CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berbuat Baik Dengan Satu Tanaman Untuk Indonesia Hijau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaa58e768cc9579e1725df7/berbuat-baik-dengan-satu-tanaman-untuk-indonesia-hijau

Berbuat Baik Dengan Satu Tanaman Untuk Indonesia Hijau

Berbuat Baik Dengan Satu Tanaman Untuk Indonesia Hijau
Berbuat Baik Dengan Satu Tanaman Untuk Indonesia Hijau
Gambar : Ilustrasi Bumi Yang Hijau (koleksi pribadi)


Perbuatan kebaikan kecil berdampak besar, apakah menanam tanaman perbuatan kecil? Saya kira perbuatan menanam tanaman baik pohon atau tanaman hias bahkan bonsai adalah perbuatan meyenangkan dan ringan dan dapat dilakukan siapapun termasuk anda.


Kenapa menanam merupakan kebaikan, selain tanaman menghasilkan oksigen disiang hari tanaman membuat suasana adem dan hijau, juga menyerap polusi apalagi di kota-kota besar. Apabila disetiap rumah terdapat tanaman perdu baik di pot atau langsung di tanah di setiap halamannya, maka produksi oksigen untuk kebutuhan makhuk hidup termasuk manusia akan tercukupi dan menjadikan kualitas udara menjadi baik.


Seperti kita tahu bahwa dampak dari pencemaran udara sangat merugikan kesehatan, sehingga setiap orang mempunyai andil untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan cara menanam dan merawat tanaman yang dapat mengurangi polusi udara.


Dilansir dari https://www.kompas.com/skola/read/20...pak-dan-solusi (17/01/2020) bahwa dampak polusi udara antara lain : merugikan kesehatan manusia dan makhuk hidup lain, pemanasan global, hujan asam, eutrofikasi (sejumlah besar nitrogen dalam beberapa polutan bahan kimia berkembang di permukaan laut), efek negatif pada satwa liar, penipisan lapisan ozon.


Melihat dari bahaya polusi, maka khusus untuk polusi udara alangkah baiknya kita ikut berpartisipasi dalam penanggulangan polusi tersebut, salah satunya dengan menanam tanaman baik pohon keras maupun tanaman hias, walau tidak hilang seluruhnya paling tidak mengurangi polusi dan menjadikan kualitas udara yang lebih baik.


Manfaat dari menanam pohon dimanapun baik di sekitar tempat tinggal kita, kantor, pabrik, pinggir jalan, lahan kosong dapat kita lakukan, manfaat tersebut antara lain sebagai hiburan dikala kita sepi atau suntuk, karena saat melihat taman yang hijau dapat membuat hati kita kembali ceria. Coba kita renungkan ketika sore hari yang cerah di waktu senggang kita duduk santai di taman rumah kita dimana tanah yang kita injak ada rumput hijau yang rapi, tanaman hias yang hijau dan subur, apalagi ditambah burung-burung yang berkicau dan angin yang sepoi-sepoi membuat hati tenang dan santai sejenak setelah seharian beraktifitas, santai seperti seperti anak senja yang sedang ngopi, sehingga menghilangkan stress akibat kerjaan atau aktifitas yang penat. Tanaman hias juga menambah keindahan rumah kita, selain itu tanaman akan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan tubuh kita, ada juga beberapa tanaman yang dapat menyerap polusi udara atau racun sehingga mengurangi polusi tersebut. Tanaman juga menyerap air sehingga mencegah banjir ketika musim hujan. Selain itu karena tanaman menghasilkan oksigen sehingga bermanfaat sebagai salah satu pembentuk O3 (ozon) atau sebagai penambal ozon yang rusak (berlubang), dimana kita tahu ozon bermanfaat bagi kehidupan di dunia ini.


Tanaman yang dapat kita tanam di sekitar rumah kita yang tidak terlalu besar seperti tanaman hias seperti anggrek, bonsai, rumput teki, bambu kuning dan lain sebagainya. Menaman tanaman atau pohon dapat dilakukan dengan mudah dengan pot yang sesuai dengan ukuran tanaman, dan merawat tanaman juga diperlukan meski perawatan tidak perlu intensif atau paling tidak agar tidak kekurangan air. Jika tidak sempat merawat tanaman pilihlah tanaman yang mudah dalam perawatan seperti pohon jambu dan sebagainya yang tidak memerlukan perawatan khusus.

Selain di sekitar rumah tanaman keras atau tanaman buah di lahan kosong dapat kita taman seperti pohon jati dan trembesi, pohon buah rambutan, pohon buah mangga, menanam bambu atau jenis lain, juga dapat kita tanam di lahan yang kosong. Selain sebagai penghijauan dapat pula diambil manfaat lain seperti buah atau batang kayu nya untuk keperluan hidup kita seperti bambu dapat untuk membuat kerajinan, kayu untuk bahan kusen daun pintu, jendela, bahan bangunan rumah dan sebagainya. Namun ingat setelah pohon kita tebang sebaiknya melakukan menanam ulang atau reboisasi agar berkelanjutan dalam menghijaukan bumi kita.


Jika terwujud satu orang di Indonesia menanam tanaman atau pohon alangkah hijaunya Indonesia dan semakin menambah kesejukan alam yang dimiliki dan tercukupinya produksi oksigen untuk kebutuhan hidup makhluk hidup di bumi ini termasuk saya dan kita manusia. Selain upaya-upaya lain baik dari pemerintah maupun kesadaran pribadi rakyat Indonesia dan warga dunia yang dapat di lakukan oleh seluruh manusia di muka bumi ini untuk menjaga keberlangsungan hidup dimuka bumi ini.


Spoiler for cendol:


emoticon-Blue Guy Peace


profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh momok2002
kita adalah bagian dari bumi yang menua ini, bumi sakit kitapun juga akan sakit☺️
profile-picture
momok2002 memberi reputasi
Yuks ... mari
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
emoticon-Sundul Up
sundul gan
emoticon-Sundul Upemoticon-Hansip
emoticon-Sundul Upemoticon-Salam Kenal


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di