CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Universal Basic Income, Angan Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae094c2525c3200714fdb9/universal-basic-income-angan-rakyat-indonesia-di-tengah-wabah-covid-19

Universal Basic Income, Angan Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Covid-19

Universal Basic Income, Angan Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Covid-19

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

Hai, GanSis apa kabar?

emoticon-I Love Indonesia

Universal Basic Income, Angan Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Covid-19
G20 Summit 2019 di Osaka, Jepang.
Sumber

Pandemi Covid-19 betul-betul membuat siapa pun kelabakan GanSis. Ekonomi global tiarap. Para pejabat pemerintahan masing-masing negara kelimpungan memikirkan jalan keluar. Pada kuartal pertama tahun 2020 saja, ekonomi negara-negara G20 mengalami kontraksi. Dampak virus yang telah menginfeksi 3 juta orang di seluruh dunia ini memang luar biasa.

Keputusan beberapa negara untuk lockdown dibayar kontan dengan penghambatan ekonomi. Dalam hiruk-pikuk wabah Covid-19, beberapa negara mulai mempertimbangkan paket stimulus fiskal secara besar-besaran. Tujuannya jelas ya GanSis untuk mengurai depresi ekonomi yang semakin hari kian kusut. Istilah dari Pak Jokowi: RUWET.

emoticon-Leh Uga

Rencana penting ini harus dipikirkan matang-matang, strategis, dan berkesinambungan. Jangan sampai rencana baru malah membuat keadaan bertambah buruk. Dari sekian banyak kebijakan, sebenarnya ada satu yang mulai terlupakan GanSis, yakni Universal Basic Income (UBI).

Universal Basic Income, Angan Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Covid-19
Ilustrasi Universal Basic Income (UBI).
Sumber

UBI adalah kebijakan pemerintah memberikan sejumlah uang kepada rakyat tanpa syarat apa pun. Kegunaannya supaya perekonomian tetap berputar dalam situasi wabah Covid-19 seperti sekarang. Lumayan banget untuk rakyat miskin dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka GanSis. UBI juga dianggap paling relevan di tengah masa sulit.

Siapa sih yang gak suka dikasih bantuan uang cuma-cuma?

emoticon-Hammer2

Masalahnya adalah praktik semacam ini harus dibarengi dengan kekuatan ekonomi negara bersangkutan karena bersifat periodik, harus cair dalam waktu tertentu. Misal seminggu sekali atau sebulan sekali. Uniknya UBI adalah bantuan gak cuma untuk kalangan bawah, tapi rata semua GanSis. Memang persis banget dengan paham sosialis.

Sebelum ramai Covid-19, konsep semacam ini sudah diterapkan beberapa negara Barat. Hanya bentuknya yang berbeda, biasanya di bidang kesehatan. Bukan kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Lah, ini sih asuransi dong?

Berbeda GanSis. Kalau asuransi ibarat kita menabung untuk biaya gak terduga di masa depan. Cuma melihat kisruh yang terjadi di negara ini, rasanya masih jauh banget untuk mampu menerapkan UBI. Hanya angan rakyat Indonesia di tengah wabah Covid-19.

Universal Basic Income, Angan Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Covid-19
Isi bansos untuk warga DKI di tengah pandemi Covid-19.
Sumber

Jangankan mau mengadakan UBI, pendistribusian bantuan sosial pun berantakan. Gak hanya di tingkat Pemprov, tapi juga yang dari Mensos. Gak semua warga kurang mampu bisa memperoleh bantuan. Malah di DKI Jakarta praktik ini dikritik karena dinilai salah sasaran. Usut punya usut, Pemprov DKI masih menggunakan data lama. Hadeeeh.

Belum lagi carut-marut Kartu Prakerja yang pelatihannya absurd banget. Banyak polemik beredar, terutama pelatihannya yang mahal. Padahal seharusnya itu semua bisa didapat gratis. Proyek ini juga terindikasi nyeleneh karena salah satu vendornya dimiliki oleh mantan stafsus Presiden.

Rasanya terlalu jauh berharap UBI bisa diterapkan di Indonesia GanSis. Politik praktis masih kental di sini. Pendataan pun masih berantakan. UBI bisa sukses kalau perangkat kerjanya profesional, jujur, dan cepat tanggap. Tanpa itu semua, pasti gak akan stabil.

Bedewei, sudah ada beberapa negara yang menerapkan UBI saat wabah Covid-19. Denmark memberikan dana 90% gaji per bulan kepada kelas pekerja. Kanada memberikan dana 2.000 CAD per bulan untuk pekerja yang kehilangan pekerjaan. Spanyol akan memberikan 440 euro per bulan untuk semua individu yang jika ditilik nilainya separuh dari UMR Spanyol.

Negara-negara itu menerapkan UBI di tengah pandemi. Namun, ada pula negara-negara atau wilayah yang sudah menjalankan UBI sejak dulu, seperti negara bagian Alaska, Hongaria, dan Iran.

Universal Basic Income, Angan Rakyat Indonesia di Tengah Wabah Covid-19
Grand Bazaar di Teheran, Iran.
Sumber

Iran adalah negara pertama yang menerapkan UBI pada tahun 2010. Semua lapisan masyarakat mendapatkan tanpa terkecuali. Pada tahun 2012, jumlahnya setara 40 dollar AS per orang yang diberikan setiap bulan. Meskipun tujuannya positif, program ini juga banyak yang gak suka karena disinyalir malah membuat orang miskin malas bekerja. Memang setiap kebijakan itu selalu ada pro dan kontra ya GanSis.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 | 2 | 3

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 169 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
Mirip-mirip BLT, tapi ini merata buat semua kalangan. Sounds good, doesn't work...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bagi-bagi sembako nggak beres mau duit lg, rawam korupsi bgt
Haha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 22 lainnya memberi reputasi
UBI saat wabah Covid-19 emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dari cilembu ini emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 18 lainnya memberi reputasi
Quote:

Bener bre mirip BLT
emoticon-Big Grin



Quote:

Susah sih ya kalo udah bawaan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 20 lainnya memberi reputasi
Quote:

Yoi bre mayan buat nyambung hidup
emoticon-Big Grin



Quote:

Bukan ubi itu
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 19 lainnya memberi reputasi
Quote:

ubi mana jadi nya? emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 19 lainnya memberi reputasi
Quote:


simalakama bre
lagian di undang² kan ada: Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh satpol pp

emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 21 lainnya memberi reputasi
Duit dr mana? Negara ngutang lagi gt??? Ubi hangus yg ada nanti...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:

Ganti singkong aja bre
emoticon-Kaskus Banget



Quote:

Udah ganti bre? Setahu ane dipelihara negara
emoticon-Leh Uga



Quote:

Kalo mau niat bisa bre, jangan full UMR.. kaya Spanyol aja dulu berapa persennya

Sementara sampe Covid-19 kelar, tapi kan ya gitu entar malah ditilep yang ada
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d4nierobo dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
disini korup gila gilaan bre!! keadilan kgk ada!!! susah!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 18 lainnya memberi reputasi
Program bagus itu. Pendapatan Dasar Universal. Aku sangat setuju jika diwujudkan. Surganya kapitalisme.

Selain PDU, menurut Pak Budiman Sudjatmiko, ada alternatif lain, Universal Basic Services (surganya sosialisme) di mana setiap warga negara mendapat layanan publik dasar secara gratis dan Universal Basic Asset di mana setiap warga negara mendapat aset gratis (usul khas Pak Budiman di mana setiap WNI punya saham/andil di BUMDes atau Koperasi).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:

Nah itu dia bre masalahnya
emoticon-Hammer2



Quote:

Kalo diterusin emang ada kaitannya sama Industri 4.0 ya bre, tapi otak ane belom sampe ke sana kalo dihubungin ke UBI ini
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Saya baca artikel
untuk JAKARTA aja butuh 550 M/hari. Jakarta Only

kalo sebulan bisa bangkrut itu pemda
OMG

Semoga Wabah ini segera berakhir
amin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
klo bisa ngejalanin ubi knp tdk?
tapi bagi2 bansos aja gk merata, wess pasrah wae lah emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 17 lainnya memberi reputasi
Quote:

Kalo skala nasional gimana bre? Indonesia bisa dapetin 1.700 triliun per tahun dari pajak doang
emoticon-Matabelo



Quote:

Itu dia bre makanya cuma angan doang
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
nice info gan, learning yg berfanfaat

emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 15 lainnya memberi reputasi
Di sini dikasih UBI.. Ya pada tambah males kerja.. Mimpi kali emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane setuju ada UBI buat rakyat Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di