CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani: Negara-Negara Maju Juga Berutang, Tidak Hanya Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eacf5239a972e6f1d0175d1/sri-mulyani-negara-negara-maju-juga-berutang-tidak-hanya-indonesia

Sri Mulyani: Negara-Negara Maju Juga Berutang, Tidak Hanya Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut Indonesia bukan satu-satunya negara yang terpaksa berutang untuk menangani dampak dari pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19.

Melalui sesi diskusi daring bersama aktor sekaligus Duta Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan kemitraan Masyarakat Indonesia (YAPPIKA)-Action Aid Reza Rahadian pada Jumat (1/5/2020) Sri Mulyani menjelaskan bahwa banyak negara-negara maju yang tertatih-tatih menangani pandemi tersebut.

"Saya tunjukkan saja deh Amerika kenapa kena, Amerika itu negara ekonominya terbesar di dunia kira-kira 18 persen dari seluruh dunia. Dia hanya dalam waktu kurang dari dua bulan jumlah penganggurannya naik 30 juta. Bayangkan, jadi ini menjadi sesuatu yang luar biasa besar," katanya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menjelaskan semua negara yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini sedang berupaya sekuat mungkin untuk mengamankan menjaga rakyatnya agar tidak makin terpuruk. Demikian halnya dengan dunia usaha yang juga ikut terpukul.

Dia menilai pelaku usaha, terutama pelaku usaha kecil perlu mendapatkan bantuan agar kedepannya tidak ada kredit macet yang akan mengancam sistem keuangan atau perbankan nasional.

"Memberikan bansos (bantuan sosial) ke usaha-usaha kecil yang terdampak. Bank sentral AS mencetak uang dan memberikan kredit ke sektor riil. Upaya yang dilakukan tidak hanya oleh pemerintah lewat [insentif] fiskal tetapi juga lewat bank sentral," tuturnya.

Di sisi lain, pengeluaran pemerintah yang membengkak diiringi oleh penurunan penerimaan pajak. Oleh karena itu, mau tidak mau pemerintah harus melakukan pembiayaan melalui utang ke berbagai pihak.

"Harus melakukan pembiayaan, harus utang, harus pinjam ke bank indonesia ke masyarakat, ke dunia. Negara-negara kaya juga berutang, Arab Saudi yang kaya lewat produksi minyaknya pun harus berutang karena harga minyak yang turun dan kebutuhannya meningkat," ungkapnya.

Namun, kondisi yang sedemikian kritis tidak serta merta membuat pemerintah dengan gampangnya berutang. Menurut Sri Mulyani, pemerintah juga melakukan pembatasan dan memotong berbagai pos anggaran di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) demi penghematan.

"Pasti ada batasnya, maka dilakukan hati-hati. Oleh karena itu, APBN saya udah potong. [Pengeluaran] yang tidak penting seperti biaya perjalanan yang mencapai Rp40 triliun dipangkas, biaya listrik dipangkas karena aktivitas di kantor juga tidak dilakukan," ujarnya.

Sri Mulyani menambahkan pemerintah juga akan menunda pembangunan proyek-proyek infrastruktur yang sudah dianggarkan sebelumnya. Sehingga anggaran tersebut bisa dialihkan untuk keperluan penanganan dampak pandemi Covid-19.

"Karena tidak ada yang tahu dan tidak ada yang bisa memastikan juga kapan pandemi ini akan selesai," tegasnya.

https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/...anya-indonesia

setau saya Indonesia itu negara dengan APBN terbesar di dunia, CMIIW ya gan

Tahun 2019 kemarin, anggaran militer Indonesia mencapai 107 Triliun, tertinggi di negara manapun di dunia ini. Bangga banget kan gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
denbagoes01 dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
yuk silahkan lapak dibuka. dibuka cacian dan makiannya. 😎
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tetangga saya juga ngutang buat nyicil rumah dan mobil

haruskah saya ikutan ngutang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayah.junaedi dan 4 lainnya memberi reputasi
ya kalau produktif gpp,
kalau hutang untuk kemudian konsumtif ya matilah kita. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
apollion dan 747.400 memberi reputasi
Kenapa orang2 indon itu suka amat membandingkan bandingkan sesuatu? tapi masalahnya bandingin yang jelek2 aja emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
apollion dan 747.400 memberi reputasi
Ayo kumpullllllllll

Sri Mulyani: Negara-Negara Maju Juga Berutang, Tidak Hanya Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LonteCovid19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cerdas banget Srimul
profile-picture
747.400 memberi reputasi
Yang ini bener, gak kaya kemarin.
profile-picture
747.400 memberi reputasi
Negara maju bisa nekan negara berkembang. Itu bedanya
Quote:


itu 107 trilyun rupiah gan bukan dollar. jelas bukan yg tertinggi di dunia. Amerika masih yg tertinggi. ga usakah Amerik, dibandingkan dengan china, malah anggaran militer kita jauh lebih kecil
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan 747.400 memberi reputasi
nah itu dampak positifnya.

dampaknya negatif nya juga dong,

jgn lupa faktor pejabat korup, penegak hukum korup, lembaga yg harus ny digaris depan di revisi jadi isinya penegak hukum yang korup.

lebih bnyk positifnya apa negatifnya coba hayo emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak

kalau pengurangan APBN utk yg tidak penting emang harus di apresiasi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
4nt1.sup3r dan ruuuruuu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
okelah..ngutang aja klo gt emoticon-Big Grin
Ahhh ngeles mulu, kalo menkeu bisanya ngutang mulu, bagus gak osah ad menkeu
profile-picture
profile-picture
clyope dan sunyimembara memberi reputasi
Negara lain abis ngutang bisa nyicil kalo indo nyicilnya pake ngutang lagi emoticon-Ngacir
profile-picture
paexada memberi reputasi
Puyeng bu?
profile-picture
snoopze memberi reputasi
Mentang2 dapet 1% bawaannya jadi pingin ngutang melulu emoticon-Traveller
iya gpp utang. tp jgn dibagi" ama orng yang jahat suka kkn, atau cuman menguntungkan bbrp pihak tnp melibatkan masyarakat, dan juga hasilnya bisa dirasakan masyarakat. kan begitu...
kl hutanh" aj tp yang ngerasain trnyt hanya elite. ya sama aja boong,itu namanya tak jujur dlm pemerintahan.
ada solusi laen ga nih selain utang emoticon-Amazed
lah kok jadi pakar whataboutism beginiemoticon-Leh Uga
Enak Tinggal diangsur pake pajak emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di