CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenhub Bolehkan Masyarakat Mudik Lebaran Kalau Mendesak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eabae5628c99176592198b6/kemenhub-bolehkan-masyarakat-mudik-lebaran-kalau-mendesak

Kemenhub Bolehkan Masyarakat Mudik Lebaran Kalau Mendesak

Kemenhub Bolehkan Masyarakat Mudik Lebaran Kalau Mendesak

Kemenhub Bolehkan Masyarakat Mudik Lebaran Kalau Mendesak


Suara.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyusun aturan terkait dibolehkannya masyarakat berkebutuhan mendesak untuk mudik, meski pelarangan sedang berlangsung.

Aturan tersebut nanti merupakan turunan dari Permenhub No 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Penyusunan aturan itu juga mempertimbangkan usulan dari Kemenko Perekonomian untuk mengakomodir kebutuhan yang penting dan mendesak bagi masyarakat agar perekonomian tetap dapat berjalan dengan baik dengan menyediakan transportasi penumpang secara terbatas, dengan syarat tetap memenuhi protokol kesehatan.

"Yang tengah kami lakukan adalah menyusun Surat Edaran dari Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian sebagai aturan turunan dari Permenhub 25/2020," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangannya, Jumat (1/5/2020).

Adita melanjutkan, surat Edaran Dirjen nantinya akan mengatur kegiatan penyediaan transportasi (darat, laut, udara dan kereta api) untuk bepergian masyarakat dengan kebutuhan yang penting dan mendesak, yang harus dilaksanakan sesuai dengan tata cara physical distancing yang telah diatur dalam Permenhub 18/2020.

"Kemenhub juga tengah mengkoordinasikan teknis pelaksanaan pemeriksaan calon penumpang dengan kriteria kebutuhan penting dan mendesak dengan pihak terkait seperti Kementerian Kesehatan dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebagai pihak yang berwenang terhadap protokol kesehatan," imbuhnya.

Kendati demikian, tegas Adita, sebelum Surat Edaran tersebut diterbitkan, saat ini aturan yang berlaku terkait larangan penggunaan sarana transportasi masih seperti yang berlangsung saat ini yaitu larangan mengangkut penumpang keluar dan masuk wilayah PSBB di semua moda transportasi.


"Sedangkan transportasi untuk logistik dan angkutan barang tetap berjalan seperti biasa," pungkas Adita.

+++++++

Kok ada kata Kalau Mendesak? Kan mudik itu sudah jadi tradisi.
Seharusnya jangan ada larangan untuk mudik, yang penting ada imbauan bahwa pemudik bisa terpapar corona dan menularkan ke kelurga yang dikampung. Urusan mati belakanganemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andika.1stravel
Halaman 1 dari 3
Semakin banyak yang mudik ekonomi berkelanjutanemoticon-Belgia
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
keduaxx dulu deh sambil nyimak
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
apa ini?

kemenhub ini buta atau gimana?
dah buanyak yang mudik begini kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan 2 lainnya memberi reputasi
Selalu terulang lagi dan lagi
Kebijakan yg satu dan yg lain bertentangan
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan alisson.13 memberi reputasi
parah ini
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
Harusnya kmrn coma aja si budi... 🤬🤬🤬
profile-picture
profile-picture
zeinitarsa dan id.ri.rio memberi reputasi
loophole
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi

Revisi teroos, ujung2nya aturan larangan nya sampe gak ada lagi..

emoticon-Hammer (S)
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
Plin plan Kemenhub Bolehkan Masyarakat Mudik Lebaran Kalau Mendesak
profile-picture
profile-picture
littlevan dan id.ri.rio memberi reputasi
Mendesak?
Ane pulang ke kampung ngurusin utang piutang dibilang mudik gak?
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
gak salah kan kalau gw bilang planga plongo ?? emoticon-Malu (S) emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
littlevan dan 6 lainnya memberi reputasi
Ilate molak malik
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
Nanti kalau kena razia mudik tinggal bilang aja ada kebutuhan mendesak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah pelajaran bahasa indonesia akan ramai lagi. Kali ini mengenai arti kata mendesak, darurat. Siapkan kbbi dan siap2 edit wiki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kelayan
Lihat 2 balasan
Rezim ketegasan tanpa ragu emoticon-Wakaka
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mendesak itu kaya apa contohnya ?
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan andika.1stravel memberi reputasi
Lihat 3 balasan
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan andika.1stravel memberi reputasi
Ga usah bikin aturan dilarang dari awal kalo endingnya ruwet kek jembud....
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
makanya..
saban pemerintah ngeluarin statement..
jgn pnh dianggap serius..

y gini..
rubah teross..

emoticon-Wakaka
profile-picture
id.ri.rio memberi reputasi
Nanti pemerintah dibilang gak ada upaya pencegahanemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan andika.1stravel memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di