CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenaker: Kami Tak Bisa Tolak Izin 500 TKA China di Sultra
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eab542bfacb951a4c365bb2/kemenaker-kami-tak-bisa-tolak-izin-500-tka-china-di-sultra

Kemenaker: Kami Tak Bisa Tolak Izin 500 TKA China di Sultra

Kemenaker: Kami Tak Bisa Tolak Izin 500 TKA China di Sultra

Kabar akan datangnya 500 TKA asal China di Sulawesi Tenggara pada 22 April kini tengah dikritik sejumlah pihak.

Bukan hanya kritik soal nasib banyaknya WNI yang butuh pekerjaan, tapi juga penyebaran virus corona di Indonesia kini belum selesai.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) membenarkan telah menyetujui Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) 500 TKA China tersebut. RPTKA diajukan pada 1 April oleh dua perusahaan, yakni PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Obsidian Stainless Steel.


“Betul terkait persetujuan penggunaan TKA untuk kedua perusahaan tersebut. Mengacu pada Pemen Hukum dan HAM Nomor 11 Tahun 2020 dan peraturan perundang-undangan lainnya, secara legalitas Kemnaker tak bisa menolak permohonan pengesahan RPTKA yang diajukan oleh perusahaan pengguna,” ungkap Plt Dirjen Binapenta dan PKK Kemenaker, Aris Wahyudi, kepada kumparan, Kamis (30/4).

“Karena dari sisi hukum atau peraturan penggunaan TKA semuanya terpenuhi, termasuk penggunaan TKA pada masa pandemik COVID-19, terutama Pemen Hukum dan HAM No 11 Tahun 2020, yaitu Pasal 3 ayat (1) huruf f,” imbuhnya.

Terkait dengan potensi penyebaran virus corona, Kemenaker telah menyurati kedua perusahaan pada 15 April. Isinya adalah, kedua perusahaan diwajibkan berkoordinasi dengan stakeholders setempat untuk memitigasi dan memastikan calon TKA asal China tak terpapar corona.

Kemenaker juga meminta kedua perusahaan mengutamakan keselamatan dan kesehatan tenaga kerja lokal serta warga sekitar. Selain itu, kedua perusahaan juga diminta memastikan aktivitas tetap berjalan sehingga tidak ada PHK terhadap tenaga kerja lokal.

“Perlu kami tambahkan bahwa pelaksanaan kebijakan persetujuan atau pengesahan RPTKA dari kedua perusahaan di lapangan harus tetap mengedepankan aspek keselamatan dan kesehatan kerja bagi seluruh karyawan dan masyarakat setempat dan sekaligus mencegah pembangunan aktivitas perusahaan tetap dapat berjalan sehingga kemungkinan terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) tenaga kerja lokal dapat dihindarkan,” tulis Aris dalam surat Kemenaker tertanggal 15 April.


sumber: http://www.wartaregional.com/2020/04...ina-di-sultra/

Bukannya udah ada peraturan pemerintah yang melarang kedatangan WNA, atau ini gak berlaku buat Kemenaker?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 42 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh triyanti3
Halaman 1 dari 3
emoticon-Big Grin

Kemenaker: Kami Tak Bisa Tolak Izin 500 TKA China di Sultra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
javauser dan 5 lainnya memberi reputasi
Udah gan merantau aja ke luar indo kek ane.. Di indo kita ga dibutuhin.. Cari kerja susah upah g seberapa emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahffudh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


mungkin disetujui karena Permenkumham sendiri pelarangan WNA Asing masuk Indonesia baru berlaku 2 April 2020 emoticon-Smilie

Quote:


Jadi Kemenaker sudah terlanjur menyetujui. karena pengajuannya 1 April sebelum pelarangan di mulai.
profile-picture
profile-picture
javauser dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kl ente gk setuju adanya orang asing kerja dimarih
Ya kagak bakal selesai cari2 alasan

Beda kl dr Awal ente berpendapat org asing boleh kerja dimarih selama itu bermanfaat bangun ekonomi
Pikiran ente langsung cari solusi, misal wajib test lab positif Corona apa tdk, case closed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bawa99 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
tumpang tindih lagi?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ini adalah kesepakatan akibat kita terima duit utangan dari cina.

Karena syarat cina ngasih utangan untuk proyek adalah duit, alat beserta pekerjanya

Inilah strategi cina agar duitnya kembali kenegaranya sebagai akibat dari New Economic Model atau MMT dengan Printing Money berbasis Proyek sekaligus untuk menghindari Inflasi

Cara cerdas ala cina

Untuk indonesia ya selamat gigit jari karena realitas didepan mata tapi bisa jadi pemacu dan pemicu kaum nasionalis dan patriotis untuk maju dan bergerak dengan pemilu 2024 sebagai titik baliknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crockoaches dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sebelum komen baca dulu permen nya tong
elu kritik berdasarkan permentersebut baru benar
ini asal jeplak aja ga mau baca
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh bellx
coba agan2 yang ga ngerti dibaca lg syarat2 berhutang ke China mengenai infrastruktur di negara lain. salah satunya penerimaan TKA China. bisa dicek di google. skrg kita ngalamin. miris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
larson dan 6 lainnya memberi reputasi
Kowe di lumah ajaa wa, bial owe aja yang kelja wa emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
javauser dan 3 lainnya memberi reputasi
Dari cina
Bersama cina
Untuk cina

emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
javauser dan 4 lainnya memberi reputasi
biar baca yg kemaren ngotot ke gw minta data di trit sebelah emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
banggalah .. pelan pelan bangsa ini jadi majikan emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Balik lagi ke Menakernya, sikon seperti sekarang baiknya gimana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pribumi di phk tka dikasih kerja
otaknya dimana?
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Lihat 2 balasan
alesan doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
javauser dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Imlek china memang istimewa di hati kitak-kitak para ebong.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Daripada di buldozer pengkhianat negara wkwk
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
udah terlanjur kali yaemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
javauser dan 2 lainnya memberi reputasi
kalau opung udah bersabda, wiwi cuma bisa senyum ajaemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
gak komen aneh takut di cap kadrun biasa kalau bahas china itu sangat sensitif buat kelompok tertentu.
profile-picture
kaskushunters memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di