CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Disebut Lambat Tangani Klaster Sampoerna, Pemkot: Ibu Gubernur Tidak Benar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ead780fa2d195449d31bc52/disebut-lambat-tangani-klaster-sampoerna-pemkot-ibu-gubernur-tidak-benar

Disebut Lambat Tangani Klaster Sampoerna, Pemkot: Ibu Gubernur Tidak Benar

Disebut Lambat Tangani Klaster Sampoerna, Pemkot: Ibu Gubernur Tidak Benar

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membantah pernyataan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menilai penanganan terhadap pasien positif Corona klaster pabrik rokok HM Sampoerna tidak responsif. Bantahan tersebut disampaikan Wakil Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya M Fikser.

Fikser mengatakan, Pemkot Surabaya selalu serius dan cepat dalam mendapatkan semua informasi yang berkembang terkait dengan penyebaran Covid-19. Termasuk, kasus Covid-19 yang terjadi pada karyawan PT HM Sampoerna Tbk, Rungkut Surabaya.

“Bahwa pemerintah kota tidak pernah terlambat. Ibu Gubenur (Jawa Timur) tidak benar. Awal mulanya pada tanggal 2 April yang bersangkutan itu sakit dan berobat ke klinik perusahaan. Pada 9 April 2020 pasien dirujuk di rumah sakit dan tanggal 13 April pasien melakukan pemeriksaan tes swab di rumah sakit yang berbeda,” kata Fikser saat Jumpa Pers di ruang Sekretaris Daerah, Balai Kota Surabaya, Sabtu (02/05/2020).

Ia menjelaskan, sejak saat itu, Pemkot Surabaya mulai melakukan tracing dengan penyelidikan epidemologi di setiap rumah sakit. Bahkan setiap harinya, petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya melakukan pendataan dan pemantauan di setiap rumah sakit terkait perkembangan pasien Covid-19.

“Begitu kita ketahui, tanggal 16 April Dinkes memanggil perusahaan Sampoerna. Jadi bukan perusahan yang melapor, tapi kami yang memanggil. Kita yang menemukan. Monggoh (silahkan) bisa tanya ke Sampoerna,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Fikser juga memastikan, pertemuannya dengan pihak perushaan pada kali kedua, tanggal 27 April 2020. Saat itu, pihaknya meminta untuk melakukan penutupan sementara perusahaan. Tidak cukup sampai di situ, ia pun juga meminta data nama karyawan untuk dilakukan tracing kembali.

“Kita minta datanya by name by address. Supaya kita bisa tracing kembali dan beri intervensi,” tegas Fikser.

Senada dengan itu, Koordinator Bidang Pencegahan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Febria Rachmanita mengatakan pihaknya langsung meminta perusahaan tersebut untuk melakukan rapid test dan mengisolasi mandiri karyawannya sekitar 506 orang.

“Saat itu puskesmas melakukan tracing dan ditemukan terdapat data kontak erat dengan karyawan. Kita bergitu tahu satu orang sakit langsung kita cari siapa orang dalam pemantauan (ODP) mana dan pasien dengan pengawasan (PDP) nya,” kata Febria.



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/02/disebut-lambat-tangani-klaster-sampoerna-pemkot-ibu-gubernur-tidak-benar/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 23 lainnya memberi reputasi
Kok gak kompak gini pemprov sama pemkot emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan kaiserwalzer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mau dijelasin bolak balik tetap nangkepnya "lambat" karena ga langsung menuju ke orangnya tapi tracing yg bertele2 keburu menularkan ke yg lain

seharusnya ketika diketahui orgnya langsung saat itu jg dicari, jangan malah berlambat2 dan cari2 alasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
binokulars dan 2 lainnya memberi reputasi
sementara kodok bangkong yg anti kritik tetap eksis pencitraan nyemprot disentikfan dijalanan biar keliatan peduli rakyat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pamansengkuni dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pst ada apa2nya neeemoticon-Entahlah
pasukan ebong divisi kamikaze
sudah siap
pasukan ebong relawan dungu sdh siap!!!

Laporan selesai..
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan binokulars memberi reputasi
Memang lambat pemkotnya, harusnya ambil tindakan langsung dengan menutup pabrik sementara waktu untuk melakukan tracking dan mencegah penularan virus.
Mirip2 lah sama di pusat sudah ada kasus virus malah ngasih diskon tiket pesawat.
profile-picture
profile-picture
ichachi dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Khofifah tkt bu risma nyalon jadi gubernur jatim. Berat klo Khofifah lawan bu rismaemoticon-Wakaka
bukan DKI

tidak seru

sepi nih trit
profile-picture
profile-picture
batmanitsme dan 54m5u4d183 memberi reputasi
pemkot surabaya sll benar, sangat reaponsif dan hasilnya munculah klaster sampoerna
profile-picture
profile-picture
leonosphire dan bangsutankeren memberi reputasi
hhnngg.. jd tgl 16 bru manggil tp ga ditutup.. tgl 27 bru dmnt ditutup. ya klw g mw dibilang lambat trus yak opo? bukti respon stlh tgl16 ap kok br nongol lg tgl27?
bu risma yak.. takut komen..
ntat dilaporin..
lambat dalam skrining.
pdhal saat wabah kita jg berburu waktu, semakin cepat diagnosis, semakin cepat memutus rantai penularan
Kofifah dn Risma sama sama gak bener
Salah salahan nih


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di