CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Ilmu Marketing /
Seleksi atau Anda akan Gagal Mencapai Target Penjualan.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eacf2cea2d19517a04379a3/seleksi-atau-anda-akan-gagal-mencapai-target-penjualan

Seleksi atau Anda akan Gagal Mencapai Target Penjualan.

Sales | Sales Coach. Anda boleh prospek dan melakukan presentasi penjualan kepada siapapun di awal karir anda sebagi sales. Artinya anda mengutamakan kuantitas dibandingkan kualitas. Apakah akan menghasilkan penutupan penjualan (closing)? YA, anda akan tetap menghasilkan. Tidak ada yang salah dengan cara yang anda lakukan apalagi jika anda adalah sales pemula. Anggap saja anda sedang latihan melakukan presentasi penjualan sambal berharap anda yang mau membeli dengan anda. Anda harus punya batasan waktu kapan anda harus segera naik ke level kualitas. Uang tidak akan mengalir deras ke rekening anda jika hanya bermain di level kuantitas. Karir anda sebagai sales akan stagnan jika hanya bermain di level kuantitas.  Karir anda sebagai sales, hanya akan membuat anda bertahan hidup jika hanya bermain di level kuantitas. Jika anda sudah bermain di level kualitas artinya anda mulai melakukan seleksi. Sampai pada level kualitas anda harus memutuskan klien mana yang harus anda pertahankan dan kembangkan dan klien mana yang harus anda lepaskan.


Ada 3 Alasan kenapa anda harus melakukan seleksi :

1.Target.

Target penjualan lebih cepat tercapai jika bermain di level kualitas. Jika target penjualan anda adalah 1 Miliar, anda pasti akan memilih 10 klien dengan nilai transaksi masing-masing 100 juta dibandingkan dengan 100 klien dengan nilai transaksi masing-masing 10 juta. Kenapa harus bersusah payah menghasilkan 100 klien kalau hanya dengan 10 klien saja target anda tercapai? Kecuali jika anda tidak ada pilihan lain atau mungkin anda adalah sales pemula.  Dalam bidang penjualan anda akan dihadapkan pada  banyak pilihan dan anda harus memilih. Sampai di level tertentu anda harus memilih mau bermain di pangsa pasar seperti apakah anda. Tidak mudah menghasilkan klien berkualitas tinggi,  namun bukan bearti tidak mungkin bukan? 

2.Waktu tidak akan kembali.

Salah satu hal yang bernilai dalam hidup ini adalah waktu. Semoga anda sependapat dengan saya. Waktu yang sudah berlalu tidak akan kembali lagi. Nilai sebuah waktu ditentukan oleh cara anda menggunakan waktu tersebut, demikian juga dalam bidang penjualan. Gunakan waktu anda hanya kepada calon klien yang mendukung pencapaian target penjualan anda. Hindari menghabiskan waktu bersama calon klien yang tidak berdampak signifikan kepada kesuksesan anda sebagai sales. Hubungan baik penting namun belum tentu menghasilkan penjualan yang berkualitas. Anda harus menjaga hubungan baik jika calon klien anda memiliki jaringan yang berkualitas dibelakangnya. Calon klien mungkin belum siap membeli kepada anda karena alasan budget, namun mereka akan mereferensikan teman dan  saudara mereka jika mereka percaya kepada anda. Ingat, kepercayaan tumbuh karena hubungan baik. Jika demikian adanya teruskan hubungan baik tersebut. Ini adalah hubungan baik yang menghasilkan penjualan.

3.Manusia punya keterbatasan.

Anda tidak mungkin selamanya mau berkarir sebagai sales bukan?  Saat anda dipromosikan menjadi Sales Manager bahkan Sales Director, anda tidak akan punya banyak waktu untuk melayani semua klien anda. Anda hanya akan melayani klien-klien yang memberikan kontribusi besar kepada anda dan Perusahaan, itupun dibantu oleh asisten penjualan anda. Mereka akan bangga karena tetap dilayani oleh seorang Sales Director. Anda tidak harus bertemu langsung dengan klien besar anda, namun sesekali anda boleh meluangkan waktu bertemu dengan mereka. Mereka akan sangat senang jika dikunjungi oleh seorang Sales Director Perusahaan. Penjualan akan kembali terjadi saat anda melakukan kunjungan.

Jalan-jalan ke Bekasi
Naik kereta sambil bersantai
Sales harus lakukan seleksi
Agar target cepat tercapai
 
Yanto Mulyadi
Sales Motivator, Trainer and Coach
PIC : 08129720898



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di