CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Virus Corona Menyebar, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mencegah Terjangkit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eab88a88d9b174a3f28d491/virus-corona-menyebar-lakukan-5-langkah-ini-untuk-mencegah-terjangkit

Virus Corona Menyebar, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mencegah Terjangkit

Virus Corona Menyebar, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mencegah Terjangkit
RubrikPena.com - Covid-19 atau virus corona adalah virus yang tengah menjadi perbincangan panas di berbagai belahan dunia, begitu pun di Indonesia. Pasalnya virus yang bermula dari Wuhan, China ini telah menyebar ke berbagai negara. 

Akhirnya, dibanyak negara aktivitas keseharian warganya mulai dibatasi, atau bahkan dihentikan sementara.

Virus ini benar-benar membuat heboh dunia, penerbangan dibatasi, aktivitas yang akan menghadirkan banyak orang dibatasi, aktivitas ekonomi dan pendidikan dibatasi, dan berbagai aktivitas lain pun menjadi terbatas, tapi hal ini tidak lain untuk mencegah penyebaran virus ini menyebar lebih luas.

Di Indonesia sendiri orang yang terjangkit virus corona ini semakin hari semakin menunjukan peningkatan. Tentu kita senantiasa berdoa untuk selalu dapat terlindung dari berbagai virus dan wabah penyakit. 

Tapi, kita juga perlu melakukan langkah-langkah pencegahan agar mampu meminimalisir terjangkit virus corona.

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus corona ini? Simak Yuk!

1. Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun
Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir adalah salah satu langkah mudah namun efektif untuk mencegah diri sendiri dari terjangkit virus corona. Karena dalam beraktivitas keseharian tangan ini memiliki banyak peran, terlebih jika kita beraktivitas pada fasilitas umum yang akan memaksa kita memegang benda-benda yang juga dipegang oleh orang lain. 

Tapi dengan kita rajin mencuci tangan, paling tidak berbagai bakteri, virus dan hal lainnya yang menempel pada tangan akan hilang dan bersih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer sebagai salah satu cara menjaga kebersihan tangan dari berbagai bakteri dan kuman.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Olahraga dan makan makanan yang bergizi adalah salah satu bagian penting dalam pencegahan virus corona, hal ini akan membantu menjadikan badan kita tetap sehat dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. 

Jika tubuh sehat dan daya tahan tubuh kuat maka virus dan penyakit pun akan menjauh. Jadi pastikan tubuh kamu tetap sehat dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

3. Menggunakan Masker Bila Sakit
Menggunakan masker disaat sakit adalah salah satu langkah pencegahan penularan virus, baik itu virus yang menyebabkan flu atau virus corona sendiri. Menggunakan masker tentu akan meminimalisir penularan virus dari penyakit yang tengah di derita, agar kemudian tidak banyak orang yang akan tertular. 

Pencegahan bisa dimulai dari kesadaran diri masing-masing, dan penggunaan masker disaat sakit atau menutup mulut dikala bersin adalah salah satu tindakan positif yang akan menyelamatkan banyak orang. Masih dalam bentuk pencegahan, kita juga jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter dikala sakit.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Selain menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan dan menjaga kebugaran tubuh, yang perlu dijaga selanjutnya adalah menjaga kebersihan lingkungan baik itu dalam maupun di luar rumah.

Menjaga kebersihan ini salah satu aspek yang sangat penting, tidak hanya untuk menjaga dari terjangkit virus corona, tapi jika lingkungan bersih akan mencegah dari berbagai penyakit lainnya. 

5. Sementara Membatasi Diri Beraktivitas di Tempat Ramai
Penyebaran virus corona ini bisa terjadi dengan kontak antar manusia, dan ini sangat dimungkinkan terjadi jika kita berada di tempat-tempat umum dan banyak orang. 

Karena kadang kita tidak bisa menghindari terjadinya kontak fisik, memegang benda yang dipegang oleh orang lain dan berbagai aktivitas lain yang memaksa untuk berinteraksi dan kontak langsung dengan sesama yang kita tidak pernah tahu dia itu sehat atau tidak.

Maka sebaiknya, untuk sementara menjaga diri untuk beraktivitas di tempat-tempat ramai adalah hal yang bisa dilakukan, Ya kecuali memang kegiatan itu benar-benar urgent. Tapi kembali lagi, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.      

Terakhir, Jangan Lupakan Berdo'a
Hal sangat penting yang tak boleh dilewatkan adalah berdoa. Keyakinan kita akan eksistensi Tuhan akan mengantarkan kepercayaan kepada kita bahwa apa yang tejadi di dunia itu adalah kehendak Allah, terlepas dari isu ulah manusia di negara A atau negara C, yang perlu kita sadari adalah semuanya atas kehendak Tuhan. 

Maka satu langkah penting yang tak boleh terlewatkan untuk menangkal dari terinfeksi virus corona ini adalah berdoa kepada-Nya, agar Ia menyelamatkan seluruh penduduk negeri ini, dan penduduk dunia umumnya dari berbagai virus dan wabah penyakit.

Berikut adalah doa yang diajarkan Nabi kepada kita agar terhindar dari berbagai penyakit seperti virus coroana.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan,

اللهُم إِني أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَييءِ الأسْقَامِ

“ALLOOHUMMA INNII ‘AUUDZU BIKA MINAL BAROSHI WAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WA SAYYI-IL ASQOOM"

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya).” (HR. Abu Daud, no. 1554)

Sempatkan membaca doa ini di waktu-waktu mustajab doa, agar kita semua terhindar dari berbagai penyakit yang akan membahayakan kita secara pribadi, keluarga, dan bangsa.

Virus corona ini Allah yang ciptakan, dan yakinlah Allah pula yang menghilangkan. Satu lagi, di setiap kejadian pasti akan terdapat hikmah yang besar bagi umat yang mau untuk mengambil pelajaran.

Semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang akan mendapatkan pelajaran dari setiap kejadian, termasuk dari mewabahnya virus corona di seluruh penjuru negeri saat ini.

Artikel ini telah terbit pada laman www.rubrikpena.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rubrikpena
Semoga cepat ada obatnya.. amien
profile-picture
rubrikpena memberi reputasi
AAMIIN...🙏🙏🙏
profile-picture
rubrikpena memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di