CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sebab Pasien Sembuh COVID-19 Bisa Kembali Terinfeksi Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea9852268cc95535f1ea4bd/sebab-pasien-sembuh-covid-19-bisa-kembali-terinfeksi-virus-corona

Sebab Pasien Sembuh COVID-19 Bisa Kembali Terinfeksi Virus Corona

TEMPO.CO, Jakarta - Kejadian munculnya pasien sembuh COVID-19 yang terinfeksi virus corona kembali terjadi di Jepang. Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Subandrio, mengatakan pasien sembuh COVID-19 bisa saja kembali terinfeksi kembali virus corona jika kekebalan tubuh tidak cukup melawan.

"Terkena lagi tetap mungkin kalau dia tidak membangkitkan kekebalan yang cukup," kata Amin.

Dia menuturkan pada umumnya orang-orang yang sembuh dari COVID-19 akan punya antibodi untuk melawan penyakit itu. Namun, ada beberapa orang yang antibodinya tidak cukup tinggi untuk memproteksi tubuhnya sehingga bisa terjadi reinfeksi.

Reinfeksi bisa saja terjadi karena terkena paparan virus yang banyak dan pada saat itu. "Kalau antibodinya cukup tinggi bisa seumur hidup dia terlindungi tapi pada orang-orang yang low responder, produksi antibodinya tidak terlalu tinggi," ujar Amin.

Pasien sembuh COVID-19 harus tetap menjaga daya tahan tubuh kuat dan melakukan pencegahan penularan COVID-19, termasuk menjaga jarak sosial. Amin menuturkan respon imun setiap orang berbeda-beda.

"Sama-sama kena kuman yang sama tapi respons antibodinya beda-beda," ujarnya.

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi respons antibodi orang berbeda-beda, yakni faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Faktor-faktor itu bisa mempengaruhi respons imun seseorang terhadap penyakit.

Amin menuturkan sebagian besar pasien COVID-19 sembuh saat ini karena kekebalan tubuh. Mereka sembuh bukan karena antivirus. COVID-19 bukan menjadi penyebab tunggal pasien COVID-19 meninggal tapi karena adanya penyakit penyerta lain dan kekebalan tubuh yang menurun.

"Yang sakit berat pun kalau ada kelainan organ yang lain itu diperbaiki dulu, kalau itu sudah bagus otomatis kekebalannya akan kembali sendiri. Tapi kalau penyakit komplikasinya itu, yang organ-organ lainnya belum bisa diatasi, kita tidak bisa mengandalkan kekebalan untuk mengatasi virus karena kekebalannya akan rendah," ujar Amin.

Jika terinfeksi COVID-19, seseorang dengan penyakit penyerta lain, seperti diabetes, gagal ginjal, dan darah tinggi akan dengan mudah jatuh pada kondisi yang memburuk.

"Orang-orang yang sudah punya penyakit sebelumnya itu akan lebih rentan, lebih mudah untuk jatuh pada keadaan berat," tuturnya.

tempo.co

Jaga kesehatan kita... dan orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
denny7802 dan 19 lainnya memberi reputasi
Vaksin nya belum ada, virus emang ada obat nya gitu? Kalau lagi flu ya flu, tapi nggak level bahaya karena sudah resisten dan pernah suntik vaksin
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan pertotperbaik memberi reputasi
Sama aja kayak penyakit dari virus lainnya kayak cacar dan campak

walau sistem pertahanan tubuh udah lebih kebal sama virusnya tapi bukan berarti imun 100%
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Perbanyak ibadah gan
Berjamaah lebih berpahala
Makin dekat dengan harumnya surga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan 4 lainnya memberi reputasi
sadar diri untuk tidak tertular dan menulari
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan liee memberi reputasi
So herd immunity is a bullsh*t?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ya ga juga sih gan... Kan diberita uda dijelasin, yang nyembuhin itu bukan antivirus, tetapi mekanisme imun... Ah elah langsung komen nih agan emoticon-Matabelo
profile-picture
Taufuman memberi reputasi
yang penting jangan sampe kena covid19 emoticon-Takut
profile-picture
betadine memberi reputasi
Salah Anies lagi ini zer buzzer !
Jawab zer buzzer!
Malah plonga-plongo!

emoticon-Wkwkwk
Macam flu biasa
Bisa kena berulang kalo pas daya tahan tubuh lagi lemah..
profile-picture
betadine memberi reputasi
udah dari kapan itu waktu masih di wuhan udah dibilangin, emang bisa kejadian reinfeksi, dan kasus reinfeksi berakibat fatal, bisa langsung gagal jantung, ini kok telat banget ngebahasnya


lom lagi indonesia akhir akhir ini mewacana terapi plasma dari pendonor yg baru sembuh dari covid... hati hati bisa jadi bumerang ntar
profile-picture
profile-picture
suparijobingung dan betadine memberi reputasi
Orang gila dan stress lbh kebal sama penyakit..
Bisa d coba
Tidak ada yang kebal dari Virus Covid 19 ini, selama penelitian berlangsung di berbagai belahan dunia banyak di temukan temuan baru bahwa Virus ini juga bisa berevolusi, kita sebagai masyarakat awam sebaiknya tetap menjaga kebersihan, kesehatan dan menjaga sesama manusia lainnya. semoga wabah ini cepat berakhir.
profile-picture
suparijobingung memberi reputasi
semua serba mungkin, jaga kesehatan
Selama belum ada vaksin yg tepat, tidak ada istilah sembuh dari cinavirus
Jaga kesehatan min


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di