CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
THE REAL TRUTH - Kejadian Sebenarnya Devienna dan Pizza yang Hilang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaeaa32f0bdb279eb0fb843/the-real-truth---kejadian-sebenarnya-devienna-dan-pizza-yang-hilang

THE REAL TRUTH - Kejadian Sebenarnya Devienna dan Pizza yang Hilang

Hi agan2! emoticon-Big Grin

Sudah bertahun - tahun ane ga pernah bikin thread di Kaskus lagi, dan lebih sering jadi silent reader di subforum2 aja.

Saya ngerasa terbeban untuk bikin thread lagi untuk meng-clearkan kesalahpahaman yang sudah banyak banget beredar terkait masalah ini.

Kebetulan ane adalah teman dari Devienna yang lihat langsung saat kejadian dan tahu persis apa yang terjadi beserta updatenya.

Please hang on dan bisa membaca thread ini sampai selesai, dan semoga bisa dibantu untuk dishare juga, karena jujur berita dan info yang beredar diluar itu liar banget dan sudah ditarik sangaaat jauh dari konteks yang semestinya.

Agan - agan pasti tau kalau info yang dishare dengan sedikit bumbu dan disunat sedikit, kemudian di-reshare dan diberi sedikit bumbu lagi, dan seterusnya..in the end akan jadi pesan yang sangat amat berbeda dari yang semestinya.

And that's what happening right now.

BTW UNTUK YANG TANYA "TERUS KEMANA PIZZA YANG HILANG TERSEBUT? KEGESERKAH? HILANGKAH? GIMANA KONFIRMASI RESTONYA?"
SEMUA AKAN KITA BAHAS DI AKHIR THREAD INI.

Spoiler for Bocoran:


So cukup untuk openingnya, saya mulai share disini urut dari kejadiannya ya.

1. Devienna menerima Pizza yang dipesannya lewat ojol dalam kondisi tidak tersegel dan ada bagian yang hilang.
Spoiler for PIC:


Iya betul, tidak ada yang berbeda dari apa yang sudah dishare oleh Devienna di storynya. Memang seperti itu kondisi makanan saat diterima.
Plastik yang diikat dengan tidak rapih,
Segel yang terbuka dan tidak tertempel,
Dan ada potongan yang hilang (tidak bisa dibuat lingkaran utuh seperti seharusnya) KITA SUDAH COBA SENDIRI, DAN MEMANG TIDAK BISA. JADI BUKAN TERGESER SEPERTI YANG BANYAK DIJADIKAN PEMBENARAN NETIZEN DAN RESTO.

Disini sebagai pembeli yang menerima pesanan dalam kondisi tersebut, ada dua hal yang pasti mengganggu,
- Ketika pesanan diterima dalam kondisi tidak tersegel, tentu jadi concern disaat pandemic seperti ini.
- Dan ketika box yang tidak tersegel tersebut dibuka, ada bagian yang sudah tidak lengkap, tentu jadi concern kedua dan pasti sebagai pembeli akan takut untuk makan pesanan tersebut.


2. Concern terhadap kejadian seperti itu, Devienna mengupload story untuk followersnya.
Saya paham di masa pandemic seperti ini dimana banyak dari merchant dan resto home industry sudah berbondong2 pakai cable tie untuk memastikan konsumen merasa safe dengan makanan yang diterima, kejadian yang dialami Devienna pasti akan jadi persoalan. SOP dan hygiene dipertanyakan, apalagi ditambah fakta ada potongan yang hilang.
Devienna share untuk followersnya dengan pesan untuk lebih aware dengan standar seperti tsb, tanpa menyebut satupun pihak sebagai pelakunya, apalagi menyebarkan identitas driver ojol seperti yang banyak orang kira. Sama sekali tidak disebutkan identitasnya.

3. Devienna menghubungi pihak penyedia jasa ojol dan resto untuk mengajukan komplain terhadap hal tersebut, dikarenakan tidak bisa dipastikan kesalahan ada dimana.
Bagi netizen yang banyak berkomentar, mereka mempertanyakan kenapa Devienna tidak melapor ke pihak yang semestinya, hal tersebut sudah dilakukan juga. Tapi butuh waktu sampai feedback didapatkan, dan selama itupun story bertahan.

4. Selang beberapa jam, pihak penyedia jasa ojol memberikan email konfirmasi terhadap keluhan tersebut. Mereka menyampaikan akan memberikan sanksi tegas kedapa MERCHANT TERKAIT.
Dari respon email penyedia ojol tersebut, kesimpulan bisa ditarik bahwa kesalahan bukan dari drivernya.

5. Melihat email konfirmasi tersebut, Devienna tau bahwa kesalahan berarti bukan pada driver ojolnya.
Devienna lalu menelpon pihak Ojol untuk memastikan pelaporan yang sudah dibuatnya tidak membuat driver tersebut tersuspend atau dikenai sanksi atas hal yang bukan kesalahannya.
Selain pelaporan secara lisan tersebut, Devienna juga membuat pelaporan tertulis dengan nomor laporan resmi ke pihak Ojol untuk memastikan driver tidak dikenai sanksi ataupun tersuspend.

6. Selang setengah jam, pihak penyedia jasa ojol menghubungi kembali untuk menginformasikan bahwa driver ybs memang SEDANG TIDAK disuspend atau dikenai sanksi, dan TIDAK AKAN disuspend atau dikenai sanksi terkait masalah ini.
PIHAK OJOL BAHKAN MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH UNTUK DEVIENNA YANG SUDAH MELAPORKAN DENGAN CEPAT DAN JELAS KE PIHAK OJOL BAHWA KESALAHAN BUKAN DI DRIVERNYA.

7. Malam hari, Devienna akhirnya dapat contact dari driver ojolnya dan bisa berkomunikasi langsung dengan driver tersebut. Devienna meminta maaf secara langsung kepada driver tersebut, dan juga memberikan pertanggungjawaban yang dapat dilakukan, plus menginformasikan bahwa Devienna sudah berkomunikasi dengan pihak penyedia jasa Ojol supaya account driver tersebut aman dan tidak dikenai sanksi.
Disini dari Driver dan Devienna sudah berdamai, tidak ada permasalahan lagi.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Okay, sampai disitu seharusnya masalah sudah selesai.
Tapi tidak untuk banyak netizen, yang tidak mengetahui apa yang sudah dikerjakan dibalik layar untuk membereskan masalah ini.

Mungkin ada banyak yang bertanya, apakah dari pihak resto / merchant menghubungi  Devienna untuk mengklarifikasi masalah ini?
Jawabannya : Iya, mereka menghubungi. TAPI informasi yang disampaikan, sama sekali tidak menjawab pertanyaan yang Devienna ajukan.

Devienna mempertanyakan kepada customer service dan manager yang menghubungi, kenapa pizza yang sampai TIDAK TERSEGEL DAN TIDAK DALAM BENTUK YANG UTUH.

Pihak merchant hanya bisa memberikan jawaban seperti ini:
1. Segelnya mungkin terlepas saat perjalanan, karena kegoncang.
2. Pizza sudah sesuai karena 6 slice, dan ada 20 cheesy bites. Kalau bentuk begitu kemungkinan tergeser saja.

Ada kecacatan dalam penjelasan tersebut, saya akan tulis disini:
1. Segel SEHARUSNYA tidak boleh dapat terlepas tanpa rusak atau meninggalkan bekas. Agan pasti tahu segel yang ada di amplop kertas, sengaja didesain apabila sekali tertempel, kalau sampai lepas atau dibuka pasti akan meninggalkan bekas atau bahkan rusak.
ITULAH FUNGSINYA SEGEL.
UNTUK MENANDAKAN TIDAK ADA YANG MEMBUKA PAKET SEBELUM SAMPAI DI TANGAN PENERIMA.

2. Penjelasan mengenai jumlah slice dan jumlah cheesy bites yang sudah lengkap menurut hitungan porsi resto, tidak menjawab kenapa ketika disusun, tetap pizza tersebut tidak bisa berbentuk lingkaran utuh sebagaimana mestinya.
Apabila memang tergeser ketika diantar, tentu akan bisa dirapihkan kembali dan disusun menjadi lingkaran utuh sebagaimana mestinya.

Disini jelas bahwa pihak resto tetap bertahan pada asumsi, apabila pizza yang diterima sudah berjumlah 6 slice, dengan 20 cheesybites, artinya sudah lengkap. Meskipun diameter pizzanya lebar dan menyebabkan harus ada bagian yang dipotong untuk menyesuaikan menjadi seperti porsi standar mereka.
TANPA INFORMASI KE CUSTOMER.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Ada beberapa foto yang menguatkan dugaan tersebut, agan bisa check sendiri dan pertimbangkan, mana yang benar dan mana yang salah.

1. Pizza sampai dengan kondisi rapih, tidak ada yang penyot, dan segitiga pengaman untuk memastikan pizza tidak tergeser dalam posisi sempurna atau tidak terjatuh saat box dibuka.

2. Di bagian pizza yang hilang, ada bekas roti menempel, potongan sosis yang jatuh, dan bekas keju.

Spoiler for PIC:



3. Di slice sebelah bagian kosong, bisa diperhatikan ada bagian keju yang bolong karena ketarik. Seharusnya apabila pizza terpisah ketika dikirim, bagian keju tertarik tersebut akan menempel di slice pizza yang sebelahnya. Disini, antara kedua sisi pizza yang hilang tersebut, tidak match apabila disatukan.
Spoiler for PIC:



4. Bisa diperhatikan bahwa penempelan cheesy bites di pizza yang diterima oleh Devienna sangat mepet, tidak ada jarak seperti yang seharusnya. Hal ini bisa jadi indikasi bahwa bagian yang hilang tersebut mungkin memang dipotong sebelum diberikan ke ojol, supaya sesuai dengan porsi standar yang seharusnya.

5. Tidak ada pemberitahuan apapun ke ojol untuk disampaikan kepada pembeli / Devienna, ataupun note di nota yang menjelaskan bahwa pengambilan bagian tersebut dilakukan oleh pihak merchant, yang tentunya ini vital.
Karena menerima makanan dalam kondisi tidak tersegel dan tidak utuh, tentu akan muncul dugaan ke orang lain.

6. ADA BEBERAPA ORANG YANG MENGALAMI HAL YANG SAMA KETIKA DINE IN / MAKAN DI RESTO TSB,  DAN MEREKA JUGA MENINGGALKAN KOMENTAR DI ACCOUNT DEVIENNA.
DIMANA MEREKA MENGALAMI PIZZA YANG DISAJIKAN BERBENTUK TIDAK UTUH TAPI KARENA DIA MAKAN DITEMPAT, DARI PRAMUSAJI LANGSUNG MENYAMPAIKAN BAHWA MEMANG DIPOTONG SUPAYA SESUAI PORSI.


INFORMASI INILAH YANG TIDAK DISAMPAIKAN ATAU BAHKAN DISANGGAH OLEH PIHAK MERCHANT KETIKA MENANGGAPI KOMPLAIN DARI DEVIENNA.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Agan - agan bisa bandingkan sendiri informasi seperti ini yang sama sekali tidak dipertimbangkan oleh account - account yang me-reshare berita ini, baik account gosip, account julid, ataupun apalah namanya.
Dan sudah banyak banget netizen yang komentar terlebih dulu tanpa ada kesempatan untuk bisa memahami apa yang sebetulnya terjadi.

Saya merasa kesalahan yang dibuat Devienna antara dia dan pihak ojol sudah diselesaikan dengan baik dan personal, tanpa ada kerugian yang harus ditanggung oleh driver tersebut.
Account aman, tidak dikenai sanksi, plus pertanggung jawaban extra yang sudah Devienna beri.

Saya lihat account official dari resto tersebut yang terus menerus menjawab pertanyaan yang masuk lewat comment di accountnya, yang menerangkan bahwa jumlahnya sudah sesuai (6 slice 20 cheesy bites) dan hanya tergeser saja.
Tanpa menerangkan kenapa tidak bisa berbentuk utuh, DAN TIDAK TERSEGEL.
Bagian SEGEL selalu di skip oleh mereka yang berkepentingan, mungkin agan2 bisa bantu jelaskan kenapa?
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

I'm really open for discussion. Pengen denger pendapat logis dan pertanyaan yang muncul yang mungkin saya bisa bantu clearkan.
Disini thread ini saya buat bukan atas permintaan Devienna, dan ini hanyalah usaha  pribadi saya yang saya bisa buat untuk menghindarkan fitnah terhadap orang yang saya tahu kebenarannya seperti apa.

So, please bantu share kalau bermanfaat, bantu netizen Indonesia untuk bisa lebih luas dalam melihat sebuah masalah, dan lebih mendengarkan pihak - pihak yang terkait langsung dibandingkan account third party yang mereshare berita yang rentan dengan "sunatan info" dan "bumbu bumbu clickbait."

Thank you untuk kesabarannnya membaca sampai akhir. Terima kasih banyak gan! emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mimirio
Halaman 1 dari 2
Netinjing suka sekali gak objektif, asal serang aja, barbar emang.

Kalau sudah tau pasti bakal rate 1 merchant tsb emoticon-Wakaka

Dan katanya si devinna gak makan tuh pizza lalu dibuang apakah betul?

Kl bener yah Sama tulul nya jg emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Jujur eyke msh bingung ehhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rianna.nai
Lihat 1 balasan
susah jg sih.. kadang netizen main comot aja komen.. tapi saya rasa sih emang klo org2 normal liat isi makanan aneh seperti itu ingin meminta pertanggung jawaban.. wajar2 aja sih.. tapi skrg sudah di klarifikasi.. jadi sudah jelas dan terang hanya salah faham emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 5 lainnya memberi reputasi
buat agan yg nulis tritnya dan perjelas masalahnya.. ane apresiasi gan.. emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 8 lainnya memberi reputasi
Lah merchan koplak.
Kenapa ga bikin satu bulet sesuai 6 potong 20 bites?
Merchan kokinya baru blajar bikin piza?

Kalo emang harus 7 potong dan 22 bites knapa ngeyel pake pasang menu 6 potong 20 bites?

Knapa ga sekalian pasang menu setengah loyang
Kayak beli telor bisa kiloan bisa seprapat an.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Terima kasih gan apresiasinya! Semoga bisa ngebantu ngurangin fitnah dan tuduhan liar netizen yang bombardir akun doi. Ane kasian emoticon-Smilie

Quote:


Ini yang mereka memang gamau admit atau bahkan singgung gan. Padahal tanpa sadar mereka ngebuat orang dibully karena dianggap orang yang komplain yang salah.
Padahal pasti kalau orang normal terima pizza dalam keadaan ada bagian yang hilang seperti itu, ditambah segel tidak tertempel, pasti juga bakal takut buat makan emoticon-Smilie

Masih kekeh soal potongan yg 6 dan bites yang 20, bagaimanapun bentuk pizzanya.
Ane lebih milih gausah dipotong atau dipotong 4 dan bites 10 biji juga ga komplain selama tersegel dan utuh. serius ikhlas emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Gw masuk nih.
Gw yang buat trit di BP meskipun pada akhirnya gw rikues buat dihapus Admin atau Moderator.

Jujur, meskipun gw mengaku bersalah karena sejak awal gw mengira hal ini adalah kecurangan dari pihak driver (yang sebenarnya sejak awal gak tau dia laki atau perempuan, dan baru terakhir tahu bahwa dia perempuan). Bukan tanpa sebab gw menganggap hal itu adalah akibat dari perbuatan driver ojol.

Begini.
Di masa pandemi ini, seringkali kita melihat ojol begitu banyak beritanya. Banyak menuntut. Bahkan sebelum pandemi ini datang. Sehingga respek kepada ojol makin hilang, seolah hanya mereka yang menderita. Begitu juga dengan kejadian beberapa kali ada oknum ojol yang curang, makin lengkaplah hilangnya empati itu. Tapi ini gak bisa disebut sebagai kebencian. Ini hanya bentuk kekecewaan semata. Ini ibarat kita melihat sebuah partai, dan ojol sebagai partai. Ketika ada oknum partai korupsi, maka cemarlah partai tersebut. Begitu juga dengan ojol.

Dan di trit di BP, gw udah minta maaf telah salah menduga.

Dan pada kenyataannya juga, ternyata Devienna TIDAK sama sekali memperkarakan si driver. Sejak awal. Ini setelah gw baca seluruh kejadiannya.

Nah, sekarang gw mau memberi penilaian dari sisi mantan pegawai Pizza Hut di PHGP dulu era Ron Muller.

Meskipun gw dulu Bartender, tapi gw seringkali ikut bantu anak Cook buat buat nyiapin Pizza, dari buat topping, manggang, sampai motong dengan cutter panjang.

Setau gw, kalau Pizza dipotong, pasti potongannya menyayat topping. Jika pizza itu jenisnya pan pizza, keju yang melumuri akan kelihatan tertarik jika kita ambil 1 slice. Ini kalau pizza masih panas. Kalau jenisnya thin pizza, karena agak keras, saat diambil 1 slice, keju yang menempel memang tak begitu kelihatan tertarik. Tapi rempah topping pasti akan tertinggal, entah itu daging asapnya atau yang lainnya.

Sayangnya gw gak tau secara jelas, berapa sebenarnya jumlah Cheese Bites untuk pizza ukuran regular atau ukuran large. Sorry, dulu gak ada yang namanya topping beginian. Cuma ada Super Supreme, Meat Lovers, American Supreme, dll. Mentok makanan cuma ada Banana Split dan Garlic Bread. Tapi untuk potongan slice, sepertinya sama. 8 untuk Pan Large, dan 6 untuk Pan Regular.

Melihat kasus ini, dan melihat foto penampakan, jelas itu hilang! Ya. Hilang 1 slice. Apalagi kalau jumlah cheese bitenya 24. Artinya perslice ada 4 cheese bite. Alur permukaan topping gak match antara kanan dan kiri kalau disatukan. Dan itu juga gak akan bisa disatukan karena jelas hilang.

Yang jadi masalah, pihak Merchant seolah melakukan pembiaran kasus ini jadi konsumsi netizen yang mudah menghakimi ( termasuk gw jelas). Pihak Merchant melakukan pembiaran dengan mengorbankan driver ojol dan Devienna untuk dihujat. Dan Merchant lepas tangan.

Padahal, Merchant bisa memberikan penjelasan dengan detail. Jika segel dianggap bisa lepas begitu saja, artinya pihak Merchant jelas menggunakan stiker segel abal-abal. Ini sangat mengerikan, sebab bisa dibuka pasang kapan saja oleh siapa saja.

Dan kalau ada siapapun juga yang bilang bahwa Devienna bodoh karena membuang pizza yang diterimanya, justru orang tersebut sangat bodoh dan rakus! Mungkin terbiasa makan sampah! Konsumen jelas perlu memastikan higienis atau tidaknya makanan yang diantar. Apalagi ini masa wabah corona, siapa yang bisa menjamin andai makanan tersebut sudah terpapar virus? Apa artinya makanan seharga puluhan ribu dibanding kesehatan dan terhindar dari Covid-19? Lantas apakah kalau gw bicara begini bakal ada yang mempertanyakan higienisnya pizza yang keluar dari PH? Ya. Higienis. Karena gw pernah disana. Kebersihan tiap pegawai serta alat kerja sangat diperhatikan kebersihannya. Bahkan roller pemanggang setiap waktu dibersihkan.

Dan catat ya, gak ada itu Office Boy seperti yang dibilang Si Sharkman. Dia tukang cuci piring di PH mungkin. Karena dulu di PH itu cuma ada Manager, Assistant Manager, Leader, Cook, Bartender, Server, Cashier, Delivery Team, dan bagian cuci piring.

Gw apresiasi buat Devienna.
Gak perlu terpukul dengan masalah ini. Dia gak menyalahkan driver. Dia hanya mempertanyakan langsung ke Merchant. Sayangnya Merchant gak jujur.

Terakhir, gw cuma mau ngasih testimoni dari seorang kaskuser yang memesan 2 pizza dari PH.
Karena dia memesan langsung via online tanpa jasa ojol, dia dihubungi oleh pihak PH. Pihak PH bertanya, apakah boleh 1 slice diambil untuk progtam berbagi. Dia mengiyakan. Dan ketika datang, dia memerima 2 box pizza yang masih tersegel utuh dengan 1 pizza utuh, dan 1 pizza lagi hilang 1 slice.

Artinya? Kalaupun program berbagi ini harus mengambil 1 slice, maka pihak PH tetap HARUS meminta ijin kepada konsumen. Jika tidak, maka itu adalah kejahatan yang masuk pembohongan transaksi.

Alurnya dari Cook. Cook memberi tahu pesanan siap. Pesanan diambil Server. Server memberi pizza kepada driver ojol.

Mungkinkah sebelum diterima driver ojol, 1 slice pizza sudah dibegal? emoticon-Big Grin

Catatan : Karena yang memberi segel bukan Cook.

Begitulah.

PS : Semangat ya Devienna.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 7 lainnya memberi reputasi
Kalo merchant membahas segel yg lepas, berarti ada kekurangan di segel tersebut yg gak bisa memberikan jaminan ke pelanggan. Makanya dihindari terus topik itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
semawo dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
oh gitu yak ceritanya
eh devienna itu siapa sih? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
semawo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Njirrr...
Gw ngakak sendiri.

Kebayang bikin cerita misteri di SFTH.

Tentang 1 slice pizza yang hilang.

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
semawo dan apollion memberi reputasi
BTW update, ada yg ngalamin hal yg sama persis.
Spoiler for pic:


Ane update picnya di spoiler BOCORAN diatas.
Penasaran kl banyak yg ngalamin dan share, pihak resto bakal ngmg apa.

kasian yg dijadiin kambing hitam demi nama resto ttp bagus.
udh tau netizen sini barbar emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
semawo dan apollion memberi reputasi
Diubah oleh mimirio
Kesukaam ane nie pizza
profile-picture
profile-picture
semawo dan apollion memberi reputasi
bakalan kaga ada ojol yg mau ngambil orderan di ph nih. blunder tragis..
profile-picture
profile-picture
semawo dan apollion memberi reputasi
jadi 1 slice kecilnya kemanaemoticon-Bingung emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
semawo dan apollion memberi reputasi
Kurang suka pizza ane bre...
Kadang beli pas lapar mata aja... emoticon-Malu
profile-picture
semawo memberi reputasi
Perasaan ane sering beli pizza hut gak pernah bentukannya kyk gitu emoticon-Bingung (S)
Quote:

Memang ga ada dari awal dikirim gan.
Dari restonya gamau ngakuin ada bagian yg dipotong.
Dan dari customer cm tau ketika nyampe, kotak tidak kesegel & ada bagian yg hilang.
Resto bertahan pada asumsi kl sudah 6 slice dan 20 cheesybites artinya sesuai.

Ga mikirin concern customer yg nerima kotak ga kesegel & ada potongan yg ilang.


Quote:


Ya justru itu gan, kita expect bakal oke kaya biasanya, eh pas musim pandemic gini malah kejadian kaya gini ya jelas bikin orang kesel lah.
Di complain malah denial restonya 😄
gw cuman bs blg, mangkanya apa apa jangan di share ke medsos, kecuali memang itu berita penting, kalo ginian ngurus personal dengan pihak terkait kan selesai. salahnya adalah ANAK ANAK JAMAN SEKARANG NIH ALAY. apa apa harus medsos, apa apa harus medsos.

Udah tau banyak orang yang haus perhatian, (dirumah ga dpt perhatian? jomblo? gagal jadi manusia, ga ad yg perduli) entahlah, sebut dan nilai diri kalian sendiri..

kalo sudah begini? ya nikmatin aja di maki2 se indonesia sama anak2 alay, atau dapet dukungan dari orang2 yang mau keliatan jadi orang punya otak dan bijak..

Selow. paling lama 3-5 hari juga ilang kok beritanya. udah biasa..

GOBLOG.~
Lihat 2 balasan
kan kalo gini gue tauu nihh penjelasan nnya. jadi ga maki maki barbar jugaa. wah thanks nya
profile-picture
mimirio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Sundul:
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di