CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengusaha Belum Mau Serap Lulusan Prakerja Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae05768d9b17014b6516c5/pengusaha-belum-mau-serap-lulusan-prakerja-jokowi

Pengusaha Belum Mau Serap Lulusan Prakerja Jokowi

 Pengusaha Belum Mau Serap Lulusan Prakerja Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia ‐‐ Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani menyatakan belum mampu menyerap orang-orang telah menyelesaikan sertifikasi peningkatan keterampilan lewat pelatihan online program Kartu Prakerja.

"Belum (diskusi). Kebanyakan asosiasi coba bergerak supaya ada kebutuhan tertentu yang disiapkan. Untuk menyerap kami belum bisa tahu karena industri sedang survival mode," ungkapnya pada Sabtu (2/5).

Shinta menyebut Apindo memang pernah dimintai pendapat oleh pemerintah mengenai standar yang dibutuhkan industri demi menyerap tenaga kerja yang mengikuti program kartu prakerja.

Dia bilang saat itu belum ada wabah virus corona. Program pelatihan pun rencananya dilakukan baik online mau pun secara vokasi.

Saat ini konteksnya telah berubah karena pelatihan dilakukan secara daring di tengah pandemi Covid-19. Menurut Shinta, kebanyakan yang menerima manfaat merupakan mereka yang mengincar bantuan tunai Rp600 ribu per bulan sehingga pelatihan tak lagi menjadi fokus utama.

Dia juga sempat melihat sejumlah opsi pelatihan aneh. Namun, ia menganggap pilihan tersebut diberikan agar seluruh kebutuhan pasar dapat terpenuhi.

Berdasarkan pengalamannya di dunia bisnis dan usaha, ia menyarankan pemerintah untuk mengarahkan pelatihan ke permintaan yang akan banyak dibutuhkan, yaitu informasi, teknologi, dan komunikasi (ICT).

"Permintaan akan sangat tinggi, itu dasar yang bisa menambah skill pekerja kalau ada ICT," katanya.

Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Antonius J Supit bilang bahwa pelatihan secara online tak dapat disamakan dengan vokasi yang dihilangkan sementara dalam program kartu prakerja selama pandemi virus corona.

Atas itu ia menilai tak cocok jika pelatihan daring diberikan saat ini. Bahkan, menurutnya, saat ini para pendaftar kartu prakerja hanya melihat pelatihan yang ada sebagai 'formalitas' demi mendapatkan insentif Rp600 ribu per bulan.

Dia pun belum bisa komentar banyak jika standar yang ada saat ini dapat menjadi titik jual para peserta. Dia mengaku memilih menerima kembali karyawannya yang dirumahkan dibanding mereka yang telah mendapat pelatihan kartu prakerja.

"Saya belum lihat (jenis-jenis pelatihan), orang masih pusing saya mikirin bisnis sendiri yang lagi susah kok," pungkasnya

Sumber :

Pengusaha Belum Mau Serap Lulusan Prakerja Jokowi
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...rakerja-jokowi

emoticon-Om Telolet Om!

DUNGU !!! emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulnadlifa dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Dia mengaku memilih menerima kembali karyawannya yang dirumahkan dibanding mereka yang telah mendapat pelatihan kartu prakerja



Goblog emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lah, skrg apa yg mau dikerjain? Yg udah kerja aja pada dirumahin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Jelas mending pilih karyawan yg lama...

Emang apa yg bisa diandalin dari nontonin video tutor berbayar tanpa praktek pelatihan langsung emoticon-Entahlah

 Pengusaha Belum Mau Serap Lulusan Prakerja Jokowi

GUOBLOOOK emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
tidak mendukung program jokowi jelas pengusaha dari arab sepertinya mereka
kadrun nih pasti kadrun terpapar ideoologi hti dan keontaan
ayo bong bongkar semua masalalu nya dia cari aibnya bong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
lulusan plonga plongo mau ngapain emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
wahh ramai sekali para onta buruh di sini yahh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Atas ane ini cth buzzerp yg komen gak baca berita, penting dapet 20 rebu an 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
ya ga salah siiii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Sayang cm sertipikat bukan sertifikasiemoticon-Leh Ugadan gk akan guna buat cari gawean
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
lulusan tutor bisa apa? ya bagus nyerap karyawan lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Gini aja deh, ane pengen liat daftar orang2 yg lulus kartu prakerja... Mana tau bisa direkrut...

Bisa gak? Kalo gak, ya ini sistem udah lemah dari awalnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Namanya aja pra kerja,
Sehabis pra / latihan, ya harusnya kerja.
Kalo udah pra, belum kerja aja ya namanya prank
emoticon-Leh Uga

Btw Nih pengusaha udah siap mental nih keknya,
Bwt dikadrun kadrunin dan anti NKRI.
Atw dituduh terpapar paham ready call,
Dan anti kenguik kenguik kan,

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dmcarthur
setelah lulus ga ada penyerapan kerja, modal usaha juga ga ada, jadinya... emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
lulusan turorial berbayaremoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
perusahaan juga pasti realistis aja, memperkerjakan karyawan yg sempat dirumahkan lebih efisien karena skill dan pengalaman pasti sudah teruji ga perlu lg training dan adaptasi + ngurus2 administrasi(bpjs ks/jht/pensiun) biar produksi dan penjualan bisa langsung tancap gas buat balikin potensi omset yg hilang🤑
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh diditzuperzep
pengusaha butuhnya bukan prakerja abal abal kek gitu
butuhnya pengalaman kerja beneran di perusahaan beneran, bukan duniamaya macem ruangguru yg video nya bisa dipelajari gratisan d youtube itu
jadi ada kesenjangan standar disini
standar pengusaha tinggi
standar prakerja masih cemen, cuma mngandalkan video training doank
yah gak bakal terserap lah
yang lulusan S1 aja pngusaha masih harus invest waktu 1 tahun utk training lagi didalam prusahaan, apalagi prakerja yg cuma lulusan SMA
kalo jatuhnya sama sama kudu training, yah mending milih rekruit lulusan S1 skalian
kesimpulannya, prakerja gak ada guna nya

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Masuk BUMN aja coba tuh siapa tau mau diserap emoticon-Kiss
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
tuh kan formalitas doang
untung ga ikutan walopun dipaksa kerabat suruh ikut, halahhhh
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
yg belajar bikin pempek, masker kain, sama mancing ujung2nya ya kerja mandiri, apa ada perusahaan mau terima skill macam itu .... (tanpa bermaksud merendahkan)
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di