CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
China Kangkangi Hukum Internasional, Kembali Klaim Laut Natuna Miliknya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eacdb40349d0f2913664bd3/china-kangkangi-hukum-internasional-kembali-klaim-laut-natuna-miliknya

China Kangkangi Hukum Internasional, Kembali Klaim Laut Natuna Miliknya

Jakarta - Di tengah wabah mondial virus corona baru atau Covid-19, Republik Rakyat China (RRC) konsisten mengangkangi hukum internasional dan memancing ketegangan di wilayah perairan yang mereka klaim sebagai milik mereka.

Dalam beberapa hari belakangan ini, dunia menyaksikan konsentrasi armada China di perairan Laut China Selatan. Secara sepihak China juga memberikan nama untuk 25 pulau, beting, terumbu, serta 55 gunung dan punggung laut di perairan itu.

Menurut dosen hubungan internasional Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Teguh Santosa, manuver China di Laut China Selatan konsisten dengan sikap China yang mengabaikan hukum internasional di kawasan.

“China selalu menggunakan klaim kuno bahwa perairan itu adalah milik mereka, seolah-olah mereka sedang hidup di era ratusan tahun yang lalu. Seperti saat pendiri Dinasti Yuan Kublai Khan berkuasa di daratan China dan memaksakan negeri-negeri lain untuk tunduk kepada mereka. China mengabaikan kenyataan bahwa setelah Perang Dunia Kedua banyak negara baru yang memiliki hak kedaulatan atas wilayah perairan yang diakui berbagai perjanjian internasional, seperti UNCLOS 1982,” ujar Teguh Santosa dalam keterangan yang diterima redaksi.

“China memperlihatkan dengan terang benderang bahwa mereka enggan menghormati hukum internasional,” sambung dosen politik Asia Timur ini.

China kembali mengajukan klaim atas perairan tersebut pada tahun 2009. Pada tahun 2013, ketika Filipina yang merasa dirugikan oleh klaimmengajukan gugatan ke Permanent Court of Arbitration (PCA) di Belanda, China mengabaikan gugatan.

Di tahun 2016, PCA memutuskan bahwa China tidak memiliki hak atas perairan Filipina. Lagi-lagi China tidak menganggap keputusan itu ada.

“Desember tahun lalu pun Indonesia hubungan Indonesia dan China sempat memanas karena China memasuki Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia tanpa izin. China juga marah Indonesia menggunakan nama Laut Natuna Utara untuk wilayah perairan Natuna yang menjadi hak kedaulatan Indonesia,” ujar Teguh mengingatkan.

Pada bagian lain, Teguh mengatakan, pemerintahan Partai Komunis China jeli melihat sengketa perbatasan wilayah perairan yang sedang terjadi di antara negara-negara anggota ASEAN.

“Mereka paham bahwa di antara negara-negara ASEAN ada sengketa untuk menentukan garis batas di perairan yang sudah berlangsung cukup lama. ASEAN pun kesulitan menjadikan agresifitas China di perairan ini sebagai persoalan yang harus dihadapi bersama,” ujar Teguh lagi.

Manuver China, masih kata Teguh, berpotensi memancing ketegangan dalam skala besar di kawasan. Tidak hanya menyinggung negara-negara yang wilayahnya dicaplok, baik Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Taiwan, tetapi juga memancing keterlibatan super power lain, Amerika Serikat dan sekutu di kawasan, seperti Jepang.

Pandangan senada juga disampaikan peneliti Chatham House, Bill Hayton.

Dalam keterangannya beberapa hari lalu, Bill Hayton mengatakan, sikap China inkonsistensi dengan kenyataan bahwa mereka juga merativikasi UNCLOS 1982.

“China telah meratifikasi Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) yang sangat jelas mengatur tentang apa yang bisa dan tidak bisa diklaim negara sebagai wilayah. Namun China tampaknya menentang UNCLOS dengan menegaskan kedaulatan di tempat-tempat yang sangat jauh," ujar Bill Hayton.

https://www.berazam.com/read-1-12159...-miliknya.html

Tadi lagi scroll youtube tiba tiba di beranda ada video tentang pangkalan militer amerika di Jepang dan Korea Selatan...

ternyata, pangkalan militer amerika di korea selatan itu gede dan megah banget gan, Namanya Camp Humphreys..

didalam pangkalan militer itu ada Gereja, Foodcourt, Lapangan Olahraga, sekolah, rumah sakit, dan toko perlengkapan, pokoknya kaya Mall gitu deh..

yang jadi pertanyaan, mengapa negara semaju korea dan jepang mau negaranya dibangun pangkalan militer negara lain?

apa pentingnya amerika bagi jepang dan korea sehingga mereka dgn rela di negaranya dibangun pangkalan militer negara lain yang besar? Apa korea dan jepang diancam atau bagaimana?

Pertanyaan ini belum terjawab sampai detik ini, saya masih bingung gan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 42 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
nastaik cebong siap mendukung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
altara96 dan 5 lainnya memberi reputasi
memang negara babi ini rakusnya luar biasa udah dikasi pandemi yg bikin mati ribuan rakyatnya.. masi jg teteup pengen laut milik negara laen..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lisa14 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ya ampun, ternyata bukan cuma ada di jepang dan korea selatan..

ternyata pangkalan militer amerika juga ada di timur tengah gan! Ada di Arab Saudi, Oman, Yaman, Israel dan masih banyak lagi ternyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lisa14 dan 7 lainnya memberi reputasi
Analisa ngawur ane, dgn adanya pangkalan amerika di wilayah jepang dan korsel , buat mrk, sama dengan punya preman kelas mafioso. Yg nyenggol langsung jiperrr.. sama2 saling untung. Jepang dan korsel bisa berdagang dgn aman, amerika dpt jatah preman dr kuota ekspor nya. Ketimbang si plongo, mepet sama menglend, dikasih utang proyek tp proyeknya dikerjain sma cino sdr, malah wilayahnya (natuna) tetep mau di caplok 🤣🤣🤣 bener-bener pleseden begog🤣🤣🤣
#santuyudahduakali #persenanudhngumpul #rejekianakudhaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Political89 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kok kangkangi hukum internesyenel sih?
yang bener kangkangi kedaulatan NKRI.
pasukan NKRI harga mati, ayo serbuuu. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krukov dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Opung Luhut dimohon komentarnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gilaaa keren banget pangkalan militer amerika di korea selatan, benar benar megah kaya hotel mall gitu..
apa ga betah tentaranya disitu yah? emoticon-Big Grin
Ada 45.000 tentara tinggal disitu..

semoga kedepan Amerika bisa membangun pangkalan militer di Indonesia, saran saya di Aceh atau Papua, bangun instalasi militer yg megah..

pasti jadi ikon wisata buat Indonesia juga, dan menghasilkan devisa bagi negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nyimak dulu ajah...
profile-picture
profile-picture
747.400 dan himaatoo memberi reputasi
dari dulu China bilang : natuna itu milik indonesia [
profile-picture
riezazura memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Menarik juga pendapat nya Teguh Santosa.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
krukov dan 3 lainnya memberi reputasi
entah kenapa ane betul2 gak suka sama negara china bahkan melebihi mamarika dan sekutunya. betul2 negara rakus. lucunya mereka kalo di depan orang lain itu senyum ramah. tapi cari gara2 mulu kerjaannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 9 lainnya memberi reputasi
mungkin inilah yg dikatakan yajud dan makjud bermata sipit..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lisa14 dan 6 lainnya memberi reputasi
Hal spt ini harus dilawan, jangan dibiarkan
Kedaulatan NKRI dipertaruhkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krukov dan 3 lainnya memberi reputasi
mulai lagi dah nih cari masalah emoticon-Blue Guy Bata (L)
Jelas jelas camplok NKRI.... Habis kosa kata ane buat ngatain rezim banteng ini... Asu lah
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 747.400 memberi reputasi
taik china mentang2 udah bebas covid seenaknya senidir
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 747.400 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kenapa bangun pangkalan di sana? Belajar dulu sejarah Perang Dunia 2 ama Perang Korea anak muda...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
serang balik bong
profile-picture
profile-picture
PTMCU dan 747.400 memberi reputasi
Sudah ketebak bakalan ada yang cari kesempatan di tengah pandemi covid19. Apalagi mereka memang ga bisa dipercaya.
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan 747.400 memberi reputasi
Dasar babi rakus emoticon-Blue Guy Bata (L) natuna mau diembat juga..

Itulah akibat si kodok terlalu dekat ma babi emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan tepsuzot memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di