CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ajari anak berbagi dengan lingkungan sekitar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae345c337f933966602f56/ajari-anak-berbagi-dengan-lingkungan-sekitar

Ajari anak berbagi dengan lingkungan sekitar

Ajari anak berbagi dengan lingkungan sekitar


Assalamualaikum Gansist, jumpa lagi dengan ane. Kali ini #mumpungdirumah, ane mau bagi-bagi rezeki nih. Sebagai rasa syukur karena masih diberi kesempatan bekerja hingga saat ini dan masih diberi kesehatan jasmani dan rohani.


Definisi berbagi buat ane, tidak harus memberikan sebagian harta secara langsung. Namun, banyak arti berbagi yang bisa kita kerjakan. Nah, cocok banget sekarang ini anak-anak lagi belajar di rumah, sekalian aja ane ngajarin anak-anak untuk berbagi.


Ane inginnya sih, saat berbagi anak-anak tidak merasa sedang dalam posisi yang lebih dari orang lain. Ane ingin, anak-anak dapat berbagi dalam segala kondisi. Dan yang di bagikan itu juga variatif ya, Gansist. Terkadang kita lupa, meski hanya membeli dagangan tetangga kita juga termasuk berbagi.

Apalagi sekarang ini, meskipun banyak bantuan dari sana sini, ada beberapa warga yang menolak. Mungkin karena memang mampu dan ada juga yang merasa malu menerima bantuan tersebut. Bahkan ada yang sampai rela kelaparan hanya karena merasa selalu mampu dan masih ada yang lebih membutuhkan. Namun, menurut ane sih ya, ga baik juga kalau harus mengorbankan kesehatan diri sendiri. Kesehatan itu adalah harta dan rezeki dari Allah yang terkadang lupa kita syukuri.


Berikut ini ada berbagi versi ane dan anak :


1. Membeli dagangan tetangga
Sekarang segala sesuatu lagi terbatas. Aktivitas juga serba dibatasi, bahkan banyak pula pekerja harian yang kehilangan pekerjaan gara-gara adanya pandemi ini. Efeknya banyak sekali warga yang alih profesi, beberapa diantaranya mencoba peruntungan dengan berjualan. Contohnya nih, tetangga ane berjualan makanan sejak dirumahkan dari tempat kerjanya. Nah, sebagai bentuk membantu dan berbagi rezeki dengan mereka, ane sengaja membeli dagangan mereka. Hitung-hitung ane ga perlu repot untuk membuat ta'jil di rumah.


Ajari anak berbagi dengan lingkungan sekitar
Sumber : dokumen pribadi


2. Memberi baju layak pakai pada yang membutuhkan
Menjelang lebaran nih, anak-anak pasti heboh minta beli baju baru. Sementara baju lama masih menumpuk di lemari. Daripada lemari penuh dengan baju yang sudah tak terpakai, entah kekecilan ataupun sudah bosan, ada baiknya kita pilih yang masih layak pakai dan kita berikan pada yang lebih membutuhkan. Syukur-syukur sih beli baju baru buat anak sekalian buat dibagikan.


Ajari anak berbagi dengan lingkungan sekitar
Sumber : dokumen pribadi


3. Mengumpulkan barang bekas yang bisa didaur ulang
Kalau yang ini hobi ane dari dulu. Ane hobi ngumpulin botol plastik bekas minuman ataupun yang lainnya. Kardus bekas juga ane kumpulin. Tadinya sih, ane jual kiloan tuh ke tukang loak, lumayan buat ngebaso. Namun, setelah ane pikir, alangkah serakahnya ane, disaat yang lain kesusahan mencari uang, ane yang masih diberi rezeki sama Allah masih aja maruk. Tak ada salahnya ane kumpulin barang bekas itu dan ane kasihin ke pemulung yang suka lewat depan rumah.


Ajari anak berbagi dengan lingkungan sekitar
Sumber : dokumen pribadi


4. Memberi makan pada kucing liar yang suka berkeliling di sekitar rumah
Kalau yang ini hobi anak ane, tiap ada sisa makanan seperti ayam atau ikan, selalu diberikan pada kucing-kucing yang berkeliaran di sekitar rumah. Alhasil rumah ane banyak dikunjungi oleh binatang yang menggemaskan ini. Berbagi kan ga harus pada manusia ye, kan. Hewan juga adalah makhluk ciptaannya Allah yang harus kita sayangi.

Ajari anak berbagi dengan lingkungan sekitar
Sumber : dokumen pribadi


Berbagi itu banyak hal yang, Gansist. Kita bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dimulai pada lingkungan sekitar kita. Namun, yang jelas jangan membagi hatimu pada hati yang lain. Karena mungkin saja hati yang lain itu sudah ada yang memiliki. Ahaaayyyy ....


Demikian thread singkat dari ane, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Sampai bertemu pada kesempatan selanjutnya.


Terimakasih


Spoiler for spoiler for ss cendolita:


Penulis : VitaArkana
Sumber : opini pribadi dan foto pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 32 lainnya memberi reputasi
ayo berbagi dengan sesama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatille dan 4 lainnya memberi reputasi
yeeaayyy moga lolos ya, Mbak emoticon-Pelukemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatille dan 2 lainnya memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di