CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenhub Siapkan Surat Edaran Atur Transportasi Mudik Darurat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eabd6df2525c324a35b7ba5/kemenhub-siapkan-surat-edaran-atur-transportasi-mudik-darurat

Kemenhub Siapkan Surat Edaran Atur Transportasi Mudik Darurat

Kemenhub Siapkan Surat Edaran Atur Transportasi Mudik Darurat

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan pihak Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Laut, Udara, dan Perkeretaapian saat ini tengah menyusun Surat Edaran dalam mendukung kebijakan larangan mudik selama masa pandemi virus corona.

Surat edaran tersebut merupakan aturan turunan dari Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Mudik tetap dilarang, tidak ada perubahan atas hal itu,” ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (1/5).
Ia menjelaskan surat edaran itu nantinya akan mengatur penyediaan transportasi terbatas baik darat, laut, udara, dan kereta api bagi masyarakat yang ingin mudik karena kondisi darurat atau mendesak.

Penyediaan transportasi tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan tata cara physical distancing yang diatur dalam Permenhub Nomor 18 Tahun 2020.
Ini merupakan tindak lanjut usulan Kemenko Perekonomian untuk mengakomodir masyarakat yang pulang kampung dengan kebutuhan penting dan mendesak. Penyediaan transportasi penumpang tetap dilakukan secara terbatas dengan syarat tetap memenuhi protokol kesehatan.

“Kemenhub juga tengah mengkoordinasikan teknis pelaksanaan pemeriksaan calon penumpang dengan kriteria kebutuhan penting dan mendesak dengan pihak terkait seperti Kementerian Kesehatan dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” terangnya.

Dia menambahkan, sebelum surat edaran tersebut terbit, maka aturan larangan penggunaan sarana transportasi saat ini masih berlaku. Aturan itu meliputi larangan mengangkut penumpang keluar dan masuk wilayah PSBB dan zona merah bagi semua moda transportasi. Sedangkan transportasi untuk logistik dan angkutan barang tetap berjalan seperti biasa.

Sebelumnya pemerintah memberi kelonggaran di balik ketegasan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona. Kelonggaran dimaksud, yakni masyarakat yang punya keadaan atau kebutuhan darurat bisa mudik dengan meminta surat keterangan atau izin dari dinas perhubungan, kepolisian, atau Gugus Tugas Covid-19.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Istiono mencontohkan sejumlah alasan darurat yang diizinkan bagi masyarakat bisa mudik.

“Keluarganya sakit, meninggal, tapi tunjukkan surat, enggak masalah [untuk mudik]. Cukup foto aja, [sebagai bukti] bener enggak keluarganya sakit,” kata dia melalui keterangan di laman Divisi Humas Polri, Rabu (29/4). 



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05...mudik-darurat/

Ini bukannya malah membuat aturan yang melegalkan mudik ditengah aturan yang melarang mudik.
Gimana menurut Agan...? 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 17 lainnya memberi reputasi
ini tanda tanda kebingungan..tidak tahu apa yang harus dilakukan..semua serba tanggung..aturan masih tanggung langsung diimplementasikan..begitu kenyataan berbeda sedikit saja dari aturan bingung sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cukup foto aja, [sebagai bukti] bener enggak keluarganya sakit,

Di tempat saya, sering di perempatan ada orang2 minta sumbangan buat pengobatan dengan bawa2 foto orang yg terbaring dengan balutan perban, iinfus dll. Ngga tahu bener atau ngga.
profile-picture
Tiebo memberi reputasi
Kalo ane setuju sih mudik bagi yg darurat diperbolehkan. Cuma ya itu, kudu lebih tegas prosedurnya. Jangan cuma akal2an aja alesannya.
profile-picture
Tiebo memberi reputasi
kebanyakan cincong
maren mudik dilarang
trs makruh,mubah,halal.emoticon-Bola
profile-picture
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan 2 lainnya memberi reputasi
Plin plan nih emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan Tiebo memberi reputasi
nunjukin foto jokowi cukup?!
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
jadi mudik dilarang, tapi boleh kalo kondisi darurat dan mendesak . kondisi darurat dan mendesaknya itu apa hanya kalo ada anggota keluarga yg sakit dan meninggal ? kalo yg di phk dan nganggur boleh mudik gk . soalnya kemaren ada di salah 1 grup fb yg janjian jalan mudik bareng sampe diskusiin gimana caranya biar gak ketahuan mudik sama petugas . dan mereka2 itu yg dirumahkan dari kerjaannya dan gak bisa nyari makan akhirnya milih mudik .
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
dilarang mudik tapi akan dibuat aturan turunan diperbolehkan mudik dengan alasan ada kondisi darurat, piye jal
kalau misal hal ini terjadii kita semua harus hatii hatii terhadap penumpang,berharap untuk ketatkan pengamanan setiap penumpang harus betul betul dicek takutnya malah ada yang membawa wabah covid19 malah memperpanjanh kasus lagii..
betul betul pihak keamanan harus teliti ngecek setiap penumpang,jangan sampai terlena bisa bahayaa..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di