CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
5 Cara mengatasi sakit punggung karena kelamaan duduk saat work from home
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaed2db337f93543f20673c/5-cara-mengatasi-sakit-punggung-karena-kelamaan-duduk-saat-work-from-home

5 Cara mengatasi sakit punggung karena kelamaan duduk saat work from home

5 Cara mengatasi sakit punggung karena kelamaan duduk saat work from home

PSBB yang masih diberlakukan membuat banyak perusahaan terus memperpanjang kebijakan work from home. Ada yang masih betah di rumah? Atau justru mulai bosan dan sering sakit punggung kayak ane nih? 

 

Sakit punggung waktu wfh emang wajar Gan. Apalagi kalau kamu nggak punya meja kerja yang memadai gara-gara mungkin tinggal dikamar kosan kecil. 

Ujung-ujungnya kerja di tempat seadanya. Duduk di atas kasur atau cuma pakai meja lipat kecil yang bikin posisi kerja juga tanpa disadari jadi membungkuk dan bikin sakit punggung jadi berasa. Apalagi kalau kamu sering gak sadar udah duduk berjam-jam gara-gara fokus bekerja.

Biar wfh makin nyaman tanpa sakit punggung.Nih ane bagikan beberapa tips cara mengatasi sakit punggung berikut: 

1.  Membuat lingkungan kerja menjadi lebih ergonomis

Kalau punya meja kerja, coba posisi meja kerja, kursi, dan komputer diatur biar cukup ergonomis, artinya membuatmu bisa bekerja dengan nyaman dan efisien tanpa dampak negatif bagi tubuh.

Tempatkan layar komputer agar sejajar dengan mata. Pastikan meja kerjamu berada pada permukaan lantai yang rata. Kemudian, aturlah ketinggian kursimu agar kamu bisa duduk dengan tegak menghadap komputer.


2.Batasi waktu bekerja di atas tempat tidur 

Cara mencegah sakit punggung saat work form home adalah dengan membatasi waktu bekerja dari atas tempat tidur.


Kamu mungkin akan tergoda memilih untuk duduk di tempat tidur dengan memangku laptop sambil bekerja. Hentikan kebiasaan ini. 

Posisi kerja ini justru membuat tampilan layar terlalu rendah untuk pandangan mata dan tanpa disadari dapat membuatmu membungkuk Gan. 

Yah. kalau kamu memang harus bekerja dari atas tempat tidur, coba letakkan bantal di belakang punggung sebagai sandaran dan letakkan laptop di atas bantal di pangkuan atau gunakan meja lipat agar kamu bisa mengetik dengan nyaman tanpa membuat leher dan punggung tegang. 

3. Ambil waktu istirahat 

Kerja sih kerja, tapi jangan lupa rehat Gan. Kebiasaan waktu kerja di rumah kamu sering lupa untuk ambil istirahat buat jalan sejenak atau peregangan. 

Atur timer setiap 30 menit untuk istirahat selama tiga hingga lima menit. Gunakan waktu ini untuk bangun, berjalan atau lakukan peregangan yang singkat sehingga kamu bisa mencegah sakit punggung akibat terlalu lama duduk dan bekerja.

4. Ubah postur tubuh sesering mungkin 

Karena duduk dalam posisi atau kursi yang sama sepanjang hari dapat menyebabkan sakit punggung, leher dan bahu, maka usahakan untuk mengubah postur tubuh sesering mungkin ketika sedang work from home.

Misalnya kamu bisa memulai hari dengan bekerja di meja dapur yang lebih tinggi sambil berdiri, lalu beralih duduk di sofa atau meja kerja.

5.  Tambahkan handuk yang digulung sebagai penyangga pinggang 

Jika kamu menderita sakit punggung di bagian bawah, cobalah gunakan bantal yang digulung dan letakkan di antara kursi dan di belakang panggul bagian bawah saat duduk.

Cara ini menjadi salah satu tips untuk meningkatkan kenyamanan saat duduk dan mencegah sakit punggung karena terlalu lama bekerja di rumah.


Itu dia beberapa tips cara mengatasi sakit punggung terutama buat kalian yang mulai pegel-pegel kebanyakan duduk saat work from home.  Semoga bisa bermanfaat ya Gan. 

 



*sumber: Artikel diambil dari artikel EKRUT berikut ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di