Kaskus

Automotive

milhamrmAvatar border
TS
milhamrm
Alasan Mengapa Setir Mobil Berbentuk Lingkaran
Halo agan2 dan sista2 semuanya, kali ini saya mau membahas satu bagian dari kendaraan yang sering kita gunain buat jalan2 ni yaitu mobil. Pernah ga kalian berpikir kenapa setir mobil itu rata2 bentuknya lingkaran, ga ada yang trapesium ataupun jajar genjang.

Spoiler for Setir mobil:




Orang pertama yang menggunakan setir mobil berbentuk lingkaran yaitu Alfred Vacheron yang digunakan di mobil bermerek panhard  dalam ajang balap dunia pertama dari Paris ke Rouen. Perubahan mekanisme setir kemudi pada mobil terus berlanjut hingga tahun 1899. Singkat cerita, perkembangan terus dilakukan produsen otomotif terkait, sampai muncul sistem power steering yakni mengombinasikan setir kemudi dengan sistem hidrolik. 

Berdasarkan CarFromJapan  alasan terbesar dari bentuk lingkaran yang terdapat di setir yaitu berdasarkan dari pertimbangan user interface. Bentuk lingkaran dari stir tersebut memberikan keuntungan karena membuat lebih mudah dikendalikan, nyaman digenggam, presisi, dan murah untuk di produksi. 

Alasan lainnya, yaitu setir yang berbentuk lingkaran membuat genggaman yang ideal untuk melakukan putaran dari segala sudut, sehingga membuat penggunanya lebih nyaman dalam mengatur gerakan tangan untuk mengatur arah mobil. Selain itu juga risiko dari tangan yang menyilang pada saat menikung atau putaran balik juga lebih minim. Lalu setir berbentuk lingkaran juga membuat lebih mudah dalam menyeimbangkan roda depan kiri dan kanan. Membuat nyetir menjadi lebih ringan dan stabil.

Mungkin itu aja beberapa alasan sederhana tentang benda yang sering kita goyang goyangin pas lagi nyetir mobil.

Sumber
Diubah oleh milhamrm 28-05-2020 09:10
sayaanakhilangAvatar border
sayaanakhilang memberi reputasi
1
790
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan