CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Masa Pandemi Saatnya Memanfaatkan Belajar Online Sebaik Mungkin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eabad9be83c720c0b73d190/masa-pandemi-saatnya-memanfaatkan-belajar-online-sebaik-mungkin

Masa Pandemi Saatnya Memanfaatkan Belajar Online Sebaik Mungkin


Masa Pandemi Saatnya Memanfaatkan Belajar Online Sebaik Mungkin



Indonesia, bahkan hampir seluruh negara di dunia tengah dilanda pandemi covid-19. Selama kurang lebih dua bulan terakhir ini, kegiatan tidak berjalan seperti biasanya. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun institusi pendidikan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya anjuran untuk menjaga jarak antar orang, guna meminimalisir penularan covid-19.


Menghadapi hal ini, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. Dan terus menginginkan supaya masyarakat tetap produktif di tengah masa pandemi ini. Terutama bagi mereka yang masih mengenyam pendidikan, yaitu dengan mengadakan belajar secara online.


Lebih Banyak yang Membuka Kelas Online
Semenjak pandemi, banyak pembelajaran online yang dibuka oleh para ahli. Seperti belajar digital marketing, belajar mengenai penulisan website, dan lainnya. Semua ini dapat diakses secara gratis dan oleh siapa saja. Hanya bermodalkan gadget dan internet, serta kesungguhan untuk memahami materi.

Dengan adanya kelas online ini, baiknya kamu memanfaatkan dengan mengikutinya. Tidak peduli jika saat ini kamu belum membutuhkan, namun suatu saat nanti mungkin kamu akan membutuhkannya. Tapi tentunya, setiap ilmu pasti akan tetap berguna.


Lebih Percaya Diri
Jika biasanya di sekolah kamu malu – malu untuk bertanya, maka kesempatanmu untuk bertanya dan unggul di suatu pelajaran dapat kamu luapkan ketika belajar online. Mungkin ketika di kelas, untuk menjawab pertanyaan saja kamu malu – malu. Kini, kamu dapat melakukannya tanpa malu, karena kamu tidak bertatap muka langsung dengan seluruh orang.


Bahkan, jika belajar online dilakukan satu per satu dengan satu guru, kamu bisa lebih leluasa bertanya. Tidak akan ada yang akan mengejekmu karena tidak mengerti suatu pelajaran.


Lebih Bertanggung Jawab
Memanfaatkan belajar secara online memang baik. Namun yang perlu diingat adalah rasa tanggung jawab diri sendiri. Hal ini dikarenakan belajar online dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, kamu pun harus memiliki planning supaya deadline materi dapat kamu selesaikan tepat waktu. Ilmu didapat, deadline  pun dapat kamu selesaikan tepat pada waktunya.


Lebih Efisien
Inti utama dari belajar adalah mendapatkan ilmu. Dengan adanya kelas online, kamu harus memanfaatkan semaksimal mungkin supaya mendapatkan ilmu dari pembelajaran tersebut. Dengan adanya belajar online, kamu dapat menghemat uang transportasi karena tidak perlu datang ke sekolah dan dapat diakses di rumah. Kamu pun dapat menghemat biaya kertas, karena tidak banyak membutuhkan buku cetak untuk dapat belajar secara online.


Karena lebih efisien, sebaiknya belajar online ini kamu manfaatkan di tengah pandemi covid-19 yang melanda dunia saat ini. Sehingga, ketika kondisi sudah normal nanti, kamu tidak merasa kosong karena tidak belajar apapun.


Mengisi Waktu dengan Menambah Ilmu
Di tengah pandemi ini, adanya kelas online dapat membantumu mengisi waktu luang selain pelajaran di sekolah. Sehingga, kamu bisa lebih produktif. Begitu juga dengan kamu yang sudah bekerja, terpaksa melakukan work from home atau dirumahkan sementara, dapat mencari kelas online untuk belajar. Banyak pilihan kelas online yang dapat kamu pelajari.Bahkan, tak sedikit juga yang disediakan secara gratis.


Masa pandemi ini merupakan cobaan bagi kita semua. Tidak perlu meratapi dan menangisi keadaan yang tidak akan merubah apa pun dengan hanya menangisinya. Lebih baik, tanamkan pada diri niat dan kesungguhan untuk mengembangkan diri dengan belajar online, dengan mengikuti kelas – kelas online yang tersedia di internet. Dengan begitu, kamu dapat tetap produktif dan tidak banyak mengeluh.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di