CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea93b6568cc951ac573edb5/dampak-positif-lockdown-di-india-gangga-tak-lagi-menjadi-sungai-terkotor-di-dunia

Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!

Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!

Sungai Gangga tak lagi menjadi sungai terkotor di dunia!
Ini semua karena Pandemi virus corona


Sungai Gangga, adalah sungai yang berada di India dan merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakatnya. Tidak hanya itu, sungai gangga juga dipercaya oleh masyarakat beragama Hindu sebagai sungai dari titisan Tuhan yang mengalir untuk membersihkan bumi. Karena sakral dan kesucian sungai Gangga, maka dijadikan sebagai tempat pelarungan abu jenazah yang telah dikremasi oleh masyarakat.

Namun sejak semakin modernnya kehidupan, sungai Gangga berubah wajah menjadi sangat buruk. Berbeda dengan wajah Gangga ratusan tahun silam.
Sungai Gangga adalah sungai yang lumayan panjang, karena melewati hampir 53kota di India.
Akibat dari limbah pabrik yang berdiri di area tepian Gangga yang membuang limbahnya ke aliran sungai, serta penumpukan limbah rumah tangga membuat Gangga ditetapkan sebagai sungai terkotor di Dunia.
Saking kotornya sungai Gangga yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat India ini tingkat kematian bayi dan gangguan kesehatan penduduk mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Meskipun Sungai Gangga mengalami pencemaran, namun masyarakat tetap mempercayai bahwa sungai ini dapat mensucikan dosa mereka.
Sehingga banyak masyarakat yang tetap melakukan tradisi berendam di Sungai Gangga yang tercemar limbah ini.


Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!

Sumber gambar: di sini


Masalah kebersihan sungai Gangga menjadi masalah berat bagi masyarakat dan Pemerintah India, berbagai upaya pembersihan dan penanganan sampah telah dilakukan, namun belum juga mempunyai dampak positif merubah sungai ini menjadi lebih bersih.

Kedispilinan masyarakat dan tingkat kesadaran untuk menjaga lingkungan menjadi alasan kenapa sungai ini masih tetap kotor dan tidak layak untuk menjadi sumber kehidupan.


Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!


Tapi berita baik datang di tengah keadaan yang tidak baik.
Pandemi virus covid-19 yang mewabah di seluruh dunia termasuk di India ini ternyata menjadi solusi yang diberikan Tuhan untuk pembersihan sungai Gangga.

Bagaimana itu bisa terjadi?
India sebagai salah satu Negara terdampak virus covid-19 telah memberlakukan kebijakan lockdown di Negaranya.
Kunjungan dari Luar Negara dan mobilitas penduduk dibatasi atau bahkan dilarang untuk masa-masa ini.

Namun siapa sangka, dampak dari lockdown ini berpengaruh dengan tingkat kebersihan air di sungai Gangga.
Berdasarkan video yang beredar di twitter yang menunjukan keadaan sungai Gangga setelah beberapa minggu pemberlakuan lockdown menunjukan sungai Gangga kembali bersih seperti beberapa puluh tahun silam.

Video jernihnya air sungai Gangga di Rishikhesh, Lakshman Julan ini diunggah oleh Akun twitter yang bernama Susanta Nanda di twitter yang ternyata dia adalah petugas dinas kehutanan India (IFS).

Video yang viral di media sosial ini menunjukan tentang perubahan drastis yang dialami oleh Sungai Gangga setelah diberlakukannya peraturan lockdown.
Seperti apa penampakan sungai Gangga setelah mengalami perubahan?
Libat di bawah ini!


Spoiler for Sungai Gangga Bersih karena Lockdown:


Sungguh menakjubkan, sungai Gangga yang semula sangat kotor dan kumuh kini setelah pandemi virus covid-19 dan diberlakukannya lockdown berubah menjadi sangat bersih dan jernih.
Bahkan saking jernihnya, dasar sungai Gangga saat ini dapat dilihat dari tepi sungai.

Menurut salah satu Ilmuwan lingkungan di India, air sungai Gangga dapat kembali bersih setelah berkurangnya polutan dan sampah industri.
Saat ini tingkat kualitas kemurnian air sungai telah naik dan bisa digunakan untuk ritual minum air sungai Gangga atau sering dikenal dengan istilah Achaman.

Nampaknya tidak sepenuhnya pandemi virus covid-19 ini berdampak buruk bagi kehidupan. Memang manusia banyak yang menjadi korban atas keganasan virus ini, namun dampak lain untuk lingkungan dapat dikatakan lumayan baik.

Setelah adanya pandemi ini memang para peneliti dan ilmuwan di dunia termasuk di Indonesia juga menyampaikan, bahwa dampak positif pandemi corona polusi udara berkurang, penumpukan sampah di bantaran sungai juga mengalami penurunan yang sangat tinggi.

Mungkin ini pesan Tuhan yang ingin disampaikan kepada Manusia, bahwa hidup di bumi jangan hanya ingin mengambil keuntungannya saja. Tapi juga harus ingat akan kelestarian alam serta lingkungan, jangan merusak jika tidak bisa memperbaiki.

Entah apapun maksut dari adanya Pandemi virus covid-19 ini, yang pasti kita semua mulai harus bersadar diri.
Mudah-mudahan setelah masa pandemi ini berakhir, kehidupan manusia bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Oke, mudah-mudahan fenomena unik ini bisa memberikan pelajaran untuk kita semua.
Terima kasih untuk Agan dan Sista yang telah singgah, dan jika ada pendapat yang ingin disampaikan silakan tinggalkan jejak komentar di bawah!


Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!


Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksebastian88 dan 116 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 7
emoticon-Matabelo wow jadi jernih banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
emoticon-Tepar airnya bisa diminum langsung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Taiemoticon-Betty (S) kaya ada manis manisnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cakep ya, bisa jadi bening gitu. Emezing lah pokok nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danhen dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Sungai Gangga y? Suka ada ritual apa y di sini. Lupa ane he
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Quote:

Jadi mirip iklan air mineral emoticon-Ngakak

Quote:


emoticon-Matabelo iya padahal dulu kotor banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 7 lainnya memberi reputasi
Ane Gak percaya.. aneh Kok bisa bersih emoticon-Ngakak

padahal kl habis kremasi abu mayit dibuang di sana kan sampe hitam gitu kalinya

Mungkin Yg di hulu kali ya gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Lihat 3 balasan
kalo di jekardah gimana kondisinya? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
wahhh keren juga nih, kalau lockdown sudah di lepas bakal balik kotor lagi takutnya

susah merubah habit orang orang sekitar sana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Seger, bisa buat tempat berenang
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 9 lainnya memberi reputasi
Org2 yg doyan Konspirasi Covid mana ngerti beginian..

Gangga Bersih ntr di bil Konspirasi emoticon-Cape d... (S)
Udara Jkrta Bersih ntr di bil Konspirasi emoticon-Cape d... (S)

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 11 lainnya memberi reputasi
ahhh ane tuh bingung dan kadang bersyukur juga sih kalo liat potret india nih wkwkwk ada yg lebih gajelas dari indo ternyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 9 lainnya memberi reputasi
Citarum gimana ya kabar disana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 10 lainnya memberi reputasi
semoga semua sungai diseluruh dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 9 lainnya memberi reputasi
padahal dulunya butek airnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 7 lainnya memberi reputasi
bagus jadi jernih emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iburumpi dan 10 lainnya memberi reputasi
gangga padahal dipercaya sebagai sungai yang suci ya tapi jadi kotornya minta ampun gitu, akhirnya kini jadi bersih lagi, semoga tetep bisa seperti ini terus sih nantinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iburumpi dan 11 lainnya memberi reputasi
kalau di indo gmn yaa emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 9 lainnya memberi reputasi
Mudah mudahan bakalan jernih terus airnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iburumpi dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
skrg mayat udah ga ditaro di sungai gangga lagi ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BumiTimur dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di