CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eacdf0e365c4f43c640fa0f/gak-nyangka-tanaman-liar-di-sekitar-kita-bisa-dijadikan-sayuran

Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh


Selamat datang Agan Sista di thread ane kali ini. Sahabat kaskus di manapun berada, masih menjalankan ibadah puasa, kan? Ane doakan mudah-mudahan ibadah puasanya lancar dan selalu sehat wal'afiat. Aamiin

Bulan ramadhan tahun ini begitu istimewa, karena kita menjalankannya di tengah pandemi virus covid-19 yang belum berlalu hingga detik ini.

Masyarakat yang biasanya bebas pergi ke mana saja, sekarang aktivitasnya dibatasi hanya di rumah saja. Dengan demikian untuk belanja keperluan dapur seperti sayur mayur pun jadi terkendala.

Berbicara tentang sayur mayur, dalam thread ane kali ini, ingin membahas tanaman liar sekitar kita. Apa sih yang mau ane bahas? Yuk cekidot!

Berikut ini ane mau bahas tanaman liar di sekitar kita yang bisa dijadikan hidangan sayur menyehatkan. Contohnya apa aja, sih?

1. Bayam duri
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Tanaman bayam yang ane ketahui ada 3 macam yaitu bayam bubut, bayam merah dan juga bayam duri. Kalau bayam bubut dan bayam merah biasanya dibudidayakan oleh petani. Sedangkan bayam duri dapat tumbuh liar di sekitar lingkungan rumah kita. Daunnya bisa kita manfaatkan untuk sayur bening dan campuran masakan urap atau salad.

2.Kelor
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Saat ini pemerintah Indonesia gencar melakukan penyuluhan budidaya tanaman kelor setelah mengetahui banyak manfaat yang terkandung di dalam tanaman ini terutama bersumber dari daunnya.
Kalau zaman ane kecil, sih, setau ane tanaman ini begitu keramat sebagai obat untuk orang yang terkena guna-guna dan untuk memandikan orang yang meninggal dunia.

Daun kelor bisa dikelola menjadi sayur bening dan campuran sayur sop. Melezatkan, bukan? Dan tentu saja bergizi.

3.Sesuru air
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Tanaman liar satu ini terkadang tumbuh di tembok atau tanah yang lembab. Musim hujan seperti saat ini banyak tumbuh. Di daerah lain mungkin penyebutan nama tanaman ini berbeda-beda. Ada yang menyebut sirih air, tetebuan, daun desember dan nyonyah-nyonyahan. Tanaman ini mempunyai rasa yang khas yaitu asam dan sedikit asin. Jika dimasak menjadi sayur bening sangat sedap dan menyegarkan. Dilalap sambil dicocol sambal juga enak lho.

4.Krokot
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Tanaman liar satu ini sering kita jumpai tumbuh di pinggir jalan, pekarangan rumah bahkan di sawah. Mungkin sebagian masyarakat telah familiar dengan tanaman ini. Rasa asam dalam kandungan tanaman ini, cocok sekali dimasak untuk campuran salad, pecel bahkan lalapan.

5.Ginseng Jawa
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Tanaman yang satu ini terkadang dengan mudahnya tumbuh di pekarangan tanpa kita menanamnya. Kadang juga sebagian masyarakat sengaja budidaya tanaman ini. Tangkai yang telah berubah warna merah, pertanda umbi siap dipanen. Sedangkan daunnya bisa dimasak dengan cara ditumis. Rasa daunnya mirip dengan kangkung, Agan Sista.

6.Kenikir
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Tanaman ini sering dijumpai tumbuh liar di kebun. Tangkai dan daunnya bisa dimasak untuk campuran salad atau urap.

7.Daun Mengkudu
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Zaman dulu daun mengkudu sering dimanfaatkan masyarakat untuk campuran urap, terutama untuk asupan sayur bagi wanita habis melahirkan. Tapi sekarang daun ini jarang digunakan lagi.

8.Pegagan
Gak Nyangka! Tanaman Liar di Sekitar Kita Bisa Dijadikan Sayuran

Tanaman berbentuk semanggi ini sering kita jumpai di daerah dengan intensitas kelembaban yang tinggi seperti daerah pegunungan. Sebagian masyarakat memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan lalapan.

Nah, selama pandemi covid-19 masih berlanjut, Agan Sista bisa menjadikan tanaman liar yang tumbuh di sekitar kita ini, alternatif sayuran. Selamat mencoba.

Cukup sekian thread dari ane, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Mohon maaf lahir dan batin. Wassalam.

Sumber : Opini Pribadi
Pict : Pinterest

Spoiler for Ss Cendol Kebaikan:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
pepenion dan 335 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 12
Pageone
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 31 lainnya memberi reputasi
Tanaman liar di sekitar rumah kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 39 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
ijin nyimak gan emoticon-Cendol Gan pekiwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane baru tau loh namanya sesuru air, padahal dering ditemuin dimana2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tetangga sering ngerambann di kebon kosong gw kira dia bokek ampe makan rumput ternyata dia ngerambanin krokot.. 😁😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 39 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Daun kenikir kek nya juga bisa dipakai buat lalapan atau buat menghilangkan bau ya gan 🙄
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 35 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Hampir semua dedaunan yang tak dilirik untuk dikonsumsi itu, ane juga taunya cuma bayam duri doang yang bisa disayur.

Jadi penasaran pengen coba.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wih ada semua nih di halaman rumah..nice share
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gingseng jawa banyak banget tuh di rumah. sampe bingung mau diapain. baru tahu kalo bisa dimasak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 33 lainnya memberi reputasi
Quote:


Thankyu, Gan udah singgah. Ayo dieksekusi mumpung ada di rumah.

Quote:


Masak kayak cah kangkung atau tumis enak, Sist. Ane sering masak daun itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 28 lainnya memberi reputasi
baru tau semua kok ya, kecuali daun mengkudu emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 29 lainnya memberi reputasi
Ginseng jawa, kalau ditempat ane namanya bayam jepang, enak banget kalau dimasak sama indomie emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 28 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kalo di tempat ane untuk campuran urap atau salad, Sista.

Quote:


Iya, Gan. Enak, daunnya lembut kayak bayam kalo dimasak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Nomer 3 dan seterusnya ane baru teu, Sis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Kalo krokot pernah denger dijadiin obat, kalo bayam sih sering lihat, nah kalo yg lain baru ini tahu bisa jadi bahan sayuran. Sio, makasih infonya, jadi tahu, ternyata tanaman itu bisa dimasak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 28 lainnya memberi reputasi
Terima kasih, Sist, jadi nambah ilmu, nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 25 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Sama-sama, Sista @uliyatis @suciasdhan

Thankyu jika info ini bermanfaat emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 23 lainnya memberi reputasi
wah jadi mupeng pingin bikin tread di forum ini😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
baru tau kalau tanaman yg sering buat mainan waktu kecil bisa di masak😲
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
no 3 loh, dulu di kampung banyak. dibuat mainan sirih²an...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di