CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Risma Terang2an Bongkar Kebohongan Kasus Corona di Pabrik Rokok Sampoerna Surabaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eabd44d2525c31d4f1fbfd1/risma-terang2an-bongkar-kebohongan-kasus-corona-di-pabrik-rokok-sampoerna-surabaya

Risma Terang2an Bongkar Kebohongan Kasus Corona di Pabrik Rokok Sampoerna Surabaya

TRIBUNKALTIM.CO - Walikota Tri Rismaharini alias Risma akhirnya terang-terangan bongkar kebohongan kasus Virus Corona covid-19 di pabrik rokok Sampoerna Surabaya.

Di tengah PSBB Surabaya dan sekitarnya, masyarakat dihebohkan dengan kasus Virus Corona yang menimpa karyawan pabrik rokok Sampoerna.

Berawal dari dua karyawan pabrik rokok Sampoerna di Rungkut Surabaya yang meninggal dunia setelah dinyatakan positif covid-19.

Sebelumnya, dua orang karyawan pabrik rokok Sampoerna itu berstatus pasien dalam pengawasan ( PDP ) namun tetap bekerja pada saat harus menjalani isolasi.

Hal ini lantas menggegerkan banyak pihak, hingga membuat Walikota Tri Rismaharini alias Risma turun tangan.

Bahkan Risma berani terang-terangan bongkar kebohongan yang terjadi terkait kasus Virus Corona di pabrik rokok Sampoerna Surabaya.

Menurut Risma, kasus covid-19 itu bukanlah merupakan klaster baru.

"Sebetulnya dia ( pasien ) bukan klaster baru," kata Risma, Kamis (30/4/2020) mengutip Tribun Jatim.

Walikota Risma mengungkapkan, kasus di pabrik rokok Sampoerna memang bermula dari kebohongan pasien.

Menurut Risma, ada pasien tak jujur dan memilih tetap bekerja padahal seharusnya dia harus menjalani Karantina.

Menurut Risma di data Pemkot Surabaya pasien tersebut awalnya sudah dinyatakan PDP.

"Jadi yang diawal itu, waktu itu kan Puskesmas nangani sendiri jadi pengawasannya kurang, dia tetap kerja, sebetulnya dia sudah PDP," ungkapnya.

Upaya tracing digencarkan serta rappid test dan swab test Virus Corona terus dilakukan.

Hal itu agar segera memastikan tak ada rantai persebaran covid-19.

Saat ini karantina masih dilakukan di salah satu hotel setelah melakukan rappid test.

"Makanya dimasukkan hotel dan semua biaya ditanggung Sampoerna," ungkap Risma.

2 karyawan Meninggal

Dua orang karyawan di pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya positif terinfeksi covid-19 dan meninggal dunia.

"Ada dua orang, dan dua-duanya meninggal dunia.

Di kompleks tersebut kini sedang dilakukan tracing dan kini ada sembilan yang dinyatakan PDP karena terdapat gejala klinis,” kata Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi.

Temuan dua pekerja di pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya meninggal dunia membuat Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Jawa Timur secara bertahap melakukan rapid test pada para pegawainya.

Sekira 163 orang pegawai pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya menjalani tes swab pengambilan spesimen untuk diuji dalam PCR.

Tes Swab di RSUD Dr Soetomo Surabaya

RSUD dr Soetomo Surabaya terus melakukan tes swab PCR secara bertahap terhadap karyawan pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya.

Humas RSUD dr Soetomo Surabaya Dr Pesta Parulian mengatakan, tes akan dibagi menjadi beberapa tahap.

"Ini dimaksudkan untuk bisa menjaga jarak karena kami juga melakukan screening kepada pasien umum yang lain," kata dia saat dihubungi, Kamis (30/4/2020).

Namun saat ditanya, berapa jumlah yang akan menjalani tes swab PCR pada esok hari, Pesta belum bisa menjelaskan lebih rinci.

"Belum tahu yang pasti sekarang sudah 40 lebih," ucap dia.

Humas RSUD dr Soetomo Surabaya Dr Pesta Parulian mengatakan, saat ini ada 40 karyawan yang sedang melakukan test Swab PCR.

Sementara saat ditanya lebih detail hasil tersebut, Pesta enggan menjelaskan lebih detail.

Dokter Pesta pun tak bisa menjelaskan mengenai riwayat bisa terjadinya penularan Virus Corona terhadap ratusan karyawan di perusahaan tersebut.

"Gak ngerti saya tanyakan Sampoerna saja," ujarnya.

imbuhnya, "Tugas kami yang rapid dari Sampoena itu diarahkan ke Soetomo untuk diswab lah bagaimana kenanya tanyakan ke Sampoerna."

500 Orang Diliburkan

Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi mengatakan bahwa pihaknya sudah bertemu dan berkoordinasi dengan GM dari pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya dan mengkomunikasikan hal-hal yang harus dilakukan terkait adanya potensi klaster baru ini.

“Memang ada yang positif covid-19, yaitu pegawai dari pabrik tersebut. Ada dua orang, dan dua-duanya meninggal dunia. Di kompleks tersebut kini sedang dilakukan tracing dan kini ada sembilan yang dinyatakan PDP karena terdapat gejala klinis,” beber Joni.

Joni menambahkan bahwa 500 karyawan pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya kini sudah diliburkan.

“Langkah-langkah sudah diambil oleh tim tracing dan dinkes bahwa yang satu komplek pabrik itu ada sebanyak 500 karyawan kini sudah diliburkan. Yang dekat dengan yang positif dan meninggal dunia tersebut juga besok dilakukan diagnostik pasti dengan PCR,” ucapnya.

Selain itu, akibat temuan ini, pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya berpotensi menjadi klaster baru penularan Virus Corona ( covid-19 ) di Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur.

Untuk itu, pabrik tersebut kini sudah diminta untuk tidak beroperasi sementara.

Data Karyawan pabrik rokok Sampoerna Rungkut Surabaya Diserahkan

PT HM Sampoerna Tbk ( Sampoerna ) menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik Rungkut 2 sejak 27 April 2020 menyusul 100 karyawannya dinyatakan reaktif dalam rapid test.

Hal ini disampaikan Elvira Lianita Direktur PT HM Sampoerna Tbk dalam rilis yang diterima redaksi TribunJatim.com, Kamis (30/4/2020).

Dalam siaran pers itu, Elvira Lianita menyampaikan, PT HM Sampoerna Tbk bekerja sama penuh dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Surabaya dan Jawa Timur.

"Kami juga telah menyerahkan data dan informasi terkait karyawan kami kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Surabaya dan Jawa Timur.

Dengan memegang prinsip perlindungan data pribadi atas karyawan kami yang terdampak, maka kami tidak memberikan data dan informasi kepada pihak lain selain pihak yang berwenang," tulis Elvira Lianita.


https://kaltim.tribunnews.com/2020/0...oerna-surabaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tropi dan 55 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Goro goro kadrun sitok sak pabrik prei, nek pabrik rugi demo buruh. Taqiya gess
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
semoga cepat diungkap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
katanya terang terangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kureno23q
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
"Sebelumnya, dua orang karyawan pabrik rokok Sampoerna itu berstatus pasien dalam pengawasan ( PDP ) namun tetap bekerja pada saat harus menjalani isolasi."


pengawasnya harus bertanggung jawab

nakal jg pasiennya, di perusahaan ga ada alat pendeteksi suhu tubuh

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
makin banyak pasien berbohong... pokoknya bakal rata kena semua deh


dunia ini gak akan pernah sama lagi seperti masa sebelum covid eksis, yakin ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 15 lainnya memberi reputasi
Ada pdp kabur
Ada pdp jalan2
Ada pdp jadi imam shalat
Sekarang pdp malah ngepabrik

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
efek kejoet

Risma Terang2an Bongkar Kebohongan Kasus Corona di Pabrik Rokok Sampoerna Surabaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
makanya data di update
jangan disembunyikan

nama, alamat, alamat kantor, dll

cuma mengandalkan kejujuran pasien ya susah.

mesti mengandalkan kekhawatiran tetangga dan rekan kerja sekitar.

pasti ada yg ngelapor kalo itu pasien kemana mana.

jadi keterbukaan data sangat penting jgn ditutup tutupi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Quote:


Risma Terang2an Bongkar Kebohongan Kasus Corona di Pabrik Rokok Sampoerna Surabaya

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PROSAV dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
pasrah aja udah.. bilang aja indonesia udah 0 virus, kyk wuhan ..ini udah susah dapet duit korona tetep jalar kemana2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
Mati ngajak ngajak inimah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pake acara gak jujur segala, adeeeh emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Mudah2an ga banyak yg tertular
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
Kalo kena seluruh buruh pabrik mampus dah bisa kurang produksi rokok Risma Terang2an Bongkar Kebohongan Kasus Corona di Pabrik Rokok Sampoerna Surabaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Ayo cek, kotak rokonya?

kemasukan Corona ga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kuduna kalo pasien + diberi tunjangan buat keluarga, jadi dia gak nekat tetap berkerja menulari ribuan lainnya.....

apa daya tak sanggup memberi tunjangan , jadi drpd kelaparan yah tetap berkeja.


+- begitu yah gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
apaan lage seh cari panggung jg?? noh berantakan psbb nya??? berak!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
MARI CUCI TANGANemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Datangkan lagii cina ke indo biar gak selaesai2 ini corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di