CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea9724126377268435e0532/linux-vs-windows-pilih-mana

Linux vs Windows: Pilih Mana?

Linux vs Windows: Pilih Mana?

Seperti yang kita tahu Linux merupakan proyek yang dimulai untuk menciptakan sistem operasi yang dapat digunakan atau diutak-atik oleh siapa saja sesuai keinginan mereka.

Saat ini jutaan orang menemukan Linux sebagai alternatif yang mudah digunakan dan lebih kuat dibanding Windows. Tetapi seringkali pengguna kebinguan saat menentukan pilihan Linux vs Windows? Mari kita lihat perbedaan Linux dan Windows untuk membantu kalian menentukan sistem operasi mana yang cocok dengan kalian.

1. Distribusi 
Ada satu versi Windows saat ini, yang hadir dalam beberapa edisi berbeda. Perbedaan antara edisi-edisi ini sebagian besar berkaitan dengan fitur-fitur tambahan untuk digunakan dalam enterprise atau educational environments. Masing-masing edisi memiliki harga yang bervariasi. Tidak ada satu set versi Linux. 

Sebagai gantinya, ada banyak versi berbeda yang dikenal sebagai “distribusi” Linux (distro). Ada ratusan opsi berbeda, meskipun kalian dapat mempersempit daftar distribusi terkemuka yang digunakan kebanyakan orang. Adapun biaya sistem operasi Linux? Hampir semua distro Linux bebas untuk digunakan, dengan beberapa opsi perusahaan memerlukan kontrak dukungan. Baca Juga: 8 Distro Linux Ringan Untuk Spesifikasi Rendah 

2. Source Code 
Source code merupakan perbedaan utama linux dan windows. Itu karena Windows adalah sistem operasi berpemilik. Kode sumber ditutup, artinya kalian harus bekerja untuk Microsoft atau menerima izin dari Microsoft untuk melihat kode yang mendukung sistem operasi kalian. Jika kalian mencoba untuk mendapatkan akses atau mendistribusikan kembali kode ini tanpa izin, kalian dapat menghadapi masalah hukum.

Linux adalah sistem operasi free dan open source. Kalian bebas melihat kode, belajar darinya, melakukan perubahan apa pun yang kalian inginkan, dan membaginya dengan orang lain. Kalian masih harus mematuhi lisensi open source, tetapi kalian masih bebas untuk mengambil kode dan mengemasnya kembali ke perangkat lunak berpemilik. 

3. Desktop Interface 
Sampai Windows 8, interface Windows tidak mengalami banyak inovasi dalam waktu yang lama. Start Menu, Taskbar, System Tray, Windows Explorer, semuanya pada dasarnya adalah hal yang sama, dan semuanya diperbarui dengan Windows 10. 

Di Linux, interface bukan bagian dari sistem core. Kalian dapat mengganti interface kalian tanpa harus menginstal ulang. Ada raksasa seperti GNOME dan KDE, yang datang dengan serangkaian aplikasi terintegrasi. Lalu ada sejumlah versi yang kurang dikenal yang semuanya fokus pada aspek yang berbeda. 

Tidak hanya interface yang banyak untuk dipilih, tetapi kalian memiliki kebebasan yang lebih besar untuk menyesuaikannya. Kalian dapat menentukan tema desktop sesuai keinginan dan kemungkinan itu tidak akan mempengaruhi performa kecepatan Linux.

4. Aplikasi 
Untuk menginstal perangkat lunak pada Windows, kalian perlu mengunjungi beberapa situs web lalu mengklik bagian download. Kalian menjalankannya, program melakukan tugasnya, dan saat itulah kalian menganggapnya sebagai “diinstal”. Tentu, Microsoft juga memperkenalkan app store dengan Windows 8, tetapi sebagian besar aplikasi yang kalian inginkan tidak ada di sana. 

Dengan sebagian besar sistem Linux, kalian tidak perlu memburu executable. Sebagai gantinya, kalian akan memiliki sesuatu yang disebut package manager. Package manager menyediakan kontrol granular untuk menjelajahi, menginstal, dan menghapus paket program. Opsi yang lebih baru lebih mirip dengan mobile app stores. 

Hal-hal menjadi lebih rumit ketika aplikasi yang kalian inginkan tidak ada dalam pengelola paket. Karena tidak ada satu versi Linux, tidak ada satu format paket yang berfungsi di semua distribusi Linux. Untungnya situasi itu mulai berubah berkat universal package format yang lebih baru. Linux memiliki ribuan program, tetapi kebanyakan dari mereka adalah program gratis dan open source yang belum pernah didengar oleh pengguna baru. 

Perangkat lunak komersial populer cenderung menargetkan Windows. Sementara lebih banyak dari aplikasi ini membuat jalan mereka ke Linux daripada sebelumnya. Windows hanya memiliki library yang lebih luas dari perangkat lunak desktop. Tetapi jika kalian tidak dapat menemukan pengganti open source yang memadai, kalian bisa gunakan Wine atau virtual machine untuk menjalankan sebagian besar program Windows di Linux. Baca Juga: 5 Aplikasi Antivirus Linux Gratis Dan Terbaik 

5. Struktur File 
Struktur dasar Linux benar-benar berbeda dari Windows, sebagaimana mestinya mengingat ia dikembangkan berdasarkan basis kode terpisah dengan pengembang terpisah. Kalian tidak akan menemukan “My Document” di Ubuntu, kalian juga tidak akan menemukan “Program Files” di Fedora. Tidak ada drive C: atau D: 

Sebaliknya, ada satu single file tree dan drive kalian dipasang ke tree itu. Direktori “home” dan “desktop” kalian berdua adalah bagian dari single file tree itu. Secara teknis, kalian perlu mempelajari sistem file yang sepenuhnya baru dan arsitekturnya. Melakukannya tidak terlalu sulit, tetapi perbedaannya masih ada. Windows menggunakan sistem file NTFS. Sebaliknya, Linux mendukung banyak opsi berbeda. 

Jika kalian menginstal Linux di laptop kalian, kemungkinan kalian akan menggunakan EXT4. Tetapi jika kalian ingin menjalankan Linux di server, kalian dapat mencoba BTRFS atau ZFS sebagai gantinya. Filesystem ini datang dengan fitur yang tidak selalu bermanfaat bagi pengguna desktop tetapi bagus untuk perusahaan yang menyediakan layanan cloud atau orang yang memelihara server mereka sendiri.

Untuk Lebih Lengkap:

Quote:



profile-picture
queixada memberi reputasi
browsing donlod pake linux, operasi sederhana window.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
ogeng98 dan deadsec09 memberi reputasi
Kalau ane pakai Linux, soalnya enggak mampu beli OS Mikocok yang ORI emoticon-Big Grin

Dulu netbook ane aslinya ditanam win 7, tapi sekarang udah ane buang dan di install Ubuntu emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
ogeng98 dan deadsec09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pake keduanya gan masing-masing ada plus minusnya

ane non blokemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan deadsec09 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kalo ditanyain di subforum Linux ya pada pilih Linux lah. emoticon-Ngakak
Tapi balik lagi sebenernya tergantung ke kebutuhan. Banyak software berbayar Windows yang gak tersedia di Linux (kecuali harus pakai Wine atau vm yang kepangkas banget performanya.)
profile-picture
profile-picture
FahmiAm dan deadsec09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo ane pilih gabungannya lah..

nih dia desktop ane:

Linux vs Windows: Pilih Mana?

manjaro kde yg didandanin ala windows emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rismapengen69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
dlu sih masih suka pke dual boot. skrng dah move on penuh pke linux
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di