CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Achmad Yurianto: Kapan Covid-19 Berakhir? Pertanyaan Paling Sulit Dijawab
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae7e5eaf7e93670a220841/achmad-yurianto-kapan-covid-19-berakhir-pertanyaan-paling-sulit-dijawab

Achmad Yurianto: Kapan Covid-19 Berakhir? Pertanyaan Paling Sulit Dijawab

Achmad Yurianto: Kapan Covid-19 Berakhir? Pertanyaan Paling Sulit Dijawab

Juru Bicara Indonesia untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan pernyataan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mesti dimaknai sebagai tantangan kepada seluruh masyarakat. Sebelumnya Doni Monardo mengatakan, berdasarkan perhitungan Badan Intelijen Negara (BIN) Covid-19 diprediksi mencapai puncak pada akhir Juni atau akhir Juli.

"Ini statement yang mengacu pada perhitungan para pakar. Ini sesuatu yang bagus. Karena ini tantangan. Ini bukan janji tapi tantangan bersama ke masyarakat," kata dia, dalam diskusi virtual bertema 'Yuri Bicara Akhir Pandemi', Minggu (3/5).
Sementara terkait prediksi kapan Covid-19 berakhir, lanjut Yuri, tidak bisa dengan tegas berikan waktunya. Sebab ada banyak faktor-faktor yang berkaitan dengan penyebaran Covid-19. Fakta bahwa Covid-19 merupakan pandemi, artinya terjadi di seluruh dunia, juga harus jadi perhitungan.

"Kalau bicara normal dalam arti normal seperti sebelum Covid-19 ini sesuatu yang harus kita persepsikan sama dulu. Karena di China pun sekarang kita lihat belum normal seperti belum ada Covid-19," ujar dia.

"Jadi tidak bisa kita ukur, ukurannya seperti sebelum kejadian. Ini panjang ini untuk menuju ke sana. Ini bukan masalah Indonesia. Kalaupun 100 persen di Indonesia sudah tidak ada penyakit, apakah kemudian kita akan menutup diri dari datangnya orang-orang dari luar Indonesia. Ini yang muncul juga di China kan. Muncul kasus baru karena datangnya orang lain dari luar China," imbuhnya.

Dia pun mengakui, pertanyaan 'kapan Covid-19 berakhir?' merupakan pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Karena banyaknya faktor-faktor pendukung untuk mencapainya.

"Pertanyaan paling sulit kalau ditanya kapan selesai. Karena variabel untuk mencapai ini tidak berada di satu kelompok. Ini permasalahan bersama. Karena itu yang bisa dilakukan adalah perkiraan tentunya variabel perkiraan sangat dinamis karena variabelnya sebagian besar ada di masyarakat bukan di pemerintah. Ini penyakit yang pembawanya orang. Artinya semua orang memiliki peran yang sama apakah akan membawa penyakit ke mana-mana, atau menghentikan penularan ini," urai dia.
Karena itu, yang harus dilakukan saat ini yakni membangun optimisme di masyarakat untuk mampu melawan Covid-19. Masyarakat harus diajak untuk bekerja sama dengan dengan semua elemen dalam penanggulangan penyakit yang disebabkan virus SARS-Cov-2 itu.

"Bagi kita, bagi saya sekarang adalah membangun optimisme pada masyarakat tanpa memberikan harapan yang ujungnya sebenarnya tidak bisa kita pertanggungjawabkan ada di siapa. Kalau hanya berdasarkan hitung-hitungan saya pikir para pakar banyak yang melakukan itu, silakan. Tapi kembali lagi kuncinya adalah bukan hitung-hitungan tetapi di masyarakat," ungkapnya.
"Kita membawa masyarakat adalah subjek dan objek dari upaya penanggulangan ini. Kita tidak boleh menempatkan masyarakat hanya sebagai objek, yang kemudian hanya kita jejali kamu nggak boleh begini, harus begini, tapi dia sadar betul mengapa dia harus melakukan itu," lanjut dia.

Karena itu, setiap perhitungan dan prediksi yang keluar mesti ditanggapi sebagai tantangan baik bagi pemerintah maupun Indonesia untuk sama-sama berupaya melawan Covid-19.

"Tantangan ini. Masyarakat kita ajak, mari bisa tidak menyelesaikan ini di Bulan Juni. Karena Juni akan kita selesaikan asal, masih ada 'asal'-nya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku," paparnya.

"Ayo sama-sama kita komitmen untuk lakukan ini tanpa dijejali sebuah perhitungan yang ujung-ujungnya malah masyarakat sendiri bertanya, 'apa iya?. Nanti kalau harapannya terlalu tinggi kemudian tidak terjadi, dikira PHP nanti. Bukan pembohongan lah. Harapan palsu," tandasnya.


https://www.merdeka.com/peristiwa/ac...-dijawab.html

PAK JUBIR TIDAK NANYA PAK PRESIDEN?

KATANYA AKHIR TAHUN INI emoticon-Leh Uga

KENAPA TIDAK DISAMPAIKAN INFO YG AKURAT INI? emoticon-Matabelo

Achmad Yurianto: Kapan Covid-19 Berakhir? Pertanyaan Paling Sulit Dijawab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Pasti berakhir. Tapi ntah kapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
Baru mau komeng udh keduluan TS

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
Kapan-kapan
Kita berjumpa lagi

Kapan-kapan
Kita bersama lagi
Mungkin lusa atau dilain hari
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Diubah oleh zinaitudosa
Lihat 1 balasan
Jubir goblok
Presiden maha benar dah bilang gitu kok masih ga bisa jawabemoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
kalau semua rakyat patuh dan taat himbauan pemerintah mungkin jakarta bisa lepas dari PSBB seperti saudi arabia yg akhirnya dibuka lagi masjidil haromnya
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Lihat 1 balasan
selama blm ada vaksin nya mah....ngk akan berakhir.....org yg udah sembuh aja bisa kena lagi.....semoga aja cepat berlalu.
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Diubah oleh jurumudi75
Hanya DIA yang tahu segalanya...
emoticon-Angel
Achmad Yurianto: Kapan Covid-19 Berakhir? Pertanyaan Paling Sulit Dijawab
Diubah oleh adolfsbasthian

The U.S. saw its largest one-day death toll from the coronavirus pandemic to date on Thursday, as several states began to reopen parts of their economies.

According to data from the World Health Organization, 2,909 U.S. residents died on Thursday, shattering the previous record of 2,471 deaths that were reported on April 23, CNBC reports.

The grim news comes as Americans grow weary of the stay-at-home measures that have shuttered businesses and put millions of people out of work. State leaders around the country continued to see protests from demonstrators who want to reopen the economy and return to their jobs. Demonstrations took place in California, Colorado, Delaware, Florida, Illinois, New Jersey, New Mexico, New York, Tennessee and Washington on Friday.


us aja kecepatan buka kayanya ...
profile-picture
decodeca memberi reputasi
sebelum obat dan vaksin ditemukan hidup akan seperti ini.
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kalau keyakinan yang mulia jokowi akhir tahun 2020
profile-picture
profile-picture
decodeca dan yeytothesouz memberi reputasi
Vaksin ketemu juga blm tentu langsung bebas, biasanya negara maju dulu yg dapet vaksin, kita mah belakangan.
profile-picture
decodeca memberi reputasi
yg bandel aja banyak bener, gimana mau selesai....
profile-picture
profile-picture
decodeca dan galuhsuda memberi reputasi
Dibayar mahal kok bingung emoticon-Big Grin

Achmad Yurianto: Kapan Covid-19 Berakhir? Pertanyaan Paling Sulit Dijawab
Diubah oleh yeytothesouz
Ga salah Jokowi bilang akhir taun. tapi ya yg + malah kabur keluar RS, ada yg solat d masjid tau dia + dan ada yg ga jujur malah kerja ya sampe 2021 jgn harap ilang klo pada egois emoticon-Smilie
profile-picture
decodeca memberi reputasi
jawaban goblok

yang benar bakal berakhir kalo vaksinnya dah di temukan.
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Ga akan dlm waktu dekat, karena banyak orang yg membantu untuk menyebarkan virus ke daerahnya. Kalo kampungnya ga kena virus, ga greget
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Tanya Mbah dukun luhut
jawaban ngambang...kayak siaran pers nya di tv..muterrrrrrrrr muterrrrrrrr ngabisin durasi
Post ini telah dihapus oleh KS06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di