CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Taiwan Umumkan Uji Coba Yun Feng
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea94dae9a972e521748279a/taiwan-umumkan-uji-coba-yun-feng

Taiwan Umumkan Uji Coba Yun Feng


Taiwan Umumkan Uji Coba “Yun Feng,” Rudal Jelajah Supersonic Yang Mampu Menembus Wilayah Cina Daratan



Taiwan Umumkan Uji Coba Yun Feng

Selama ini hampir tidak ada alutsista milik Taiwan yang dikhawatirkan Beijing dapat menembus hingga jauh ke wilayah Cina Daratan. Maklum alutsista Taiwan lebih diproyeksikan untuk bertahan aktif di sekitaran Selat Formosa, jika suatu waktu Cina melakukan invasi. Namun, kali ini ada terobosan baru yang mungkin patut diperhitungkan Cina, dimana Taiwan telah berhasil meluncurkan uji coba rudal jelajah supersonic Yun Feng, yang digadang punya jarak jangkau 1.500 – 2.000 km.

Dikutip dari TaiwanNews.com (27/4/2020), disebutkan rudal Yun Feng akan dipersiapkan untuk proses produksi setelah uji coba yang telah berhasil dilakukan di Pangkalan Militer Jiupeng, Pingtung, wilayah Selatan Taiwan pada 15 April lalu. Yun Feng dikembangkan oleh National Chung-Shan Institute of Science and Technology (NCSIST) dan rudal ini termasuk kelompok long range land attack cruise missile (LACM).


Dari informasi yang didapatkan, Yun Feng menggunakan mesin ramjet dengan sokongan dua unit solid rocket booster yang mampu melesatkan rudal hingga kecepatan 1.030 meter per detik. Atau dalam kata lain, kecepatan Yun Feng setara Mach 3. Sebagai media peluncur adalah platform ground based dengan pengangkutkan menggunakan heavy truck (transporter erector launcher).

Taiwan Umumkan Uji Coba Yun Feng

Media lokal di Taiwan melaporkan pada Agustus 2019, NCSIST telah memulai serangkaian produksi sistem Yun Feng di bawah Proyek Qilin. Dana yang digelontorkan Kementerian Pertahanan Taiwan untuk itu mencapai US$390 juta, dimana dana tersebut mencakup produksi 20 rudal Yun Feng berikut 10 platform peluncur mobile.

Dengan spesifikasi yang disebutkan di atas, nampak jelas sasaran dari Yun Feng adalah basis militer Cina yang ada di wilayah pesisir. Namun, apakah Beijing bakal dibuat gentar oleh kehadiran Yun Feng? Tentu waktu yang bakal membuktikan, pasalnya sistem hanud pesisir di wilayah Pantai Timur Cina juga terbilang kuat.

Ibarat tak mau rugi, pengembangan rudal Yun Feng juga sekaligus dirancang kelak untuk mendukung program ruang angkasa Taiwan, dimana roket yang digunakan dipersiapkan sebagai wahana pembawa satelit ringan (50 – 150 kg) ke orbit rendah bumi di ketinggian 500 km. Bobot Yung Feng ditaksir mencapai 1,5 ton dengan panjang sekitar 6 meter. (Gilang Perdana)

Sumber : www.indomiliter.com
kok kayak kurang efisien ya pakai 2 booster, mungkin dipengembangan selanjutnya bisa diperbaiki
profile-picture
saugisarap memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mintak teote donk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di