CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
5 Arahan Presiden Soal Skema Program Perlindungan dan Pemulihan Ekonomi UMKM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea958937e3a7207ee5cec9f/5-arahan-presiden-soal-skema-program-perlindungan-dan-pemulihan-ekonomi-umkm

5 Arahan Presiden Soal Skema Program Perlindungan dan Pemulihan Ekonomi UMKM



PEDOMAN.co – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembahasan saat ini sudah semakin mengerucut dan ada 5 (lima) skema besar dalam program perlindungan serta pemulihan ekonomi, utamanya di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Termasuk program khusus bagi usaha ultra mikro dan usaha mikro yang selama ini tidak bersentuhan dan tidak terjangkau oleh lembaga keuangan maupun perbankan,” tutur Presiden saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Lanjutan Pembahasan Program Mitigasi Dampak Covid-19 terhadap UMKM, Rabu (29/4).

5 Skema yang menjadi arahan Presiden, adalah sebagai berikut:

Pertama, Skema program untuk pelaku usaha UMKM yang masuk kategori miskin dan kelompok rentan dari dampak Covid-19. “Kita harus memastikan bahwa mereka ini masuk sebagai bagian dari penerima bansos, baik itu PKH, Paket Sembako, bansos tunai, BLT desa, maupunpembebasan/pengurangan tarif listrik dan Kartu Prakerja,” kata Presiden.

Kedua, Skema program insentif perpajakan bagi pelaku UMKM yang omzetnya masih di bawah Rp4,8 miliar per tahun. “Saya kira di sini pemerintah telah menurunkan tarif PPh final untuk UMKM dari 0,5 menjadi 0 persen selama periode 6 bulan, dimulai dari April sampai September 2020,” ungkap Presiden.

Ketiga, Skema program relaksasi dan restrukturisasi kredit UMKM dengan berbagai skema program, baik itu mengenai penundaan angsuran dan subsidi bunga penerima KUR, Kredit Ultra Mikro atau UMi, PNM Mekaar yang ini jumlahnya 6,4 juta (debitur), dan di Pegadaian juga ada 10,6 juta debitur.

“Penundaan angsuran dan subsidi bunga kepada usaha mikro penerima kredit dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Kemudian penundaan angsuran dan subsidi bunga kepada para penerima bantuan permodalan dari beberapa kementerian,” tandas Presiden.

Lebih lanjut, Presiden melihat ada lembaga seperti LPMUKP (Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan), BLU Pusat Pembiayaan Pengelola Hutan, dan Calon Petani Calon Lokasi di Kementan. “Saya juga minta agar program penundaan angsuran dan subsidi bunga diperluas untuk usaha mikro penerima bantuan usaha dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Keempat, Skema program perluasan pembiayaan bagi UMKM berupa stimulus bantuan modal kerja. “Ini permodalan, bantuan modal kerja darurat ini betul-betul kita rancang betul agar UMKM betul-betul merasakan dan mendapatkan skema bantuan modal darurat ini,” tambah Presiden.

Kepala Negara mengakui bahwa data yang dimiliki ada 41 juta UMKM yang sudah tersambung dengan lembaga pembiayaan maupun perbankan. “Kemudian di luar itu 23 juta UMKM yang belum pernah mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan maupun sistem perbankan,” tandasnya.

Karena itu, Presiden sampaikan ada 23 juta UMKM yang harus mendapatkan program dari perluasan pembiayaan modal kerja. “Bagi yang bankable penyalurannya akan melalui perluasan program KUR, sekaligus ini akan mendorong inklusi keuangan. Sedangkan bagi yang tidak bankable, penyalurannya bisa lewat UMi, lewat Mekaar, maupun skema program lainnya,” tuturnya.

Kelima, kementerian, lembaga, BUMN, dan pemerintah daerah harus menjadi buffer dalam ekosistem usaha UMKM terutama pada tahap awal recovery konsolidasi usaha. “Ini penting sekali. Misalnya BUMN, BUMN atau BUMD menjadi off-taker bagi hasil produksi para pelaku UMKM baik di bidang pertanian, perikanan, kuliner, sampai di industri rumah tangga,” jelas Presiden.

Selain itu, Presiden sampaikan juga realokasi anggaran pemerintah daerah juga harus diarahkan pada program-program stimulus ekonomi yang menyentuh sektor UMKM ini. “Ini saya harapkan nanti Mendagri bisa menyampaikan kepada ke daerah mengenai ini. Sehingga kita harapkan UMKM bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkas Presiden. (Sumber: Setkab)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 15 lainnya memberi reputasi
Uda jalan apa masih wacana tuhemoticon-Wakaka dilapangan restrukturisasi bkn relaksasi Klo paham mekanisme restrukturisasi, poin didalamnya sama sekali ga ada unsur kelonggaran .Justru nilai hutang akan lbh besar dr sebelumnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.samodro dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ga jelas apa mau nya
Siapa yg hrs memberi pun tdk jelas
Cm sekedar pidato

emoticon-Ngacir2
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
23juta umkm dipakasa ngutang biar bisa diperas, kapan lagiemoticon-Wink
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
Disuruh ngutang emoticon-Malu (S)
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
Kalo dikasih pinjaman modal usaha dengan bunga sangat rendah, gue rasa udh tepat tapi apakah pemerintah ada duitnya?
profile-picture
profile-picture
geulis00 dan bimo77 memberi reputasi
Skema dan wacana! emoticon-Wakaka

Buruan woi kalau nggak mau ambruk ekonominya!

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
Waduh..

Hutang tambah banyak..

Usaha blm tentu berjalan lg..


Ap lg yg toko kelontong / kedai kecil / pedagang kaki lima, pasti sangat kesulitan..


Apakah tdk ada solusi lain?

Diberikan modal dahulu / tanam modal, dalam jangka 2 atau 3 tahun. Tahun pertama tdk ada tagihan, pengembalian dilakukan pada tahun ke 2 dan bunga kecil akan dikenakan pada tahun ke 2 dan ke 3 setelah ekonomi mulai normal.

Tp spertinya msh sangat sulit, mengingat ekonomi negara jg terpuruk.

Jaminan pengembalian dana nya jg harus dibuatkan skema sedetail mungkin, yg dimana memakan waktu dan tdk keburu, mengingat kondisi UMK sdh diambang krisis...


Tp yah semoga semuanya dpt bertahan..emoticon-Sorry
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
ga usah aneh2
dulu katanya meroket malah mengebor ke bawah tanah
profile-picture
profile-picture
geulis00 dan alisson.13 memberi reputasi
Wacana doang
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
bekoar mulu, tindakan lapangan ga sesuaiemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
nyimax aja
profile-picture
geulis00 memberi reputasi
Betul pak, Usaha ekonomi yang rentan dampak Covid in perlu di perhatikan lebih serius pak.
profile-picture
geulis00 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di