CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Klarifikasi Seruan Perang Lawan FPI, Tagor Aruan Minta Maaf
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae376265b24d259b145772/klarifikasi-seruan-perang-lawan-fpi-tagor-aruan-minta-maaf

Klarifikasi Seruan Perang Lawan FPI, Tagor Aruan Minta Maaf

MEDAN – Ketua Komite Independen Batak (KIB), Togar Aruan meralat pernyataannya yang mengajak elemen Batak berperang melawan Front Pembela Islam atau FPI.

Melalui video terbarunya, Togar Aruan mengklarifikasi pernyataannya yang ingin berperang dan mengusir FPI dari Sumatera Utara.

Tagor mengaku menghormati umat Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa dan menghormati bulan suci Ramadhan.

Menurut Togar Aruan, video sebelumnya dia buat untuk meredam kemarahan elemen masyarakat atas persekusi yang dilakukan anggota FPI terjadap penjual tuak di Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara.

BACA: KIB Nyatakan Perang Lawan FPI Usai Persekusi Penjual Tuak

Dikatakan Tagor, pernyataannya itu terbukti dapat meredam teman-temannya, sehingga tidak melakukan aksi.

Adapun mengenai kata “perang” yang ada di dalam pernyataanya itu, Togar mengatakan, tidak punya sedikitpun niat untuk menantang perang.

“Dalam video tersebut ada terselip kata-kata perang. Kami sampaikan dengan sejujurnya itu bukanlah arti secara fisik. Kami tidak punya niat sedikit pun untuk melakukan kontak fisik dengan kawan-kawan FPI. Itu jauh dari tujuan kami,” kata Togar Aruan.

“Kami mohon maaf pada saudara kami umat Muslim dari hati kami yang tulus. Mungkin terganggu dalam beberapa hari belakangan ini, yang sebenarnya tidak tidak terjadi di bulan suci Ramadhan ini,” imbuhnya.

Berbeda dengan pada video pertama, dalam video kedua ini Togar Aruan menyampaikan pernyataan sambil duduk, dengan sebuah bendera merah putih di sisi kanan meja.

Nada suaranya juga tidak seperti dalam video pertama, kini jauh lebih tenang. Dalam video itu juga terdengar suara azan yang sedang mengalun.

BACA: FPI Ladeni Tantangan Perang KIB, “Tagor Aruan Kubotakkan Kepala Kau”

Video pertama Togar Aruan telah memancing kemarahan dan protes dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari anggota FPI dan umat Muslim di Sumatera Utara.

Masyarakat Sumatera Utara secara umum terganggu dengan pernyataan Togar Aruan yang dinilai dapat mengganggu keharmonisan antar umat beragama yang merupakan salah satu karakter masyarakat Sumatera Utara.

https://pojoksatu.id/news/berita-nas...an-minta-maaf/

Sedikit flashback ke tahun 2012 di kalimantan tengah..

saat itu, beberapa petinggi FPI ingin mengunjungi Kalteng untuk mengisi pengajian dan silaturahmi..

tapi elemen masyarakat dayak menolak, mereka rapat, dan mendatangi polda kalteng supaya membatalkan acara tsb..

tapi tidak diindahkan, pesawat sriwijaya air yg membawa rombongan fpi tetap lepas landas dari jakarta..

orang orang dayak tidak terima, lalu merengsek masuk ke bandara, tak puas masuk bandara, mereka merengsek masuk apron landasan bandara..

mereka berteriak menolak fpi sambil menari nari..

aparat TNI dan Polisi tidak bisa berbuat banyak, karena ternyata beras kuning sudah ditabur di sekitar landasan bandara..

polisi dan tentara mengerti, dalam adat dan kultur dayak, jika beras kuning sudah ditabur, maka mereka sudah memanggil roh roh leluhur untuk memberikan mereka kekuatan, jadi tidak mungkin mereka mengusir orang orang dayak tsb..

akhirnya keputusan diambil pihak atc, pilot, dan polisi, semua penumpang turun kecuali anggota fpi tsb..

setelah semua turun, maka anggota fpi tsb diterbangkan kembali langsung ke jakarta..

dan orang orang dayak tsb meninggalkan bandara..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Komite independen batak itu apa? emoticon-Bingung
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Meredam darimana bapak tagor, situ malah manas2in...udh lah situasi lagi ga ada wabah aja ga bagus gitu2an, apalagi lagi wabah dan banyak perut yg lagi lapar...lebih baik kawal proses hukumnya di kepolisian tanpa koar2 yg tidak2
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
pffffttt.. nyalinya ciut

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sovel dan 3 lainnya memberi reputasi
perasaan fpi lebih berkontribusi daripada kib selama ini
baiknya sebelom ngajak perang mending ngaca dlu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LupuZjR dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
FPI bakal makin ngelunjak kalo kaya gini..

kemarin teriak teriak, sekarang melow. Gimana laeku emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lagu lama ujungnya gajadi emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
sama ky TS cuma bacot di medsos doang emoticon-fuck



Dayak mah cuma berani dikandang, FPI hampir semua provinsi, pemerintah aja jiper emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Nah kan, apa aku bilang.
Sumut sekarang sudah bukan lagi Batak, sudah tersingkir semua.
Dikampung sendiri saja sudah tidak berani macam-macam,jadi jangan buat rusuh di rantau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kubu satu bikin keributan, trus takut, eh minta maaf.

Kubu ini triggered, ngajak ribut, eh ikutan takut, trus minta maaf juga.

Maunya apa sih ni orang2? Sumbu pendek semua emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
sikap menyemprot rmh ibadah dgn desinfektan adalah sifat tipu daya mencari simpati

kalo mau liat aslinya liatlah yg dilakukan di delu serdang

bencana bagi alam semesta ya @yeytothesouz emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lustyrose dan 6 lainnya memberi reputasi
nah kan. udah ane duga.
cikensit banyak bacot.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah gini doang Ending nya?
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Minta maaf diterima, kavling sorga di cancel berlanjut
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
ternya jiper juga emoticon-Leh Uga

kirain orang batak ngomong kenceng berani taunya masih kalah sama warga kendal yg ngomong pelan halus emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
banyak bacot ternyata takut.
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
lho koq mundur su... padahal wes eru
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
Quote:


Quote:




Quote:


fpi jawa hebat dan berani kata ente ?



Klarifikasi Seruan Perang Lawan FPI, Tagor Aruan Minta Maaf


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sovel dan 2 lainnya memberi reputasi
Klarifikasi Seruan Perang Lawan FPI, Tagor Aruan Minta Maaf


emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


mana warna kuningnya ?

yg ane tau, kalo di lagu anak2,
balon yg duluan "meletus" itu yg warna ijo

emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
jiah
cupu
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan franssinaga memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di