun gak pernah ada ruginya. Kebaikan akan dibalas kebaikan, begitupun sebaliknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 5 lainnya memberi reputasi
memberi bukan tentang seberapa banyak tpi ikhlasnya,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 5 lainnya memberi reputasi
pengalaman yang luar biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 5 lainnya memberi reputasi
Iya, berarti intinya jangan pernah ragu untuk menebar kebaikan karena pasti akan kembali pada kita juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 4 lainnya memberi reputasi
bisa berbuat baik sedikit aja itu perjuangan, tp indah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 4 lainnya memberi reputasi
Baik atau buruk, entahlah? Penting lakukan yang terbaik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 4 lainnya memberi reputasi
lakukan semampunya yang penting meringankan beban orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 3 lainnya memberi reputasi
berbuatlah kebaikan disetiap ada kesempatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 3 lainnya memberi reputasi
Setiap kebaikan adalah sedekah. Dan sedekah itu banyak sekali manfaatnya buat kita, selain menolak bala, sedekah mampu meredam panasnya api neraka,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 3 lainnya memberi reputasi
Sepalu berbuat baik😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 3 lainnya memberi reputasi
In syaa Allah kebaikan akan dibalas kebaikan pula, dan cash tanpa menunggu lama. Nice thread, Sist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 3 lainnya memberi reputasi
Semoga selalu bisa berbuat baik, karena nggak akan ada yang sia-sia dari perbuatan baik itu 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AdelineNordica dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di