CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Masyarakat Keluhkan Tagihan Listrik Melonjak, Ini Penjelasan PLN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae86e9f4ae2f236877be32/masyarakat-keluhkan-tagihan-listrik-melonjak-ini-penjelasan-pln

Masyarakat Keluhkan Tagihan Listrik Melonjak, Ini Penjelasan PLN

TEMPO.CO, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN angkat bicara menanggapi banyaknya pertanyaan masyarakat soal kenaikan tagihan tarif listrik belakangan ini. Perusahaan setrum negara itu menyebutkan bahwa alasan tagihan tarif listrik meningkat karena banyaknya aktivitas yang dilakukan di rumah sehubungan kebijakan Work From Home (WFH).

Kami memahami di tengah pandemi ini, kebutuhan masyarakat akan listrik bertambah. Peningkatan penggunaan listrik sangat wajar terjadi dengan banyaknya aktivitas di rumah," ujar Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka dalam informasi tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, 2 Mei 2020.

I Made Suprateka mencontohkan, bila biasanya siang hari tidak ada aktivitas, tapi kebiasaan ini berubah saat ada kebijakan WFH. "Saat ini kita harus bekerja dari rumah, otomatis penggunaan bertambah, misalnya untuk laptop dan pendingin ruangan."

Oleh karena itu, peningkatan tagihan rekening listrik pada pelanggan rumah tangga lebih karena meningkatnya penggunaan listrik masyarakat akibat adanya pandemi virus Corona yang membuat masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah.


Keluhan masyarakat di antaranya disuarakan di media sosial Twitter. Akun Twitter resmi milik PLN @pln_123 pun tak sedikit di-mention oleh warganet.

Bayu Setiobudi misalnya, mempertanyakan lonjakan tagihan listrik hingga 90 persen ke PLN. "Rasanya kok kayak kena prank ya. Tagihan listrik di rumah ibu saya naik 90% bulan ini. Ini beneran? Biasanya per bulan cuma bayar Rp 400ribuan tapi ini melonjak drastis ke Rp 700ribuan. Apa ada berita yang terlewat oleh saya?" seperti dikutip dari cuitan di akun @setiobudi24, Jumat, 1 Mei 2020.

Ada juga pemilik akun @DethAjah juga mempertanyakan hal serupa. "mohon info apakah pln sedang mengalami kenaikan harga??? Karna kenaikan harga sampai 200rban rumah saya dan rumah orangtua saya..kok bisa samaan 200rban jg kenaikannya??" ujarnya seperti dikutip dari cuitan akun tersebut, Sabtu, 2 Mei 2020.
Menanggapi hal itu, akun resmi Twitter PLN balik bertanya kepada warganet tentang pencatatan kWh meter secara mandiri sebelumnya. "Mohon informasi, apakah pada periode pemakaian April 2020 Kakak telah melakukan pencatatan kWh meter secara mandiri melalui WhatsApp 08122-123-123?" kata PLN merespons sejumlah pertanyaan serupa tersebut.
Lebih jauh, PLN juga memastikan tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan, termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) dan di atasnya. Seperti diketahui penetapan tarif dilakukan 3 bulan sekali oleh pemerintah. Untuk tarif April hingga saat ini dinyatakan tetap, yakni sama dengan periode 3 bulan sebelumnya.

“Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan,” tutur I Made Suprateka.

Adapun besaran tarif yang berlaku saat ini sebagai berikut:
1. Tarif untuk tegangan rendah sebesar Rp 1.467/kWh
2. Tarif untuk R-1/900 VA RTM sebesar Rp 1.352/kWh
3. Tarif untuk tegangan menengah sebesar Rp 1.115/kWh
4. Tarif untuk tegangan tinggi sebesar Rp 997/kWh

Untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi virus Corona, PLN juga telah menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus berupa pembebasan tagihan rekening listrik pelanggan rumah tangga daya 450VA, pelanggan bisnis dan industri kecil daya 450 VA. Serta potongan tagihan sebesar 50 persen untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi.

PLN juga telah menangguhkan sementara proses pencatatan dan pemeriksaan stan meter bagi pelanggan pasca bayar. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19.

Sebagai gantinya, untuk mulai rekening bulan Mei 2020, PLN telah menyiapkan layanan melalui WhatsApp terpusat bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka stan dan foto kWh meter.

Pelanggan pascabayar dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp terpusat PLN dengan nomor 08122 123 123. Pelaporan angka stan meter dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp.

Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya. Sementara, bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir.



Tempo: Masyarakat Keluhkan Tagihan Listrik Melonjak, Ini Penjelasan PLN.
https://bisnis.tempo.co/read/1338080...penjelasan-pln



Komen ts = mungkin karena kerja pake trafo las, yg protes listrik naik itu tukang las yang work from home
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 72 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Nah kan alibi lagi PLN asu, kemaren gw juga bahas masalah ini..dan lagi-lagi alibi sialan nya adalah PENGGUNAAN LISTRIK AKIBAT WFH MENYEBABKAN BIAYA MENINGKAT...asuu asuu, disuruh fotoin kWh kirim ke PLN katanya udah telat padahal masih dalam masa screening, toko tutup cuma pake listrik buat lampu depan biaya nya diatas pemakaian full sehari-hari, PLN sehat?...orang yang listriknya kaga subsidi ya mikir-mikir juga lah disaat Pandemi begini...subsidi silang itu fix
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh setankolor08
Lihat 7 balasan
Anda tidak perlu mengeluh, anda harus giat bekerja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
biasa siang rumah kosong ga ada pemakaian listrik, skrang siang pun d rumah dan pake listrik. wajar dong tagihan naik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Perusahaan listrik monopoli masih teriak rugi
Subsidi silang fix ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
listrik 1300 pake mesin las 900w+rice cooker+kulkas+tv+pompa air bisa ambyar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ai pnsrn sm yg ruko2
yg ktny tutup dr feb cm pk lampu dpn..
ko bs naik 100%
kl yg rmh si mgkn wjar
emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
listrik gw juga naik sekitar 30%

gila juga ya wkwks,
tau gitu gak gue foto meteran gw terus gak gw kirim ke wa pln biar tarif listriknya ngikutin rata-rata 3 bulan lalu aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
iya termasuk di sekitaran rumah saya terpantau naik rata2 50% yg meteran pascabayar.. ini kayaknya disengaja sama PLN, pemerintah menetapkan subsidi tapi duit subsidinya belum di setor pemerintah ke PLN

dimana PLN yg harus terus operasi pasti kesulitan kalau kurang dana
akhirnya pelanggan PLN yg ditumbalin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chenzahendratan
Lihat 1 balasan
Rasanya kok kayak kena prank ya. Tagihan listrik di rumah ibu saya naik 90% bulan ini. Ini beneran? Biasanya per bulan cuma bayar Rp 400ribuan tapi ini melonjak drastis ke Rp 700ribuan. Apa ada berita yang terlewat oleh saya?" seperti dikutip dari cuitan di akun @setiobudi24, Jumat, 1 Mei 2020.

Ngeluh = kadrun emoticon-Mad

Masyarakat Keluhkan Tagihan Listrik Melonjak, Ini Penjelasan PLN

emoticon-Big Grin

Jadi tuh subsidi didapat dari rumah yg tagihan listrik nya dinaikin emoticon-Wakaka..

Joke+NTOL memang cerdas emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yeytothesouz
Quote:


hah lbh hemat?
misal niy di keluarga sy, dr pagi sy&istri kerja.. 2 anak sekolah. anak2 pulang jam 4an. istri jam 5. biasa siang rumah kosong, pemakaian listrik cm utk alat2 yg standby mcm kulkas. tp karna istri wfh dan anak2 sfh mk dr pagi sampe siang yg tadinya listrik ga seberapa kepake, skrang jd banyak pemakaian di siang hari. pc istri pake tuk kerja, 2 anak pake laptop. blm lg mcm tv, magic com, pompa air pasti kepake di pagi atau siang. tambah lg istri jd sering nyuci baju sendiri+setrika ga pake laundry. mau berhemat listrik mcm gmn?
yg biasa per bulan 400 skrng jd 600.
sy ga nyebut jd boros, hal ini adlh kewajaran karna pemakaian bertambah. ga perlu mengeluh jg. sesimple itu kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
kalo presidennya tabib brisikkk pasti kalo listrik naikkk jadi BERKAHHHH..


:apesnya pak jokowi jadi presiden.... emoticon-Hammer

nb.
semua saluran sudah ada kalo mau komplen..

aku sndiri juga komplen atas kenaikan bulan2 kmren. tapi setwlah di cek metwrannya ga normal.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Ane punya asumshit gini, bahwa kitak2 yg kena kenaikan karena nambel subsidi token gratis orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


nah beneran ga wajar klo ini.
sy pake yg pra bayar, jd ga tau info ttg yg pasca bayar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Masyarakat Keluhkan Tagihan Listrik Melonjak, Ini Penjelasan PLN
Kena Prank lagi yaaaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
beber kwh nya
kalo pake perasaan mana bisa percaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Ngoahahah ini toh yg bikin tmn gw di cc PLN morang maring nrima keluhan taglis naek, bs jd alesan di WFH ma anak2 di rumah semua jd penggunaan listrik membengkak taw Tukang catat meternya jg kali pd ga keliling jd maen tembak jumlah meter emoticon-Stick Out Tongue
Kl mo cek, cek jumlah angka meter di KWH skrng ma jumlah angka meter di tagihan awal bulan, kl di tagihan jumlah meternya lbh gede drpd di kwh skrng ada lbh tagih, komplain aja biar jumlah tagihan di sesuain ma jumlah meter, sblm tgl 20, biar byr sesuai dg angka meternya
kdg bersyukur jg pk token, Saban minggu ngisi 50rb, sedikitnya bs ngecek kl 50 rb 4 hr dah abis, berarti mulai kurangin AC
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beenana
cocokkan aja antara pencatatan meter di bon listrik dengan di alat. petugas sering main tembak kalau pascabayar. biasanya setahun sekali ada pencocokan dari pengawas, di sana ketauan selisihnya. selisih ini bakal diperhitungkan. pernah ada rumah tiba2 kosong karena ditinggal mendadak pindah kerja ke kota lain, tagihan listriknya tetap sama kayak biasa. tapi beberapa bulan kemudian dia kaget karena tagihannya 0. itu karena cicilan selisih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
cocokkan aja antara pencatatan meter di bon listrik dengan di alat. petugas sering main tembak kalau pascabayar. biasanya setahun sekali ada pencocokan dari pengawas, di sana ketauan selisihnya. selisih ini bakal diperhitungkan. pernah ada rumah tiba2 kosong karena ditinggal mendadak pindah kerja ke kota lain, tagihan listriknya tetap sama kayak biasa. tapi beberapa bulan kemudian dia kaget karena tagihannya 0. itu karena cicilan selisih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
WAAAH BENER NIH.......

padahal biasaanya di rumah ane gak banyak pake, giliran sekarang jadi naik banget!!!

Ini pasti AKAL-AKALAN PLN buat ngimbangin biaya yang gratis 450VA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kalo pengalaman ane, listrik naik 30 persen, nanti bakal ada penyesuaian. 2-3 bulan kemudian tagihannya turun banyak. istilah mereka lebih bayar. Semua juga gitu, PDAM, PGN...

Btw, ane ga pernah bermasalah sama tagihan,
Tpi klu di sosmed kykny parah bener..
Apakah ane termasuk orang-orang yang dilindungi oleh yang Maha Esa..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di