CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Cari Tau Apa Itu Ide Pokok Dan Bagaimana Cara Menentukannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea91512b8408836650712b8/cari-tau-apa-itu-ide-pokok-dan-bagaimana-cara-menentukannya

Cari Tau Apa Itu Ide Pokok Dan Bagaimana Cara Menentukannya

Terdiri dari berbagai macam suku dan bahasa, namun masyarakat menganggap bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu dan wajib untuk diketahui. Meski sering digunakan dalam bahasa keseharian, sayangnya sebagian masyarakat justru tidak memahami bagaimana cara menyelesaikan soal terkait ide pokok dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Agar lebih mahir menjawab soal tersebut, simak ulasan berikut. 

Mengenal Apa Itu Gagasan Utama Pada Paragraf

Bagaimana pun bentuk tulisan, selalu ada gagasan utama yang ingin disampaikan oleh penulis kepada para pembacanya. Bahkan dari satu ide gagasan saja, penulis mampu merangkai kata hingga mencari berbagai data pendukung yang kemudian jadilah sebuah paragraf baru. Tanpa adanya ide utama, maka setiap paragrafnya tentu tidak memiliki nilai apapun di mata para pembacanya.

Lalu apa yang dimaksud dengan gagasan pokok sendiri ? Ide atau gagasan pokok merupakan masalah utama mengenai hal yang akan dibahas dalam satu paragrafnya. Sedangkan peletakkan idenya pun cukup beragam, mungkin saja bisa ditemukan di awal, pertengahan, ataupun akhir bacaan. Meski sering muncul dalam soal bahasa Indonesia, sayangnya masih banyak yang merasa kesulitan untuk menentukan ide pokok dari paragraf yang mereka baca sebelumnya.

Langkah Tepat Menentukan Gagasan Utama

Untuk memudahkan menemukan gagasa utama, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana langkah tepat menentukannya. Jika memang tertarik menemukan inti bacaan dari paragraf, pastikan untuk membaca teks tersebut secara seksama sembari mencermati apa yang dimaksudkan, mengubah kalimat utamanya menjadi kalimat yang lebih kompleks, membaca kembali dengan teliti, serta memberi tanda akan informasi penting.

Cara Menentukan Gagasan Utama

Jika sudah mengetahui bagaimana langkah tepat menemukan gagasan utama, maka saatnya untuk mengetahui cara tepat untuk menentukan gagasan utamanya.

Cara pertama yang bisa diterapkan yaitu mengambil kalimat utama pada paragraf tersebut. Pasalnya kalimat pertama pada paragraf berisikan tentang isi bacaan yang ingin disampaikan, sedangkan kalimat selanjutnya hanyalah pendukung yang berfungsi untuk memperjelas.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua kalimat utama merupakan ide pokok. Sebab, gagasan bisa diletakkan dimanapun asalkan inti dari bacaannya jelas dan dapat ditangkap oleh para pembacanya.

Bahkan dalam beberapa kasus, gagasan utama ditemukan ketika pembacanya menyimpulkan bagian isi paragraf ataupun kalimat utamanya saja. Dengan kata lain, memahami isi bacaan merupakan kunci utama menemukan gagasan utama. 
 
Ciri Ciri Sebuah Gagasan Utama

Agar lebih mudah menemukannya, kenali ciri ciri jika kalimat tersebut merupakan gagasan utama. Beberapa cirinya terlihat dari susunan kalimatnya yang mudah diidentifikasikan dengan mudah, kalimat tersebut mengandung pokok persoalan yang sedang dibahas, kalimat utama akan dinyatakan secara eksplisit, serta ide utamanya akan dituangkan dalam satu kalimat yang berarti kalimat tersebut tak lain dan tak bukan adalah inti bacaannya.

Setelah sampai pada paragfraf terakhir ini, apakah anda masih kesusahan menemukan gagasan utama? Dalam kondisi tersebut, kemungkinan besar anda membutuhkan suatu contoh untuk memudahkan.

Daripada mencari contoh lain, gunakan saja bacaan artikel ini untuk mengasah kemampuan mencari ide pokok pada satu paragrafnya. Sebab setiap paragraf, selalu mengandung setidaknya satu gagasan utama sebagai titik pembahasannya.

Setiap satu paragraf, tentunya menyimpan setidaknya satu gagasan pokok yang menceritakan apa inti pembahasan pada bacaan tersebut. Sebab, setiap bacaan yang dituliskan pastinya memiliki sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh para penulisnya. Bentuk infomasi yaang diberikan pun cukup beragam, sehingga sangat penting untuk mengetahui garis besar dari satu paragrafnya.



Ref:

https://bacaboy.com/ide-pokok/
http://jumaiyati.blogspot.com/2011/0...i-pola.html  
https://www.cuesta.edu/student/resou...main_idea.html
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan apollion memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di