CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Selama Pandemi Virus Corona, Tunjangan ASN DKI Dipotong 50 Persen
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eab72e34601cf5a8f2d0fd4/selama-pandemi-virus-corona-tunjangan-asn-dki-dipotong-50-persen

Selama Pandemi Virus Corona, Tunjangan ASN DKI Dipotong 50 Persen

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir, mengatakan pemerintah akan memotong 50 persen tunjangan penghasilan pegawai (TPP) aparatur sipil negara atau ASN DKI, untuk semua golongan. Pemotongan dilakukan untuk penyesuaian kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah selama pandemi virus corona.

Penyesuaian dalam konteks Covid-19. Jadi penyesuaian kemampuan APBD," kata Chaidir saat dihubungi, Rabu, 30 April 2020.

Ia menuturkan saat ini kontraksi ekonomi Indonesia mencapai 53 persen dan dirasakan oleh semua lini. Kontraksi itu yang menyebabkan pemerintah mesti menyesuaikan tunjangan kinerja daerah dan TPP.

Ia mencontohkan ASN eselon dua yang biasa menerima TPP Rp 58 juta per bulan, mulai Mei 2020 bakal mendapatkan separuhnya karena ada penyesuaian ini. Penyesuaian, kata dia, mulai dilakukan pada April ini dan mulai dirasakan pemotongan pada bulan depan.

Menurut dia, pemotongan tunjangan sudah sesuai dengan surat keputusan bersama Menteri Keuangan. Dalam surat keputusan bersama itu pemerintah daerah diminta untuk menyesuaikan tunjangan kinerja daerah. "Semua ASN menerima. Karena ini berlaku nasional."

Selain itu, dalam undang-undang juga mengamanatkan kalau negara sedang dalam bencana baik alam maupun wabah, maka ASN harus bersedia menerima penyesuaian tersebut. "Sebab, keadaannya seperti ini. Penyesuaian bakal tilakukan sampai masalah Covid-19 ini tuntas dan ekonomi stabil kembali."

Sementara untuk tunjangan hari raya akan mengikuti peraturan pemerintah pusat. THR bakal diberikan untuk pejabat eselon tiga sebesar gaji dan tunjangan yang melekat. "THR tidak ada kaitannya dengan TPP atau TKD."

https://metro.tempo.co/read/1337207/...n/full?view=ok

Utk membantu yg lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 23 lainnya memberi reputasi
Ya haruslah, gaji 1 juta tapi tunjangan 100 juta, dan masih merasa kurang.
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan apollion memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Owh, jadi dari sini sumber usulan dari ganjaremoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Klo dki mah emg udh over itu tunjangan kinerjanya. Dipotong 50% juga masih no problem sih harusnya. Masih bisa dp 10 jutaan/bln buat pegawai baru gol 3. Asal g ambil kreditan yg gila2an sih harusnya aman.
profile-picture
apollion memberi reputasi
Selama masa darurat, ASN harusnya jadi lapis ke 2.

Jadi rakyat ga rugi.
profile-picture
apollion memberi reputasi
Baguss, biar sama ngerasain derita rakyat wahai abdi rakyat
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan apollion memberi reputasi
Tadi baca berita ganjar minta gaji pns dipotong 50% ternyata jakarta udah duluan atas saran menkeu
Jateng udah dipotong juga belum ya?
profile-picture
the.commandos memberi reputasi
nice info, gaberner ya anies
profile-picture
liee memberi reputasi
Wan abud for 2024


emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan Zedcool memberi reputasi
oh... jadi begitu..m
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
gaji sih sama aja.... tunjangannya itu yg bikin beda
Masih dapet tunjangan separo ya masih banyak bener lah
Mana kerjanya uda minim banget lg kan skg
Ane nyimeng aje
profile-picture
dieq41c memberi reputasi
bukti negara lagi kere
profile-picture
dieq41c memberi reputasi
Bagus nih. Biar ASN gak terkesan dilindungi pemerintah dan gak kena dampak besar
Selama Pandemi Virus Corona, Tunjangan ASN DKI Dipotong 50 Persen


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di