CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Warga Terkejut!! Ditemukan candi Yang Lebih Tua Dari Borobudur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae4b4f5cf6c4387a1a9786/semua-warga-terkejut-ditemukan-candi-yang-lebih-tua-dari-borobudur

Semua Warga Terkejut!! Ditemukan candi Yang Lebih Tua Dari Borobudur

Telah ditemukan Candi dengan umur lebih tua dari Candi Borobudur. Candi ini terletak di Desa Kalipucung Galuh Timur Kecamatan Tonjong, kabar dari warga sekitar Candi ini berumur lebih tua dari Candi Borobudur WAOW!! Situs Candi ini di duga peninggalan Kerajaan Galuh pada Abad Kesembilan. Kerajaan Galuh merupakan kerajaan Sunda mencangkup wilayah Banyumas, dan Brebes Selatan yakni di Bumiayu dan sekitarnya, Kerajaan Galuh merupakan HIndu di Pulau Jawa, yang wilayahnya terletak antara Sungai Citarum di sebelah barat dan Sungan Serayu dan Cipamali (Pamali) di sebelah timur. Kerajaan ini adalah penerus dari Kerajaan Kendan bawahan Tarumanagara. Candi Borobudur menjadi situs sakral bagi umat Budha dan cerita yang mistis yang melegenda.

Semua Warga Terkejut!! Ditemukan candi Yang Lebih Tua Dari Borobudur

Video ini sangat panjang, kami membuang-buang waktu kami untuk mencari sang kuncen, kami sangat penasaran dengan candi ini, apakah benar atau tidak, ada kejadian yang membuat kami semakin membuang-buang waktu kami.. video ini terpecah menjadi 3 bagian, buat agan yang pengen nonton bisa cek disini

Lokasi : Desa Kalupucung, Kec.Tonjong Kab.Brebes Jawa Tengah
Lengkapnya disini : 


video pertama ini ketika tim kami menelusuri tempatnya langsung, bisa dikatakan mereview tempat nya langsung, merinding? pasti gan kami sangat merining akan tempatnya, ikon utama candi ini sudah ditutupi oleh gubuk, kami cuma bisa melihat sekilah dari luar, terlihat seperti anak tangga menuju kebawah tanah, kami penasaran ingin sekali mencoba melihat gubuk tersebut dibuka. maka dari itu kami mencari sang kuncennya.

video kedua, mencari kuncen disini :


perjalanan belum berakhir disini.. kami masih meneruskan pencarian kami tentang kuncen candi gagang golok ini. ternyata kami sempat salah jalan, jalan yang dilumuri dengan tanah yang medok dan licin membuat kameramen sering turun motor, uh kasihan sih, padahal rumah sang kuncen sangat dekat dari candi gagang golok tersebut, entah kenapa saat kami dalam perjalanan, tak terlihat sedikitpun rumah sang kuncen, kami bener bener tak sadar akan itu, ketika kami memasuki dan mencoba bertemu sang kuncen, hasilnya tetap zonk, tidak ada sang kuncen, entah kemana beliau, dan juga rumah beliau bau wangi seperti bungan bunga mawar dan melati, hah? serius? iyahh serius,

video ketiga, mencari kuncen disini :



mohon maaf apabila ada salah atau kejadian ini disebut sebut settingan, sekali lagi saya bilang, ini fakta tidak ada setinggan atau apapun, kami membuat video ini karena kami mempunyai ambisi ingin melestarikan dan mengabadikan tentang sejarah yang ada di desa kami, bahkan yang ada dikabupaten kami, kami ingin menghidupkan sejarah ini agar para warga dan orang-orang sekitar peduli akan kebudayaannya zaman dulu, kami takut sejarah ini termakan oleh zaman dan ditinggalkan oleh para orang-orang. ingatlah indonesia identik dengan kebudayaan dan sejarah sejarah nya yang luwar biasa,, mari kita lestarikan dan abadikan sejarah, apapun itu hargailah kehidupan terdahulu emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Baguse337 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh baguse22
waooowww
profile-picture
baguse22 memberi reputasi
jadi kesimpulannya diambil dr warga sekitar? emang warga sekitar ada yg seumuran itu candi?
profile-picture
baguse22 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Lho banyak koq yg lebih tua...

Untuk sementara ini candi borobudur merupakan candi terbesar di indonesia... bukan yg tertua...

Ngga tau juga kalo nanti situs gunung padang jdnya begiman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 3 lainnya memberi reputasi
pasti adalah malah mungkin byk yg belum ketemu kekubur
Ane juga kaget bre
dikira yang bisa temuin candi orang belanda doang
gak pengen ke jatim ?

banyak candi baru digali di madiun , kediri , jombang , batu , mojokerto

kalau mau bikin video ke jatim bilang gw
profile-picture
emangon memberi reputasi
Bukannya candi tertua itu candi (pyramid) gunung padang di garut ya? jika digeneralkan bangunan masa lampau candi=piramid
Candi Songgoriti di Batu-malang katanya jg lebih tua dr borobudur
hmm, topik ttg promosi link yutub lg toh ini ??
males streaming gan, susah koneksinya emoticon-Frown
knp gk pake gambar aja bre biar jelas gtu.
kek ny banyak candi lain lebih tua dr borobudur. cmn yang bentuk na utuh ya emang borobudur blm lagi gede bngt
padahal candi borobudur terkenal bahkan masuk keajaiban dunia bukan karena usianya, tapi karena ukuranya yg megah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di