CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan Mental
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eabdb979a972e64562022b3/mengenal-lebih-dalam-tentang-kesehatan-mental

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan Mental

Apa itu kesehatan mental? Ini mengacu pada kesehatan kognitif, perilaku, dan emosional. Ini semua tentang bagaimana orang berpikir, merasakan, dan berperilaku. Orang terkadang menggunakan istilah “kesehatan mental” untuk menjelaskan tentang tidak adanya gangguan mental. Selain itu, faktor-faktor dalam kehidupan orang, koneksi interpersonal, dan faktor fisik semuanya dapat berkontribusi terhadap gangguan kesehatan mental.
Menjaga kesehatan mental dapat menjaga kemampuan seseorang untuk menikmati hidup. Untuk dapat melakukannya, maka Anda harus mencapai keseimbangan antara aktivitas kehidupan, tanggung jawab, dan upaya untuk mencapai ketahanan psikologis. Kondisi seperti stres, depresi, dan kecemasan semua dapat memengaruhi kesehatan mental dan mengganggu rutinitas seseorang.
Artikel ini diharapkan dapat membantu Anda mengenal lebih dalam tentang kesehatan mental dan penyakit mental. Selain itu, Anda juga akan mengetahui tentang jenis gangguan mental yang paling umum, termasuk tanda-tanda awal dan cara mengobatinya.

1. Apa itu kesehatan mental?
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan MentalSumber gambar: Lshtm.ac.uk


Menurut WHO, “Kesehatan mental adalah keadaan di mana seorang individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan normal kehidupan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.”
WHO menekankan bahwa kesehatan mental “lebih dari sekadar tidak adanya gangguan mental.” Puncak dari kesehatan mental adalah tentang tidak hanya menghindari kondisi aktif tetapi juga menjaga kesehatan dan kebahagiaan yang berkelanjutan.
Mereka juga menekankan bahwa menjaga dan memulihkan kesehatan mental sangat penting pada basis individu, serta di seluruh komunitas dan masyarakat yang berbeda di seluruh dunia.

2. Beberapa faktor yang berkontribsi terhadap gangguan kesehatan mental

Setiap orang memiliki risiko mengembangkan gangguan kesehatan mental, tidak peduli usia, jenis kelamin, pendapatan, atau etnis. Keadaan sosial dan keuangan, faktor biologis, dan pilihan gaya hidup semuanya dapat membentuk kesehatan mental seseorang.
Sebagian besar orang dengan gangguan kesehatan mental memiliki lebih dari satu kondisi pada suatu waktu. Penting untuk dicatat bahwa kesehatan mental yang baik tergantung pada keseimbangan faktor-faktor yang rumit dan bahwa beberapa elemen kehidupan dan dunia pada umumnya dapat bekerja sama untuk berkontribusi terhadap gangguan tersebut.
Faktor-faktor berikut dapat berkontribusi terhadap gangguan kesehatan mental.

- Tekanan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan MentalSumber gambar: Consumerafairs.com
Memiliki sarana keuangan yang terbatas atau menjadi kelompok etnis yang terpinggirkan atau dianiaya dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental.
Sebuah studi tahun 2015 terhadap 903 keluarga di Iran mengidentifikasi beberapa penyebab sosial ekonomi dari kondisi kesehatan mental, termasuk kemiskinan dan hidup di pinggiran kota besar.
Para peneliti juga menjelaskan perbedaan dalam ketersediaan dan kualitas perawatan kesehatan mental untuk kelompok tertentu dalam hal faktor yang dapat dimodifikasi, yang dapat berubah dari waktu ke waktu, dan faktor yang tidak dapat dimodifikasi, yang bersifat permanen.

Faktor-faktor yang dapat dimodifikasi untuk gangguan kesehatan mental meliputi:
-kondisi sosial ekonomi
-pekerjaan
-tingkat keterlibatan sosial seseorang
-pendidikan
-kualitas perumahan

Faktor yang tidak dapat dimodifikasi termasuk
-jenis kelamin
usia
-etnisitas

Studi ini mencantumkan gender sebagai faktor yang dapat dimodifikasi dan tidak dapat dimodifikasi. Para peneliti menemukan bahwa menjadi wanita meningkatkan risiko status kesehatan mental yang rendah sebesar 3,96 kali
Orang dengan “status ekonomi rendah” juga mendapat skor tertinggi untuk kondisi kesehatan mental dalam penelitian ini.


-Faktor biologis

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan MentalSumber gambar: Pictorem.com


NIMH menunjukkan bahwa riwayat keluarga genetik dapat meningkatkan kemungkinan kondisi kesehatan mental, karena gen dan varian gen tertentu menempatkan seseorang pada risiko yang lebih tinggi.
Namun, banyak faktor lain yang berkontribusi terhadap perkembangan gangguan ini.
Memiliki gen yang berhubungan dengan gangguan kesehatan mental, seperti depresi atau skizofrenia, tidak menjamin bahwa suatu kondisi akan berkembang. Demikian juga, orang tanpa gen terkait atau riwayat keluarga dengan penyakit mental masih dapat memiliki masalah kesehatan mental.
Kondisi kesehatan mental seperti stres, depresi, dan kecemasan dapat berkembang karena masalah kesehatan fisik yang mendasarinya, seperti kanker, diabetes, dan nyeri kronis.

3. Pengobatan
Ada berbagai metode untuk mengelola masalah kesehatan mental. Pengobatan ini bersifat individual, dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak bekerja untuk orang lain. Seseorang yang hidup dengan gangguan mental kronis dapat memilih berbagai opsi pada berbagai tahap dalam kehidupannya.
Selain itu, mereka perlu bekerja sama dengan dokter yang dapat membantu mereka mengidentifikasi kebutuhan mereka dan memberi mereka pengobatan yang sesuai.
Beberapa pengobatan dapat termasuk:

-Psikoterapi, atau terapi bicara
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan MentalSumber gambar: Luxuryrehab.com


Jenis pengobatan ini menggunakanl pendekatan psikologis untuk mengobati gangguan mental. Terapi perilaku kognitif, terapi paparan, dan terapi perilaku dialektik adalah contohnya. Psikiater, psikolog, psikoterapis, dan beberapa dokter perawatan primer melakukan jenis pengobatan ini.
Ini dapat membantu orang memahami akar penyakit mental mereka dan mulai bekerja pada pola pikir yang lebih sehat yang mendukung kehidupan sehari-hari dan mengurangi risiko isolasi dan melukai diri sendiri.

-Menggunakan obat
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan MentalSumber gambar: Healthcentral.com


Beberapa orang menggunakan obat yang diresepkan, seperti antidepresan, antipsikotik, dan obat ansiolitik. Meskipun ini tidak dapat menyembuhkan gangguan mental, beberapa obat dapat meningkatkan gejala dan membantu seseorang melanjutkan interaksi sosial dan rutinitas normal ketika mereka bekerja pada kesehatan mental mereka.
Beberapa obat-obatan ini bekerja dengan meningkatkan penyerapan zat-zat kimia yang membuat tubuh merasa nyaman, seperti serotonin, dari otak.

-Melakukan self-help
Mengenal Lebih Dalam Tentang Kesehatan MentalSumber gambar: Anad.org


Seseorang yang gangguan mental biasanya perlu mengubah gaya hidup mereka untuk mengatasinya. Perubahan seperti itu mungkin termasuk mengurangi asupan alkohol, lebih banyak tidur, dan makan makanan bergizi seimbang. Orang mungkin perlu rehat sejenak dari pekerjaan atau menyelesaikan masalah dengan hubungan pribadi yang dapat menyebabkan kerusakan pada kesehatan mental mereka.
Orang dengan kondisi seperti kecemasan atau gangguan depresi dapat mengambil manfaat dari teknik relaksasi, yang meliputi pernapasan, meditasi, dan perhatian.
Memiliki jaringan yang mendukung mereka, baik melalui kelompok swadaya atau teman dekat dan keluarga, juga penting untuk pemulihan dari penyakit mental.


SUMUR

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 14 lainnya memberi reputasi
Siiip Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bimahanif27 dan 2 lainnya memberi reputasi
nice infoo, gaann
profile-picture
bimahanif27 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di