CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hubungan Amerika-Tiongkok Memanas, Ini Kekhawatiran Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ead3ddefacb9557d5054ee1/hubungan-amerika-tiongkok-memanas-ini-kekhawatiran-indonesia

Hubungan Amerika-Tiongkok Memanas, Ini Kekhawatiran Indonesia

JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar menyebut persaingan geopolitik antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok akan semakin ketat sebagai dampak wabah virus corona.

“Bahkan sebelum wabah COVID-19, kita harus mengantisipasi situasi ini agar tidak menjadi semakin serius di masa depan,” kata Mahendra dalam seminar daring dari Jakarta, Jumat (1/5).

Wakil Menteri Perdagangan RI periode 2010-2011 itu menilai persaingan geopolitik AS-Tiongkok mungkin tidak berdampak pada ekonomi Indonesia yang memiliki beragam mitra perdagangan, investasi, dan ekonomi.

“Tetapi dalam hal stabilitas politik, itu soal lain,” ujar dia.

Untuk itu, Indonesia secara konsisten mendukung solusi yang melibatkan organisasi multilateral, internasional, dan regional agar berfungsi baik dalam menangani situasi sehubungan dengan geopolitik.

Selain mengantisipasi semakin buruknya situasi ekonomi akibat persaingan AS-Tiongkok, kata Mahendra, negara-negara juga perlu mengambil pembelajaran bahwa rantai pasok global seharusnya tidak bergantung hanya pada satu sumber.

Dengan adanya wabah COVID-19, pemerintah dan industri telah mulai memahami manajemen risiko jika hanya memiliki sumber pasokan tunggal, yang akan sangat terganggu akibat kebijakan karantina wilayah yang diberlakukan di banyak negara.

“Jadi mereka mulai melihat (pentingnya) diversifikasi, daripada hanya mengutamakan efisiensi,” tutur Mahendra.

Merujuk pada laporan Dana Moneter Internasional (IMF) yang memperkirakan bahwa ekonomi global akan menghadapi resesi dan perlambatan hingga -3 persen akibat COVID-19, Mahendra menyebut situasi ekonomi global akan menjadi lebih buruk.

“Sepertinya kita mungkin harus menanggung (perlambatan hingga) minus 5 persen atau bahkan lebih. Jadi resesi akan lebih parah dari yang diproyeksikan IMF, yang terutama disebabkan oleh resesi yang lebih parah di AS dan Eropa,” kata dia.

https://m.jpnn.com/amp/news/hubungan...iran-indonesia

Semoga dalam waktu dekat, amerika serikat mau membangun instalasi militer yang megah di Indonesia seperti di Korea Selatan dan Jepang. Sebenarnya amerika punya banyak pangkalan militer, tapi saya ambil contoh yg di asia saja, contohnya Korsel dan Jepang.

di korea selatan, ada pangkalan militer amerika namanya Camp Humphreys, wuih cakep bener ini gan..

Fasilitasnya sangat lengkap, ada Gereja, ada Sport station, ada Foodcourt, ada sekolah, ada rumah sakit, ada tempat menginap bagi keluarga tentara yang berkunjung, ada toko perlengkapan khusus yg buka 24 jam..

kalau dilihat lihat mirip kuala kencana di tembagapura, cuma ini jauh lebih megah dan lengkap..

saya ingin amerika membangun pangkalan militer di Indonesia yang megah, supaya bisa mendatangkan devisa juga untuk Indonesia sendiri, dan yg paling penting supaya Indonesia aman.

Ini video tentang Camp Humphreys di korea gan, presenternya wanita korea, silahkan disimak..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
denbagoes01 dan 58 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
filipin lah indo aga susah ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Hubungan Amerika-Tiongkok Memanas, Ini Kekhawatiran Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kembalinya Pangkalan Laut Subic ?
Hubungan Amerika-Tiongkok Memanas, Ini Kekhawatiran Indonesia
Hubungan Amerika-Tiongkok Memanas, Ini Kekhawatiran Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan


Dulu ada yang mau ikut hakko icchiu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaiserwalzer
Lihat 3 balasan
Santay emoticon-Big Grin

Hubungan Amerika-Tiongkok Memanas, Ini Kekhawatiran Indonesia

Ingat yg mulia baginda joko itu cahaya asia, jangan macem2 kelen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo dipikir pikir..
kok bisa ya sebuah negara membangun pangkalan militer di negara lain yg besar..
dan negara itu ga marah, malah mendukung
bingung juga sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
renofizaldy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
jangan sampe terjadi lagi peperangan
dulu pearl harbor di serang jepang, pecah langsung hiroshima-nagasaki di anguskan

terus perang dunia

kali ini kalo sampe tiongkok serang amerika kaya jepang dulu

waduh bisa pecah perang dunia ke 3 ini

tapi katanya sih trump takut sama xijinping
gatau ini hoax apa bukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imogenist dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Lihat 19 balasan
Orang indonesia menghina amerika karena kematian corona tertinggi, terus kenapa kalau kematian tertinggi? Apapun itu tidak merubah status amerika sebagai negara superpower kan?

benar kata kaskuser kemarin, virus corona obatnya bisa dibuat walau bertahun tahun, tapi kalau perang pecah, tidak ada obatnya lho emoticon-Takut

dunia akan lebih menderita kalau perang pecah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imogenist dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 747.400
Paling enak bebaskan saja hukuman Jepang karena WWII. Dijamin China bakal kelojotan emoticon-Ngakak (S)

Yang ditakutkan China itu bukan Inggris, bukan Amerika, tapi Matahari Terbit. Parnonya sampai sekarang tuh mengleng. Orang orang mengleng lihat bulatan saja langsung serasa lihat lambang horor

Amerika beberapa waktu lalu sedikit membolehkan Jepang untuk mengembangkan pertahanan langsung China cepat-cepat bikin pertemuan damai dengan Shinzo Abe emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imogenist dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh panchre
Lihat 8 balasan
Gua dukung America lah bray....
Daripada besok besok ketipu barang kawe made in China...
Mending dukung America
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imogenist dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nunggu kelanjutannya aja daghemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 3 lainnya memberi reputasi
Mending amrik fokus urusin corona d negara sendiri dulu deh, itu film2 yg pada d undur makin lama dah entr rilis nya emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 4 lainnya memberi reputasi
susah
indonesia kejepit di tengah2
di satu sisi indonesia kebanyakan utang sama cina, thanks to bagindakodok

di sisi lain indonesia ketergantungan sama amerika juga
tanpa bom atom hiroshima nagasaki nya amerika, indonesia gak bakalan merdeka
jadi indonesia emang udah skak mat sama amerika, indonesia utang budi sampai kiamat sama amerika, tidak tertulis, tapi tau sama tau
kalo ada yg menodai fakta itu, kayak soekarno dgn anti barat nya, langsung disingkirkan sama CIA, jadi emang gak main main, semua presiden indonesia harus dapat restu dari amerika, atau disingkirkan

mau netral juga susah, pasti akan ada tekanan utk memihak
jika tidak memihak, indonesia bakalan diancurin ekonomi nya
jadi mau gak mau emang harus memihak
tinggal wanipiro aja paling indonesia

soal pangkalan militer, indo gak mau (karena netral itu tadi), makanya amerika bikin pangkalan marinir di australia
utk pangkalan militer nya amerika mengandalkan filipina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xanax.for.sale
Lihat 2 balasan
trump si american idiot itu sibuk fitnah tuding china
jadikan chinasbg kambing hitam utk tutupi kegagalannya tangani corona amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 3 lainnya memberi reputasi
Amerika rusia jawara perang parade militernya ngerih cuk emoticon-Shakehand2 dampak bagi indo simalakama klo condong ke A ga dpt utangan si B emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Korsel hampir hancur di perang korea 1950an gan. Klo bukan bantuan amerika dan pbb, udah pasti seluruh korea jadi 'merah'
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 4 lainnya memberi reputasi
bikin pangkalan aja USA sama CHINA diindo, klo bisa sebelahan aja, dipisahin sama got emoticon-Recommended Seller
biar akur emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 5 lainnya memberi reputasi
lebih ngeri lagi china sdh mengurangi ketergantungan pake us dollar dan punya uang digital E RMB

usa bisa bangkrut ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Skyland999
Lihat 4 balasan
wah² SJW kedua belah pihak AS vs China monggo silahkan komen nya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 2 lainnya memberi reputasi
indonesia itu asia bukan barat
china itu juga asia
sedangkan amerika itu barat

orang asia jelas dukung asia daripada dukung barat

china itu satu2nya di asia yg mampu tendang bule barat
[
bagi anak asia yg anut ajaran radikal sesat pasti akan dukung bule barat
karena ajaran radikal sesatnya anggap bule barat sbg tuhan
kenyatannya org yg diklaim tuhan olehnya itu adalah org timur tengah bukan bule barat kulit putih
kena pencucian otak white supremacy sampai jadi radikal paok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adieet dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di