CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea922f368cc952bd33883b6/5-resep-aneka-gorengan-olahan-tempe-mudah-dan-enak

5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!


5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!
Tempe jeletot (Foto: Istimewa)
MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi sebagian orang, ada yang tidak langsung makan nasi saat berbuka puasa. Daripada makan berat, mereka lebih memilih gorengan sebagai makanan pendamping dari es buat atau kolak.
Tak heran, kalau di bulan Ramadan ini banyak penjual gorengan dadakan. Jenis gorengannya pun beragam, ada risol, tahu, bakwan, dan juga tempe goreng.

Nah, daripada beli dan belum tentu higienis, mending bikin sendiri aja deh. Kali ini Minews.id merangkum 5 resep aneka gorengan dengan bahan dasarnya tempe. Penasaran? Cekidot!
1. Tempe Mendoan Rawit
5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!

Tempe mendoan rawit (Foto: Istimewa)

Bahan-bahan:
1 bungkus tempe sehrg 5000 dan potong tipis-tipis
4 rawit lombok, potong kecil-kecil
daun bawang secukupnya, potong-potong
100 gr tepung terigu pro rendah/sedang
2 sdm tepung beras
garam dan kaldu bubuk secukupnya
air secukupnya
Haluskan:
4 siung bawang putih
5-6 siung bawang merah
1/2 cm kunyit
2 keping kemiri
Cara membuat:
a. Satukan semua bahan, sumbuhkan air secukupnya sambil di aduk-aduk
b. Lumuri tempe dengan adonan, lalu goreng hingga matang, sesuai selera.
c. Sajikan dengan sambal kecap/kecap pedas juga boleh.
BACA JUGA: 5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa Hari Ini!
2. Tempe Krispi
5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!

Tempe krispi (Foto: Istimewa)

Bahan-bahan:
– 200 gram tempe
Bahan pencelup:
500 ml air dingin
1 sdm susu bubuk
4 butir bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Bahan pelapis:
400 gram tepung protein tinggi
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt micin (bisa tidak memakai jika tidak suka)
BACA JUGA: 5 Resep Aneka Kolak Pisang, Mudah dan Pas untuk Buka Puasa!
Cara membuat:
a. Potong tempe tipis-tipis.
b. Celupkan tempe ke bahan pencelup. Lalu gulingkan ke bahan pelapis. Celupkan kembali ke bahan pencelup, lalu gulingkan kembali ke bahan lelapis (sambil terus diaduk agar tepung nempel).
c. Ulangi terus step ini sampai tempe keriting dengan tepung. Saat penepungan jangan ditekan cukup diaduk-aduk pake tangan saja.
d. Lalu goreng dengan minyak panas dan banyak (gunakan api kecil sedang). e. Goreng sampai golden brown.
f. Angkat dan tiriskan.
g. Sajikan dengan saos cocolan favorite masing-masing.
3. Tempe Katsu
5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!

Tempe katsu (Foto: Istimewa)

Bahan-bahan:
1 papan tempe dipotong memanjang seperti french fries/bentuk stik
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt royco rasa ayam
1/2 sdt merica
Bahan pencelup:
air secukupnya
5 sdm tepung terigu
Bahan pencelup:
2 butir telur kocok
tepung panir
cara membuat
Cara membuat:
a. Rendam tempe dalam air yang diberi bumbu yang sudah dihaluskan terdiri dari bawang putih, merica, ketumbar royco dan garam. Diamkan kurang lebih 30 menit. Angkat dan tiriskan.
b. Lumuri tempe dengan kocokan telur, gulingkan ke tepung terigu kemudian ke tepung panir. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat sajikan dengan saus sambal.
4. Tempe Cheese Ball
5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!

Cheese ball (Foto: Istimewa)

Bahan-bahan:
300 gr tempe kukus haluskan
1/2 blok keju quick melt
1 sdm saos tiram jamur
1/2 kaldu jamur
1/2 bubuk lada putih
1 sdm tepung serbaguna
BACA JUGA: 5 Resep Kreasi Es Timun Suri Super Gampang, Pas Untuk Buka Puasa!
Bahan pencelup:
1 butir telur kocok lepas
tepung serbaguna secukupnya
tepung panir secukupnya
minyak untuk mengoreng
Cara membuat:
a. Haluskan tempe dan campur semua bahan aduk rata
b. Potong keju kotok-kotak
c. Ambil satu sdm bahan tempe kemudian pipihkan
d. taruh potongan keju ke dalam tempe yang sudah dipipihkan, kemudian bulatkan sampai rapi dan keju ketutup semua. Agar saat di goreng keju tidak keluar
e. Guling ke tepung serbaguna lalu ke telur kocok lalu ke tepung panis,
f. Panaskan minyak kalau minyak sudah panas kecilkan api lalu goreng sampai kuning ke coklatan angkat tiriskan sajikan dengan saos sambal enak.
5. Tempe Jeletot
5 Resep Aneka Gorengan Olahan Tempe Mudah dan Enak!

Tempe jeletot (Foto: Istimewa)

Bahan-bahan:
1 papan tempe daun
tepung terigu serbaguna
daun bawang secukupnya
air secukupnya
Bahan isian:
5 buah cabai merah
10 buah cabai rawit
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir rampai ukuran kecil
gula dan garam secukupnya
Cara membuat:
a. Iris tempe agak tebal lalu belah tengahnya jangan sampai putus
b. Ulek kasar bahan isian
c. Buat adonan tepung serbaguna sesuai kekentalan yang diinginkan lalu campur irisan daun bawang
d. Isi tempe dengan bahan isian lalu balur adonan tepung, goreng sampai matang.


Sumber :



profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 17 lainnya memberi reputasi
Resep yang menarik dan memberikan wawasan baru, thx sist
profile-picture
profile-picture
alanpas dan indriketaren memberi reputasi
gorengan tidak baik untuk kesehatan
tapi memang bikin nagih
emoticon-Betty emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
alanpas dan indriketaren memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tempe mendoan yahud bangettt sih
profile-picture
profile-picture
alanpas dan indriketaren memberi reputasi
wawww gorenganyaa pokoknyaa serba pas dan enakk dehh apalagi pas puasa seperti inj
profile-picture
alanpas memberi reputasi
Tempe jeletotnya ....mantul nih .......variannya oke juga bisa direalisasikan didapur biar gak bosen......
profile-picture
alanpas memberi reputasi
mendoan kesukaan ane. tempe cheese ball boleh dicoba tu buat variasi.. kayaknya enak juga
profile-picture
alanpas memberi reputasi
ane baru kemaren bikin kentang cheese ball, kayanya menarik nyoba pake variasi tempe.
tpi ane ga punya kaldu jamur, ane pake feta emoticon-Ngakak
biasanya temoe cuma dibikin mendoan atau digoreng gitu aja, nah ini ada menu temoe dibikin kaya ayam katsu gitu jadi penasaran pengen bikin juga deh wahh nikmat sepertinya
sungguh menggoda


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di