CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Peristiwa peristiwa menakjubkan dilangit kala PSBB
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eab5949a2d19579c111d062/peristiwa-peristiwa-menakjubkan-dilangit-kala-psbb

Peristiwa peristiwa menakjubkan dilangit kala PSBB

     Kabar yang sangat menarik dilaporkan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Komunitas Astronomi, Langit Selatan membagikan beberapa fenomena langit yang dapat disaksikan di sepanjang bulan Mei. 
     Kabar ini tentu saja terdengar menghibur di kala suasana yang begitu mencekam, kita dapat menikmati keindahan langit malam sebagai hiburan gratis, itu dengan syarat jika langit cerah loh...
Kira kira peristiwa apa saja yang akan terjadi di langit pada bulan Mei ini?

1. Konjungsi Superior Merkurius, 5 Mei

Spoiler for merkurius:




     Merkurius akan berpapasan dekat dengan matahari di langit. Hal yang akan membuat planet menghilang dan tidak akan tampak dari pengamatan di Bumi. Dikatakan oleh situs langit selatan: Pada saat konjungsi superior letak matahari berada di antara Merkurius dan Bumi. Peristiwa konjungsi superior Merkurius pada 5 Mei menandai akhir kenampakan planet ini di kala fajar, dan mulai bertransisi untuk hadir kala senja dalam beberapa minggu lagi.

2. Hujan Meteor Eta Aquariid, 5 Mei


Spoiler for hujan meteor:




     Peristiwa ini dimulai pada tanggal 19 April - 28 Mei, hujan meteor ini berasal dari sisa komet Halley, yang akan mencapai puncak pada tanggal 5 Mei. Hujan meteor tersebut tampak datang dari rasi Aquarius dan dapat diamati setelah lewat tengah malam sampai menjelang fajar, sekitar pukul 01.26 WIB.

     Namun LAPAN mengatakan bulan purnama akan mengganggu penglihatan ke meteor. Sebagian aktivitas akan terlihat di belahan bumi selatan. Sedangkan di belahan bumi utara, dapat mencapai sekitar 30 meteor per jam.


3. Supermoon, 7 Mei
Spoiler for moon:


     Pada peristiwa ini, bulan akan terletak di belakang Bumi bila dilihat dari Matahari dan permukaannya akan sepenuhnya diterangi cahaya matahari. Fase ini akan terjadi pada pukul 17:45 WIB. Fenomena ini akan menjadi yang terakhir dari empat supermoon pada 2020. Bulan akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi, dan mungkin terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

4. Asteroid 388945 (2008 TZ3), 10 Mei


Spoiler for 2008 Zt3:



     Lapan mengatakan pada 10 Mei, Asteroid 388945 (2008 TZ3) berdiameter 350 meter akan mendekati Bumi. Asteroid akan melintas dengan jarak minimum 7,3 kali jarak Bumi - Matahari (2,8 Juta KM). Lapan mengatakan Asteroid tersebut hanya dapat diamati melalui teleskop besar.

     Pada 10 Mei 2020, Asteroid akan berada di sekitar rasi Vela (sebelah barat rasi layang layang). Diperlukan teleskop yang memiliki diameter lebih dari 20 centimeter.


     Ini adalah beberapa info yang akan terjadi pada langit di bulan Mei, semoga bermanfaat dan kita bisa turut menyaksikan kejadian langka ini, emoticon-Toast


profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 227 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


Indah gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ach.titan dan 45 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Nice Info, semoga langit mendengar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
yang mau nonton hujan meteor,jangan lupa pake payung atau jas hujan emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 38 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Keren gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
indah sihhh asal jangan jatuh ke bumi 😴😴😴
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ngeri2 sedap emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 30 lainnya memberi reputasi
Semua terlihat cerah an indah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 33 lainnya memberi reputasi
mantap gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 33 lainnya memberi reputasi
ayoloh, kapan lagi liat fenomena alam beruntun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 32 lainnya memberi reputasi
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 31 lainnya memberi reputasi
Hujan meteornya udah terjadi blom ?

Mau mengajukan permohonan soalnya. emoticon-Malu
Kalo hujan meteor berarti mintanya bisa lebih dari satu ... emoticon-Ngakak

Minta kepada Tuhan, yang datang malah Corona ... emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
harusnya dengan tingkat polusi yang lebih kecil dari biasanya, fenomena alam ini bisa dinikmati walau lokasi juga menentukan sih emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 33 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngeri ngeri mantul, gann
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 31 lainnya memberi reputasi
pas PSBB malam jadi gelap yah emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 31 lainnya memberi reputasi
dibalik musibah sellu ad hikmah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 29 lainnya memberi reputasi
dari rumah ane bumi jadi keliatan cerah, yang asalnya cmn gelap aja karena ketutup asap polusi skrng jadi indah...
mantap perpanjang aja PSBB emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 32 lainnya memberi reputasi
bulan mei yg indah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 28 lainnya memberi reputasi
menakjubkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
Parno ane gan sama asteroid emoticon-Takut
.
.
.
Cendolnya boleh dong gaanss
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
flexyman dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nungguin supermoon emoticon-Motret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di