Kaskus

Automotive

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Motor Naked 1000cc Suzuki Yang Gak Pernah Jadi Prioritas Banyak Orang
Motor Naked 1000cc Suzuki Yang Gak Pernah Jadi Prioritas Banyak Orang

Mungkin saking langkanya motor ini, kamu pasti jarang ada yang tahu kalau Suzuki ternyata punya lineup motor naked 1000cc bernama GSX-S1000.

Kalau dibilang motor ini juga bukan motor lawas banget dan sampai saat ini masih diproduksi, tapi kenapa bisa dibilang langka?

Mungkin salah satu faktor yang mendukung kenapa motor ini bisa jadi langka adalah jarang orang melirik motor tersebut dan lebih memiliki sportbike naked Jepang lainnya.

Motor Naked 1000cc Suzuki Yang Gak Pernah Jadi Prioritas Banyak Orang

Padahal sebenarnya GSX-S1000 merupakan motor yang sangat powerfull, karena mesin motor tersebut dirancang langsung oleh pentolan MotoGP Suzuki Ecstar.

Sosok yang dimaksud adalah Shinchi Sahara, ia merupakan leader di Suzuki MotoGP Ecxstar, dan Shinchi telah bekerja di Suzuki sejak tahun 1898…ia menghabiskan waktunya di departemen balap selama 4 tahun termasuk superbike.

Bahkan ia juga salah satu orang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan GSC-R1000R. Memang benar-benar orang hebat nih.

Motor Naked 1000cc Suzuki Yang Gak Pernah Jadi Prioritas Banyak Orang

Di tahun 2003 Shinchi ditunjuk untuk menggarap proyek MotoGP bermesin 4 tak, ia mengaku jika pekerjaan barunya tersebut sangat menyenangkan.

Hingga akhirnya di tahun 2011, Shinchi ditunjuk untuk mengembangkan mesin produksi massal. Secara otomatis peran dirinya telah berubah dan doi coba transfer teknis dari mesin balap kemudian diterjemahkan ke mesin produksi massal.

Hingga akhirnya project GSX-S1000 mulai dikerjakan, disini Suzuki menggunakan basis mesin dari K5 GSX-R1000. Mesin yang digunakan merupakan mesin yang sangat tepat karena memiliki stroke lebih panjang, yang artinya dapat menghasilkan torsi lebih besar.

Motor Naked 1000cc Suzuki Yang Gak Pernah Jadi Prioritas Banyak Orang

Kemudian bersama dengan tim teknisi, Shinchi lalu membangun sasis baru…sasis ini diklaim jauh lebih ringan dengan mengusung teknologi motor balap. 

Ternyata Shinchi juga terlibat dalam peracikan desain juga loh. Timnya menginginkan desain yang menyudut dan tajam, tetapi tidak terlalu frontal.

Suzuki GSX-S1000 menggunakan mesin 999cc 4 silinder inline, berpendingin cairan, DOHC 16 valve, dapat memproduksi tenaga sebesar 137.8hp pada 11,300rpm dan torsi 100.3Nm di 9400rpm.

Motor Naked 1000cc Suzuki Yang Gak Pernah Jadi Prioritas Banyak Orang

Suspensi depan upside down, dibantu dengan sistem pengereman dual disc, serta disokong dengan kaki-kaki super gambot.

” Ya….GSX-S1000 adalah motor yang sangat menyenangkan untuk dikendarai. Karena ketika kami mengembangkan GSX-S1000, konsepnya adalah fun to ride dan sporty. Dan dengan latar belakang saya di MotoGP, kami menggunakan banyak ide baru untuk membuatnya menjadi motor yang ringan, gesit dan buas. Menurutku motor ini adalah motor Suzuki yang memiliki teriakan khas sehingga kamu akan buas saat geber dijalanan …” tuturnya.

Referensi : iwanbanaran.com(28/4/2020).

jlampAvatar border
jlamp memberi reputasi
1
1.2K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan