CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
Waspada Pencurian Data di Aplikasi Kencan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eacfeb5f0bdb230e143db66/waspada-pencurian-data-di-aplikasi-kencan

Waspada Pencurian Data di Aplikasi Kencan

sumber: https://rahasiatekno.com/waspada-pen...likasi-kencan/

Begitu maraknya aplikasi kencan online juga dimanfaatkan oleh para peretas untuk mendapatkan data penggunanya. Dengan memberikan iming-iming gambar-gambar wanita yang ingin dikencani, adalah salah satu modusnya. Sebuah perusahaan siber di Amerika, yaitu Proofpoint baru-baru ini telah memberikan laporannya bahwa ada banyak peretas yang memanfaatkan trojan hupigon untuk melakukan Pencurian Data pada sejumlah mahasiswa dari universitas di Amerika Serikat.


Waspada Pencurian Data di Aplikasi Kencan

Para peretas ini telah memodifikasi berbagai tautan yang bertema kencan. Pada tautannya itu, penggunanya diminta untuk memilih salah satu dari 2 gambar wanita yang menarik perhatian dari para penggunanya.  

Hupigon yang juga disebut dengan remote acces trojan ini pertama kali muncul di tahun 2006. Virus trojan ini biasa dipakai untuk advanced persistent threat yang mendapatkan sponsor dari suatu negara tertentu.

Baca juga: Cara Mengatasi Handphone Terkena Virus Malware

Serangan dari APT ini dilancarkan melalui suatu jaringan. Kemudian para peretas ini akan mendapatkan akses ke jaringannya itu yang kemudian bisa menetap di sana tanpa mampu dideteksi dalam waktu yang cukup lama.

Tujuan dari serangan itu  untuk melakukan pencurian data yang akan menimbulkan kerusakan dari suatu jaringan maupun kelompok.

Dilansir dari laman resminya, Rahasiatekno memberikan penjelasannya bahwa ketika pengguna yang telah tergiur untuk mengklik tautan dari gambar yang disajikan itu, maka perangkat pc maupun laptopnya akan melakukan pengunduhan dokumen secara otomatis.

Dokumen yang berisi trojan itu diberi nama, sex_Live1.5.0.1099.exe. maka secara otomatis Hupigon akan terinstal di perangkat mereka.

Banyak kemampuan yang dimiliki oleh Hupigon ini. Seperti misalnya, peretas ini mampu memantau berbagai aktivitas dari para penggunan melalui trojan Hupigon ke 45% institusi pendidikan dan sisanya ke institusi lainnya.

Bukan hanya itu saja, peretas juga mampu memantau berbagai aktivitas melalui webcam dan mencuri kata sandi. Hupigon sendiri memiliki fungsionalitas rootkit. Rootkit ini adalah suatu perangkat lunak yang telah dirancang khusus untuk melakukan manipulasi sistem operasi secara langsung ke perangkat keras.

Baca juga: Aplikasi Anti Virus Smartphone

Pemasangannya iani dilakukan melalui metode phising. Kemudian, setelah terinstal, maka rootkit akan memberikan akses jarak jauh ke dan kontrol atas hampir di seluruh akses sistem operasi.

Kemudian, tujuan dari rootkit ini adalah menghindari adanya deteksi sehingga tetap terinstal dan bisa diakes di sistemnya. Dengan begitu pengembang dari rootkit ini betul-betul menjaga malwarenya agar tidak terdeteksi.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di