- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Mahalnya Biaya Ganti Oli Mesin Bus,Bisa Buat Bayar Cicilan All New NMAX 155 ABS


TS
si.matamalaikat
Mahalnya Biaya Ganti Oli Mesin Bus,Bisa Buat Bayar Cicilan All New NMAX 155 ABS
Bus menjadi salah satu transportasi yang sampai saat ini masih diminati masyarakat,terutama setelah dibangunnya infrastruktur jalan seperti tol.Membuat bus bisa lebih cepat sampai tujuan.

Sumber
Sama seperti kendaraan yang lain,bus juga perlu melakuakan servis rutin untuk mesinnya gan sist.Salah satunya dengan melakukan pergantian oli mesin,tahukah gan sist bahwa oli mesin bus membutuhkan biaya yang mahal berkisar antara Rp 800.000-Rp 1.000.000 untuk sekali ganti oli ?.Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya berikut
Kali ini ane akan ambil contoh dari mesin dan chasis Mercedes Benz OH 1526 dan Hino RK8 yang banyak beredar dipasaran bus Indonesia.FYI keduanya memiliki spesifikasi mesin yang beda,tapi memiliki tenaga yang sama yakni 260 PS.Masih sama-sama menggunakan suspensi per daun (belum air suspension ya
),selain itu untuk harga juga tidak terlalu jauh perbandingannya,mengingat kedua mesin ini berada dikelas yang sama.Chasis ini bisa dipasangi body Jetbus dari Adiputro,dan body SR2 dari Laksana.
Mari kita gunakan ilmu matematika untuk hal ini
,ane ambil harga oli mesin diesel kualitas menengah.Harganya dipasaran sekitar Rp.70.000 per liter gan sist,berikut hasil hitungannya 
Nah gimana ?,mahal bukan biayanya gan sist ?.Itu untuk satu aramada bus saja,bisa dibayangkan jika PO bus punya 50 armada dengan merek Hino atau 50 armada dengan merek Mercy.Sudah berapa juta yang mereka habiskan hanya untuk ganti oli mesin ?,belum lagi ganti oli transmisi dan oli gardan,apalagi kalau ada part mesin yang rusak.Biayanya bisa lebih dari itu
FYI gan sist dengan dana Rp 1,96 juta bisa kita buat cicilan bulanan Yamaha Nmax 155 ABS selama 23x,selain itu dengan DP Rp 1,96 juta kalian juga bisa bawa pulang si Nmax ini
Ini ane kasih rincina harganya si Nmax

Dana Rp 1,96 juta bisa buat DP dan nyicil motor
Sumber
Ok kita lanjut lagi bahas oli mesinnya.Biasanya pergantian oli bus dilakukan jika sebuah bus sudah menempuh jarak puluhan ribu kilometer,ane kasih contoh di PO Harapan Jaya ya.Mereka biasa melakukan ganti oli mesin sekaligus servisnya setiap 5x PP perjalanan,Tulungagung-Jakarta.Tentu tiap PO punya aturan sendiri soal pergantian oli mesin ini,ada yang berdasarkam jumlah PP bus dan ada juga yang berpatokan pada jarak tempuh bus tersebut.
Jadi bisa kita simpulkan untuk satu bus Harapan Jaya dengan mesin Mercy OH 1526 menghabiskan dana Rp 1,96 juta untuk ganti olinya,sementara untuk 5 unit bus Harapan Jaya dengan mesin Mercy OH 1526 akan menghabiskan dana Rp 9.800.000 untuk sekali ganti olinya

Sumber
UntukHino RK 8 Harapan Jaya.Mereka menghabiskan dana Rp.889 ribu untuk satu unit busnya gan sist.Kalau Harapan Jaya punya 5 unit RK 8,maka biaya ganti olinya adalah Rp 4.445.000 untuk ke 5 busnya
Ini biaya untuk unit bus yang biasa gan sist (kelas entry),kalau bus tersebut termasuk jenis premium seperti: Mercy OC 500 RF,Scania K360,atau Volvo B11R.Tentu biaya ganti olinya jauh lebih mahal gan sist,karena tipe 3 mesin yang ane sebut punya kapasitas mesin serta tenaga yang lebih besar.Dan juga untuk mesinnya harus menggunakan kualitas oli yang lebih bagus,kebayang berapa nominal yang bakal dikeluarkan bukan ?.Dilevel bus biasa saja sudah tembus satu juta untuk sekali ganti oli,bagaimana jika PO tersebut punya banyak mesin premium ?.Pasti bisa tembus puluhan juta rupiah untuk ganti oli seluruh armadanya
Apalagi bus melakukan perjalanan yang cukup jauh, servis mesin dan ganti oli merupakan hal yang penting.Agar mesin bus mampu bekerja secara optimal dan mesinnya tidak gampang rusak.
Berikut ane kasih foto bus dengan chasis premium yang ane maksud pada penjelasan diatas,biar lebih jelasnya.Barangkali pernah ketemu dijalan,biaya ganti oli dan perawatannya tentu lebih mahal dari bus Hino RK 8 dan Mercy OH 1526.
Tiga jenis chassis dan mesin diatas termasuk jenis premium gan sist,selain harganya yang selangit.Biaya perawatannya juga lumayan mahal dari Hino RK dan Mercy 1526
Dengan begitu berakhir pula ulasan seputar oli mesinnya,semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.Ternyata sebuah PO bus harus mengeluarkan biaya yang besar sekadar untuk ganti oli armadanya,dan tentu perlu manajemen yang bagus untuk mengurus sebuah PO bus yang memiliki puluhan sampai ratusan bus.Agar tetap bisa memberi kenyamanan bagi para penumpangnya.
Ane undur diri dulu gan sist,sampai ketemu lagi

Sumber
Sama seperti kendaraan yang lain,bus juga perlu melakuakan servis rutin untuk mesinnya gan sist.Salah satunya dengan melakukan pergantian oli mesin,tahukah gan sist bahwa oli mesin bus membutuhkan biaya yang mahal berkisar antara Rp 800.000-Rp 1.000.000 untuk sekali ganti oli ?.Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya berikut

Kali ini ane akan ambil contoh dari mesin dan chasis Mercedes Benz OH 1526 dan Hino RK8 yang banyak beredar dipasaran bus Indonesia.FYI keduanya memiliki spesifikasi mesin yang beda,tapi memiliki tenaga yang sama yakni 260 PS.Masih sama-sama menggunakan suspensi per daun (belum air suspension ya

Quote:
Mari kita gunakan ilmu matematika untuk hal ini


Quote:
Nah gimana ?,mahal bukan biayanya gan sist ?.Itu untuk satu aramada bus saja,bisa dibayangkan jika PO bus punya 50 armada dengan merek Hino atau 50 armada dengan merek Mercy.Sudah berapa juta yang mereka habiskan hanya untuk ganti oli mesin ?,belum lagi ganti oli transmisi dan oli gardan,apalagi kalau ada part mesin yang rusak.Biayanya bisa lebih dari itu

FYI gan sist dengan dana Rp 1,96 juta bisa kita buat cicilan bulanan Yamaha Nmax 155 ABS selama 23x,selain itu dengan DP Rp 1,96 juta kalian juga bisa bawa pulang si Nmax ini

Ini ane kasih rincina harganya si Nmax


Dana Rp 1,96 juta bisa buat DP dan nyicil motor

Sumber
Ok kita lanjut lagi bahas oli mesinnya.Biasanya pergantian oli bus dilakukan jika sebuah bus sudah menempuh jarak puluhan ribu kilometer,ane kasih contoh di PO Harapan Jaya ya.Mereka biasa melakukan ganti oli mesin sekaligus servisnya setiap 5x PP perjalanan,Tulungagung-Jakarta.Tentu tiap PO punya aturan sendiri soal pergantian oli mesin ini,ada yang berdasarkam jumlah PP bus dan ada juga yang berpatokan pada jarak tempuh bus tersebut.
Jadi bisa kita simpulkan untuk satu bus Harapan Jaya dengan mesin Mercy OH 1526 menghabiskan dana Rp 1,96 juta untuk ganti olinya,sementara untuk 5 unit bus Harapan Jaya dengan mesin Mercy OH 1526 akan menghabiskan dana Rp 9.800.000 untuk sekali ganti olinya


Sumber
UntukHino RK 8 Harapan Jaya.Mereka menghabiskan dana Rp.889 ribu untuk satu unit busnya gan sist.Kalau Harapan Jaya punya 5 unit RK 8,maka biaya ganti olinya adalah Rp 4.445.000 untuk ke 5 busnya

Ini biaya untuk unit bus yang biasa gan sist (kelas entry),kalau bus tersebut termasuk jenis premium seperti: Mercy OC 500 RF,Scania K360,atau Volvo B11R.Tentu biaya ganti olinya jauh lebih mahal gan sist,karena tipe 3 mesin yang ane sebut punya kapasitas mesin serta tenaga yang lebih besar.Dan juga untuk mesinnya harus menggunakan kualitas oli yang lebih bagus,kebayang berapa nominal yang bakal dikeluarkan bukan ?.Dilevel bus biasa saja sudah tembus satu juta untuk sekali ganti oli,bagaimana jika PO tersebut punya banyak mesin premium ?.Pasti bisa tembus puluhan juta rupiah untuk ganti oli seluruh armadanya

Apalagi bus melakukan perjalanan yang cukup jauh, servis mesin dan ganti oli merupakan hal yang penting.Agar mesin bus mampu bekerja secara optimal dan mesinnya tidak gampang rusak.
Berikut ane kasih foto bus dengan chasis premium yang ane maksud pada penjelasan diatas,biar lebih jelasnya.Barangkali pernah ketemu dijalan,biaya ganti oli dan perawatannya tentu lebih mahal dari bus Hino RK 8 dan Mercy OH 1526.
Quote:
Tiga jenis chassis dan mesin diatas termasuk jenis premium gan sist,selain harganya yang selangit.Biaya perawatannya juga lumayan mahal dari Hino RK dan Mercy 1526

Dengan begitu berakhir pula ulasan seputar oli mesinnya,semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.Ternyata sebuah PO bus harus mengeluarkan biaya yang besar sekadar untuk ganti oli armadanya,dan tentu perlu manajemen yang bagus untuk mengurus sebuah PO bus yang memiliki puluhan sampai ratusan bus.Agar tetap bisa memberi kenyamanan bagi para penumpangnya.
Ane undur diri dulu gan sist,sampai ketemu lagi

Sumber: opini dan pemikiran pribadi
Referensi: Sini
Foto: dokumen pribadi dan bloger bismania
Diubah oleh si.matamalaikat 30-04-2020 09:35






banditos69 dan 45 lainnya memberi reputasi
44
6.6K
58


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan