CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea935dcc820842dc03732d1/beberapa-cara-menghilangkan-jerawat-dengan-bahan-alami

Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Secara umum, jerawat berkembang ketika pori-pori tersumbat atau terinfeksi bakteri. Jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang. Orang-orang dapat menggunakan bahan alami tertentu untuk membantu menyeimbangkan kadar minyak kulit, mengurangi peradangan, membunuh bakteri, dan mencegah jerawat agar tidak muncul kembali.
Namun, bahan alami apa saja yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawar? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasannya.

1. Minyak Jojoba
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan AlamiSumber gambar: Artnaturals.com


Minyak jojoba merupakan salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat. Minyak ini sendiri dibuat dari zat lilin alami yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk bekas jerawat.
Beberapa senyawa dalam minyak jojoba mungkin membantu mengurangi peradangan kulit, yang berarti dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan di sekitar jerawat yang meradang.

Cara menggunakan minyak jojoba
Coba campur minyak esensial jojoba dengan gel, krim, atau masker wajah dan oleskan ke jerawat. Jika tidak, letakkan beberapa tetes minyak jojoba di atas kapas dan gosokkan dengan lembut di atas jerawat.

2. Madu
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan AlamiSumber gambar: Medium.com


Sudah sejak lama madu digunakan untuk merawat kondisi kulit, seperti jerawat. Madu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Selain itu, para dokter menggunakan madu dalam balutan luka karena sifatnya yang anti bakteri dan penyembuhan luka.

Cara menggunakan madu
Dengan menggunakan jari atau kapas yang bersih, gosokkan sedikit madu ke jerawat. Jika tidak, tambahkan madu ke masker wajah.

3. Bawang putih
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Sumber gambar: Healthbenefits101.com


Banyak praktisi pengobatan tradisional menggunakan bawang putih untuk mengobati infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman dan infeksi. Bawang putih mengandung senyawa organosulfur, yang memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi alami. Senyawa organosulfur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membantu tubuh melawan infeksi.

Cara menggunakan bawang putih
Untuk melawan peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh jerawat, Anda dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan mereka. Anda juga dapat membeli bubuk bawang putih atau kapsul dari sebagian besar toko kelontong dan toko kesehatan alami.
Meskipun banyak sumber daring merekomendasikan bahwa orang menggunakan bawang putih langsung ke jerawat, ini dapat menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut. Bawang putih dapat membakar kulit, jadi gunakan selalu dengan hati-hati.

4. Lidah buaya
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan AlamiSumber gambar: Revucell.com


Lidah buaya adalah antibakteri alami dan anti-inflamasi, yang berarti dapat mengurangi dan mencegah jerawat. Salah satu bahan alami untuk menyebuhkan jerawat ini mengandung banyak air dan merupakan pelembab yang sangat baik, sehingga sangat cocok untuk orang yang mendapatkan kulit kering dari produk anti jerawat lainnya.

Cara menggunakan gel lidah buaya
Cobalah membersihkan luka jerawat dan kemudian oleskan krim atau gel tipis-tipis dengan setidaknya 10 persen kandungan lidah buaya. Kalau tidak, orang bisa melembabkan dengan gel atau krim yang mengandung lidah buaya. Ini tersedia untuk dibeli dari toko kesehatan atau online.
5. Teh hijau
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan AlamiSumber gambar: Medium.com


Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang disebut katekin. Kebanyakan orang dengan jerawat memiliki terlalu banyak sebum, atau minyak tubuh alami, di pori-pori mereka dan tidak cukup antioksidan.
Antioksidan membantu tubuh memecah bahan kimia dan produk limbah yang dapat merusak sel-sel sehat. Oleh karena itu, teh hijau dapat membantu membersihkan beberapa kotoran yang menumpuk.

Teh hijau juga mengandung senyawa yang dapat membantu:
-mengurangi produksi sebum kulit
-mengurangi peradangan

Cara menggunakan teh hijau
Teh hijau dapat membantu ketika orang meminumnya atau menggunakan ekstrak teh hijau pada kulit mereka, meskipun para peneliti mengatakan bahwa bukti saat ini terbatas. Namun, satu studi menemukan penurunan 79,89 persen pada komedo setelah 8 minggu menggunakan ekstrak teh hijau polifenol.

6. Minyak kelapa
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan AlamiSumber gambar: K9ofmine.com


Seperti bahan alami lainnya, minyak kelapa mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri. Hal ini berarti bahwa minyak kelapa dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Minyak kelapa juga dapat mempercepat penyembuhan luka terbuka pada jerawat.

Cara menggunakan minyak kelapa
Cobalah mengoleskan minyak kelapa murni ke area jerawat.

Akhir kata
Anda dapat memilih dari berbagai macam bahan alami untuk mengobati jerawat. Namun, tidak semuanya akan bekerja untuk semua orang atau dalam setiap kasus.
Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bahan alami tersebut untuk luka jerawat yang parah, kronis, dalam, atau menyakitkan. Bicarakan dengan dokter tentang luka jerawat ringan yang tidak menanggapi perawatan dasar atau yang terus memburuk.

SUMUR

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 6 lainnya memberi reputasi
Teh hijau sih ngaruh bangeet menurut ane, kalau baput menurut ane terlalu kerasa
tp kayanya yy bawang putih hrs hati2 dehhh. temen ane banyak yg pake mukanya malah jd breakout dan panasss


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di