CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mantan Mendag Usulkan Bank Indonesia Mencetak Uang Rp4.000 T
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eae039428c9916e4957d3e4/mantan-mendag-usulkan-bank-indonesia-mencetak-uang-rp4000-t

Mantan Mendag Usulkan Bank Indonesia Mencetak Uang Rp4.000 T

Mantan Mendag Usulkan Bank Indonesia Mencetak Uang Rp4.000 T

Demi mengatasi persoalan ekonomi akibat Covid-19, Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengusulkan kepada Bank Indonesia (BI) untuk mencetak uang sebanyak Rp4.000 triliun.

Gita Wirjawan mengatakan bahwa uang sebanyak itu tidak akan menimbulkan inflasi. Menurutnya, uang dicetak langsung dapat disalurkan kepada masyarakat untuk menjamin kebutuhan dasar.

Hal itu disampaikannya saat menggelar diskusi bertema “Menyelamatkan Sektor Rill dan UMKM dari Pandemi” bersama Yayasan Rekat Anak Bangsa, Jumat (1/5/2020).
“Uang tersebut tidak hanya digunakan untuk memberi stimulus pada mereka yang kehilangan pendapatan, tapi juga untuk restrukturisasi penyelamatan sektor riil dan UMKM,” kata dia.

Gita juga menepis adanya moral hazard dalam pencetakan uang ribuan triliunan tersebut. Ia menjelaskan bahwa kunci paling penting adalah pengawasan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah saat penyaluran uang tersebut ke masyarakat.
Ia juga mengapresiasi kinerja pemerintah yang sudah berusaha menyelamatkan masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19.

“Harus ada kebijakan tidak biasa yang harus diambil pemerintah, yakni pencetakan uang. Meski diakui bertentangan dengan apa yang diajarkan selama ini,” tutup Gita.


sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/02/mantan-mendag-usulkan-bank-indonesia-mencetak-uang-rp4-000-t/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wenzzForaLL dan 146 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Itungan inflasi akibat pencetakan uang gmn?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Dulu Gerindra dibully habis2an

Sekarang mendag didukung cebokng mangut2 aja

Hina sekali emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
bakal inflasi mesyarakat pegang duit tp sekarang kan banyak yang gak produksi
akhirnya barang langkah bikin naek harganya
lagian sekarang tuh bukan butuh cetak duit tp manfaatin duit yang ada sebaik mungkin
misalnya gak bikin program gak berguna sebesar 5.6T gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanblackcore dan 30 lainnya memberi reputasi
Mungkin dia sudah pegang dollar duluan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 22 lainnya memberi reputasi
Cetak duit tanpa underlying yang jelas ya bakalan bikin hyperinflasi, duit banyak juga ga ada gunanya kalo ga ada nilai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
berarti negara harus nerbitkan surat utang baru? emoticon-Embarrassment

bukannya beberapa waktu lalu ada pandemic bond?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Banyak penyesat apalagi dr anak buah kebo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 20 lainnya memberi reputasi
mau mmt pun jg ada underlyingnya kan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 16 lainnya memberi reputasi
Bapak satu ini, ngurus hotel nya di bali aja lah.. udah blangsak tuh pak, kena imbas covid
🤣🤣🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Gak ngitung inflasi nih org emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 19 lainnya memberi reputasi
jgnkan 4000T, sekarang lo kasi sumbangan 10 jt orang @ 10jt dlm sebulan semua harga pasti naek kok emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 24 lainnya memberi reputasi
Badan Anggaran DPR RI pun mengusulkan kepada pemerintah dan Bank Indonesia untuk mencetak uang hingga Rp 600 triliun. Tujuannya untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia dari akibat yang ditimbulkan.

Ketua Umum Kadin, Rosan Roslani, mengusulkan agar Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin bersama BI mengeluarkan stimulus minimal Rp 1.600 triliun. Dana bisa diperoleh lewat pencetakan uang yang mirip dengan kebijakan Quantitative Easing (QE) di Amerika Serikat (AS) dan penerbitan obligasi oleh pemerintah.

Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengusulkan kepada Bank Indonesia (BI) untuk mencetak uang sebanyak Rp4.000 triliun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pak ga nginap lagi di rumah warga kayak dulu lagiemoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ekonomi ancur malah nyetak duit..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 20 lainnya memberi reputasi
Quote:


bisa jadi
emoticon-Ngakak

soalnya ane yakin..
pejabat kitak2 itu jelas bukan orang bodoh. smp2 hal2 basic kyk nyetak uang aja g ngerti..

justru mereka lebih ngerti dari kitak..
belagak bloon pasti ada sesuatunya.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

Caper doank nih gita,
BI udah dipegang IMF
IMF gak bakal mau nyetak uang segitu banyak.
Indonesia salah satu aset amrik,
Gak bakal dibuat hyper inflasi tanpa alasan jelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 28 lainnya memberi reputasi
ane gak setuju
itu cara curang dan efeknya justru tambah parah buat ekonomi
dgn mencetak uang, cadangan devisa akan terlihat bertambah, tapi itu ilusi saja
pasar tidak akan tertipu
nilai tukar rupiah justru semakin melemah
kalo garis nilai tukar rupiah dan cadangan devisa udah bertabrakan, itu artinya kita dianggap tidak pnya devisa lagi oleh pihak luar
kalo dalam bahasa kita, cadangan devisa bolong, walau sepintas terlihat tinggi
aplagi indonesia sangat tergantung sama impor utk ketahanan pangan nya
udah kebayang pangan akan semakin langka dan mahal
kalo pemerintah sampai berani cetak uang, kejatuhan soeharto kayak mei 1998, akan terulang lagi Mantan Mendag Usulkan Bank Indonesia Mencetak Uang Rp4.000 T
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xanax.for.sale
Lihat 1 balasan
tar makin ga ada nilainya elahemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 14 lainnya memberi reputasi
Mantan Mendag Gagal yg dikarbitkan capres gagal demokrat..
Daripada cetak duit mending pinjam duit..
Sudah budaya ngutang..LANJUTKANN..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 20 lainnya memberi reputasi
the next zimbabwe emoticon-Takut








































gemboked emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tetettoet76
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di