CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Denny Siregar: Kharisma Ganjar di Tengah Pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea9129128c9915d4b5c33f5/denny-siregar-kharisma-ganjar-di-tengah-pandemi

Denny Siregar: Kharisma Ganjar di Tengah Pandemi

Denny Siregar: Kharisma Ganjar di Tengah Pandemi

29 April 2020 | 3:17

Denny Siregar

Menghadapi wabah ini, paling asyik melihat aksi Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Memang antar kepala daerah beda-beda menyikapi situasi saat wilayahnya terkena wabah. 

Ada yang model Ridwan Kamil yang berusaha serius memetakan wabah dan bagaimana cara mengatasinya, terutama karena rakyat Jawa Barat terkenal religius, harus pakai banyak pendekatan agama.

Ada model Anies Baswedan yang kayak kakek-kakek menakuti cucunya. Pokoknya beritanya harus yang seram-seram biar kelihatan jadi pahlawan, padahal enggak pernah turun ke lapangan.

Yang asyik memang model seperti Ganjar Pranowo. 

Dalam situasi kalut dan panik karena ketidaktahuan situasi, biasanya di sinilah karakter seseorang diuji. Dan Ganjar tampil dengan gaya menenangkan. Kharismanya keluar.

Ia turun ke lapangan sambil bersepeda, naik motor, sekadar menyapa warganya sambil bagi-bagi masker. Itulah cara Ganjar mengedukasi warga kelas bawah.

Sebuah komunikasi yang menyenangkan, seperti membaca buku cerita bagaimana seharusnya pahlawan turun beraksi.

Ganjar Pranowo dengan kaos No Mudik No Cry. (Foto: Instagram/uksw_salatiga)

Ia hadir dan berkomunikasi dengan mereka, mendengar keluhan sambil mengajari supaya tetap menjaga jarak supaya tidak tertular.

Apakah ini bagian dari pencitraan? Oh, sudah pasti. Kita tahu apa yang dilakukan Ganjar Pranowo dalam menghadapi wabah ini, tentu karena di sampingnya ada banyak wartawan yang terus memberitakan apa yang ia lakukan.

Tapi dalam situasi seperti ini, pencitraan memang sebuah keharusan. Karena dengan pencitraan lewat media, warga akhirnya tahu bahwa pemimpin mereka ada. Dan yang paling penting mereka melihat bagaimana karakter pemimpin mereka sesungguhnya.

Semua kepala daerah, di manapun pasti memainkan pencitraan di saat wabah seperti ini.

Ada Wali Kota di Tegal, yang pencitraan biar dianggap tegas dan melindungi rakyat. Dia kemudian main blokir jalan-jalan, tanpa koordinasi dengan pemerintah pusat. Eh, enggak lama presiden ngamuk, blokir jalanan pun dibongkar secepat kilat.

Ganjar Pranowo dengan kaos Maskeran Keren. (Foto: Instagram/radarsolo)

Ada Gubernur Sumatera Utara yang bicara jangan takut ke masjid meski ada wabah, padahal fatwa MUI mengatakan untuk sementara umat beribadah di rumah.

Macam-macamlah model pencitraannya.

Ada lagi model yang tiap hari mengumpulkan wartawan tv, terus konferensi pers melulu tanda ada aksi.

Ganjar Pranowo termasuk yang bisa memainkan komunikasi publiknya dengan baik. Ia membungkus dirinya sebagai pemimpin rakyat kecil, dan ia berhasil. Bahasa komunikasinya tidak berat, mudah dicerna, dan aksi panggungnya juga luar biasa.

Baru-baru ini Ganjar juga menggarap konsep "jogo tonggo" atau saling menjaga antartetangga dalam menghadapi wabah. Sebuah konsep yang mengembalikan kita pada pondasi bangsa yang sudah lama hilang, yaitu gotong royong antarwarga.

Ganjar juga dengan cantik melakukan komunikasi dengan Anies Baswedan, terkait warganya yang merantau di Jakarta dan tidak bisa pulang, supaya diurus Pemerintah DKI Jakarta.

Ganjar Pranowo dengan kaos Cuci Tangan Terus Biar Gak Kena Corona Virus. (Foto: Instagram/masganjar)

Sebuah komunikasi yang menyenangkan, seperti membaca buku cerita bagaimana seharusnya pahlawan turun beraksi. Dan Ganjar beserta tim komunikasinya mampu memainkannya dengan sangat cerdik.

Hasilnya apa? Survei SMRC pun keluar, dan Ganjar Pranowo dianggap paling berhasil menangani wabah ini.

Dari 1.200 responden di 34 provinsi, mereka menganggap Ganjar paling sigap menghadapi wabah. Sesudah itu, baru Jawa timur paling cepat nomor dua. Dan DKI Jakarta, meski konpers setiap hari dan masuk tv, cuma mendapat nomor tiga atau medali perunggu saja.

Kita tahulah, Pak Anies Baswedan pasti tidak suka. Dia yang berjuang tampil tiap hari, kok malah Ganjar yang dapat tepuk tangan panjang.

Dan sesuai perkiraan saya, akhirnya muncullah survei tandingan. Survei dari lembaga bernama Median ini memenangkan Anies Baswedan sebagai Gubernur paling tanggap menghadapi wabah.

Okelah kita kasih penghargaan beliau. Sekaligus kasih tahu, "Pak Anies, Median itu tahun 2014 dan 2019, mereka bilang Prabowo menang lho... asal tahu aja."

*Penulis buku Tuhan dalam Secangkir Kopi

Baca juga:

Denny Siregar: Pandemi dan Penerus Jokowi 2024Denny Siregar: Mudik Vs Pulang Kampung

https://www.tagar.id/denny-siregar-k...tengah-pandemi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
loh menurut survey median mas anies paling berhasil kok mengatasi corona,.sudahlah jgn pakai analisa2,.yg penting hasil survey membuktikan emoticon-Mad
Denny Siregar: Kharisma Ganjar di Tengah Pandemi
Diubah oleh ketadopamine
binatang lagi muji2
Denny Siregar: Kharisma Ganjar di Tengah Pandemi
profile-picture
ezha_182 memberi reputasi
belum dapat jabatankah?
orang munafik kok, corona itu rk yg keliatan moncer
profile-picture
amiruls.lee memberi reputasi
pasti ts kebanyakan nonton chanel youtube cokro tv nehh
Ada model Anies Baswedan yang kayak kakek-kakek menakuti cucunya. Pokoknya beritanya harus yang seram-seram biar kelihatan jadi pahlawan, padahal enggak pernah turun ke lapangan.

hahahaha emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 2 lainnya memberi reputasi
Ga usah cari panggung lah, cukup bekerja keras, jujur sesuai amanat dan tanggung jawab

Masyarakat melihat dan Alampun akan meyeleksi siapa yg layak dan siapa yg tidak, siapa pahlawan dan siapa pecundang
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kasian kali ini orang belum diangkat juga jadi komisaris.

kalah sama fajrul

emoticon-Ngakak (S)
Oh yes, oh nooo.. emoticon-Betty emoticon-Betty
desi.. desi.. emoticon-Najis
Quote:


Quote:


Make nye die lg berusaha keras jilatin fantat fenguasa samfe kinclong

emoticon-Ngakak
Ciye....tante desi tersepona emoticon-Betty
Quote:


Greget banget bagian yg ini. emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
percayalah, apa yany diucapkan denny siregar itu hanya sebatas Tai saja
emoticon-Ngakak
Denny Siregar: Kharisma Ganjar di Tengah Pandemi
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
imogenist memberi reputasi
Diubah oleh dibanned.melulu
survei nya kurang fair
chairil tanjung, pemilik group TRANS dan bank Mega, juga layak di acungi jempol
dia memotong birokrasi ribet pemerintah dgn cara menggandeng ratusan warteg utk bagi2 nasi bungkus
jadi ente tinggal datang ke warteg yg ditunjuk, udah bisa makan dan kenyang, gratis
masih kurang? dia pnya program bagi beras gratis, caranya cukup telpon ke 0800 1165 228 bebas pulsa, ntar ente di interview sebentar disitu, setelah di approve, beras akan dikirim ke rumah ente via ojol, gratis semuanya
dan chairil tanjung juga capres potensial tuh, cuma belum ada yg mengusung aja, tapi itu soal waktu aja ane rasa

Lihat 1 balasan
pak Ganjar ini karismanya emang masih ada banget hahaha, anaknya ganteng juga gakya
persiapan nyari ladang baru bray
ladang saat ini udg tandus
Deni buzer laknat penjilat
hari gini msh dengerin buzzer?laknat bgt sampe ngeremehin datangnya corona
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di