CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ganjar Usul Pemotongan Gaji ASN Sebesar 50 Persen
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae34ed4601cf7e6c752c8e/ganjar-usul-pemotongan-gaji-asn-sebesar-50-persen

Ganjar Usul Pemotongan Gaji ASN Sebesar 50 Persen

Ganjar Usul Pemotongan Gaji ASN Sebesar 50 Persen

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengusulkan agar gaji aparatur sipil negara atau ASN golongan III ke atas dipotong hingga 50 persen.

Tak sedikit yang mencibir usulan Gubernur Jateng itu, terutama dari kalangan ASN maupun pegawai negeri sipil (PNS).

Meski demikian, ada juga yang setuju dengan usulan gubernur berambut putih itu terutama dari kalangan buruh atau pihak swasta.

“Saya kira itu langkah yang tepat. Apa yang diusulkan Pak Ganjar sangat manusiawi. Terobosan itu tentu sangat menenangkan kekhawatiran hidup masyarakat yang kesusahan. Termasuk kawan-kawan buruh,” ujar Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBI) Elly Rosita Silaban, ditulis Minggu (3/5/2020).

Elly menilai usulan Ganjar agar gaji ASN dipotong itu seharusnya diterima baik oleh para ASN. Selain itu, pihaknya menilai kebijakan pemotongan gaji itu tak hanya diterapkan pada ASN, tapi juga pejabat tinggi, BUMN, DPR, Kementerian, dan lembaga lain.

“Sebenarnya Pak Ganjar mengajak para ASN untuk berempati. Empati ini penting, mereka yang mampu harus membantu masyarakat, sekecil apapun bentuknya itu sangat bermanfaat,” kata dia.

Disinggung terkait sikap para ASN yang cenderung kontra, Elly menilai hal itu seharusnya tidak terjadi. Nasib para ASN menurut Elly jauh lebih baik dibanding pihak lain di tengah pandemi Covid-19, meski gaji mereka dipotong.

Jajaran ASN, lanjut dia tidak boleh terlalu ekslusif dan mempertontonkan kemewahan saat banyak masyarakat kesulitan. Meski selama ini mereka dirumahkan, namun masih tetap menerima bayaran utuh.

“Mereka nasibnya masih lebih bagus karena selama ini meskipun dirumahkan, namun tidak ada pemotongan. Sementara para buruh, ada yang di-PHK atau dirumahkan tanpa ada pendapatan. Seharusnya, usulan pak Ganjar ini didukung sebagai bentuk sumbangsih kepada masyarakat yang lebih membutuhkan,” tutupnya.

Sementara itu salah satu ASN di Jateng yang enggan disebutkan namanya tidak setuju jika gaji dipotong seperti usulan Gubernur Ganjar Pranowo.

Menurutnya, tanpa ada pemotongan, gaji ASN saat ini sudah cukup kecil karena harus menerima pemotongan yang lain seperti cicilan rumah, angsuran, dan lain-lain.

“Sekarang tanpa ada pemotongan saja, kita terimanya enggak 100% karena dipotong pembiayaan yang lain. Nah, kalau dipotong kan terimanya kecil, bahkan bisa-bisa enggak ada,” ujar ASN itu.

ASN itu menambahkan kebijakan pemerintah agar perusahaan leasing memberikan keringanan di masa pandemi Covid-19 saja belum berjalan baik.

Banyak ASN yang menjadi debitur masih memiliki kewajiban membayar utang setiap bulan. Bahkan, untuk membayar utang itu gaji ASN dipotong secara langsung.
“Nah, kalau itu masih dipotong tentunya kita bisa-bisa enggak dapat gaji. Mau makan apa nanti,” tuturnya.



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05...aji-50-persen/

Gimana menurut Agan wajar gak kalau gaji ASN dipotong 50%?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
jaman serba susah masih dipotong2 aje bleh
dlu ane masup jg nyogok blom balik modal emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


setuju gw kali ini emoticon-thumbsup
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lah 100% juga gue setuju.. Kerja kagak..
emoticon-Wakaka

Kudu disaring yang bener kerja ama yang ga kerja.. emoticon-Big Grin
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh kbeniadip
yang usulin langsung kasih contoh terus petinggi bumd, dprd semua uang tambahan di tiadakan. kalau gaji seh kecil jika ikutin aturan penggajian justru uang operasional yang gede
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan auditor.kaskus memberi reputasi
gaji apa total pendapatan nih,
emoticon-Malu (S)
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
rata2 yang nyinyir itu biasanya BSH.. nyinyir ama pns karena waktu daftar pns gak terima.. namanya saja juga PNS = Pegawai Nyaman Sekali...jadi memang susah kalo jadi orang kere..larinya ke kecemburuan sosial
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan GZuron memberi reputasi
Kalo dipotong, cicilan mobil sama cicilan ipad gimana breee? Kalo cicilannya libur dulu sih gak apa2...

Belum duit buat beli rokok, beli takjil, sama beli pakan lovebird

emoticon-Hammer2
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Oh usulan Ganjar ya, luar biasa si Ganjar selalu terdepan kasih usulan, dan kirain karena sentilan dari Menkeu Srimul saat melakukan teleconference, Jumat (17/4/2020), dimana saat itu Sri menyebut, masih banyak daerah yang belum melakukan realokasi atau refokus anggaran. Realokasi yang ditujukan untuk menangani dampak virus Corona, dan yang disentil waktu itu gaberner Anies doang, bener² deh ya....


"Saya juga akan menyampaikan ke seluruh kepala daerah, ini nggak hanya untuk Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta), APBD-APBD di daerah ini masih banyak belum lakukan perubahan," katanya dalam teleconference, Jumat (17/4/2020).

Setelah itu pada Rabu, ( 30 April 2020 ) Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir saat dihubungi pihak Tempo, mengatakan bahwa pemerintah akan memotong 50 persen tunjangan penghasilan pegawai (TPP) aparatur sipil negara atau ASN DKI, untuk semua golongan. Pemotongan dilakukan untuk penyesuaian kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah selama pandemi virus corona.

Tapi apabila ada PNS yang harus mengisolasi diri karena memiliki gejala mirip corona ngak akan dipotong gajinya. Begitu juga tunjangan kinerjanya meski harus bekerja dari rumah, dan cuman berlaku bagi PNS DKI, pegawai BUMD, dan pegawai kontrak di DKI lho ya.
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Yg Pns pemalas kerjaannya ngemall keluyuran mmg jembut pantes dipotongemoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
pansos lagi di genjer asu nih
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Banyak ASN yang menjadi debitur masih memiliki kewajiban membayar utang setiap bulan. Bahkan, untuk membayar utang itu gaji ASN dipotong secara langsung.
“Nah, kalau itu masih dipotong tentunya kita bisa-bisa enggak dapat gaji. Mau makan apa nanti,” tuturnya. 



Cicilan Rumah,
Cicilan mobil lcgc terbaru,
Cicilan Matic 150cc 2019,


emoticon-Ultah
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lah,jajaran di bumn yg ngaku rugi terus2an koq gak kena potong?
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan darck91 memberi reputasi
Setuju dipotong, kecuali ASN tenaga medis yg berjuang merawat pasien Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
sibuk ngurusin PNS, itu gaji pegawai BUMN dan BUMD tidak dipotong? mereka lebih besar, sudah banyak yg rugi tetap sj dipertahankan dan malah ada bonus dsb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
kurang banyak..mustinya dirumahkan tanpa gaji atau maksimal 10% gaji saja..sebagian besar ASN selama ini sudah menikmati gaji jauh lebih besar dari yang seharusnya mereka terima..sorry to say
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Cari muka jg ya nih org, btw. Gaji pns bandingin sama pegawai BUMN, 1 gaji Peg Bumn bisa 3-4 gaji PNS. Kok adem2 aja peg BUMN. Kerja ga jelas, laporan rugi mulu, tp disuntik tiap tahun paling gede

Yg komen ngiri pns cuma org2 yg di real life cemburu sosial aja kan, Makan Tai gw nih klo di kasih kesempatan jadi PNS ga diembat emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
k4crut01 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh GZuron
di Us pun bukan hal yg aneh tuk pengurangan even pns or bumn/d ktk krisis melanda.

nget demokrasi n ekonomi kita liberal. eeh emoticon-Big Grin emoticon-coffee
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Ganjar tipikal licik dan munafik, mau ikut ikut pak jokowi..

sorry ya, pak jokowi itu dicintai rakyat, senyumnya tulus ga licik kaya kamu ganjar..

kapan kamu masuk penjara ganjar, padahal jaksa udah ada bukti kamu terima duit kok, tapi sampai sekarang tidak diproses
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Potong aja ganjar
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
sdh sewajarnya dipotong sih..dirumahkan ga kerja masa nerima gaji full..tp ada yg lbh priortias sebenarnya..bubarkan menag..lumayan 70Teiliun pertahun..toh agama terbukti ga bisa apa apa ni dimasa corona..adanya malah jd cluster penyebaran corona

agama=emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan scorpiolama memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di