CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Mari Memaknai Ramadan melalui Inspirasi Seni Kintsugi dari Jepang Ini, Gansist!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea8d7b268cc956a1f7f6597/mari-memaknai-ramadan-melalui-inspirasi-seni-kintsugi-dari-jepang-ini-gansist

Mari Memaknai Ramadan melalui Inspirasi Seni Kintsugi dari Jepang Ini, Gansist!

Mari Memaknai Ramadan melalui Inspirasi Seni Kintsugi dari Jepang Ini, Gansist!


Banyak cara untuk menjadi baru. Mari kita di bulan Ramadan penuh berkah ini membentuk diri kembali, mengutuhkan jiwa dari kehampaan kemarin. No One's Perfect, kok. Ane baca juga buku itu karena takdir mempertemukan kita.

Kamu gak sendiri, masih ada Ane, dia, mereka, dan kami. Menyesal boleh, bodoh jangan. Tiap manusia yang lahir ke bumi selalu diawali dengan rasa sakit yang dialami ibu, kan?

Mari Memaknai Ramadan melalui Inspirasi Seni Kintsugi dari Jepang Ini, Gansist!

Quote:


 
Filosofi Kintsugi mengajak kita untuk memahami hakikat kehidupan loh. Ane sangat dibuat kagum oleh seni asal Jepang ini. Jadi ingat saat tinggal di Surabaya. Saat itu Ane banyak masalah (menurut Ane ini, Gansist😂) larilah diri ini menuju telepon umum warna biru di dekat pertigaan. Dulu pakai telepon dengan mamasukkan koin adalah hal yang sangat luar biasa.

"Ah, Ts ini mau ngomong apa sih?"

Sabar-sabar, Gansist. 😂
Ane yang lagi down kelas dewa itu menghubungi teman yang kuharap mampu membantu menerangi gelapnya hidupku. Inspirasi memang datang dari mana saja, bisa benda, hewan, alam, atau bahkan teman meski dia gak seagama dengan kita kok. Ane gak mau ngukur teman dari ini semua, karena yang kurasakan hanyalah ketulusannya. Tulus saat dia ngumpat, tulus saat dia memberikan bahunya, iya ... bahu untuk tempat menangis.😢


Aish, jadi nangis kan Ane ini? Busheet! Bisa batal nih puasa.😂

Teman : Nik, kita diciptakan dari tanah, bukan?
Ane : Iya ... (sambil nangis)
Teman : Kamu tahu kan, Nik tanah itu hanya diinjak oleh makhluk di atas bumi ini?
Ane : Iya, (Sambil ngangguk, padahal mana mungkin dia lihat Ane, secara kita via telepon. Lol😂)
Teman : Kamu tahu tembikar?
Ane : Iya, (Dalam hati mulai gak sabar😂)
Teman : Tembikar itu dari tanah kan, Nik?
Ane : - (Baik banget dia dari tadi interview Ane yang lagi mewek, berasa nglamar kerja😑)
Teman : Tembikar itu dibuat dengan cara dibakar lo, Nik. Dibakar itu sakit kan?
Ane : (Ngangguk)
Teman : Itu mengajarkan kita buat kuat. Tanah yang awalnya gak ada harganya, diinjak itu kemudian diambil, dicampur air dibentuk sedemikian rupa, lalu dibakar agar indah. Akhirnya tanah yang hina tadi jadi punya nilai dan harganya jadi mahal. Banyak mata terkagum akan keindahan tanah tadi. Proses emang gak mudah tapi kita pasti bisa melewatinya kok. Aku, Nik. Di sini untukmu!
Ane : (Kehabisan kata😷)



Mungkin cerita Ane hanya selingan hidup namun kejadian itu belum mampu untuk sekedar dilupakan begitu saja. Iya, teman adalah dia yang selalu ada memeluk dan menjaga. Semoga kalian, Gansist juga dikaruniakan Tuhan teman yang demikian. Rasanya sangat nyaman berkeluh kesah bersama.😊


Quote:



Ekspektasi manusia selalu berpengharapan yang indah-indah. Bagi Ane hal ini sangatlah manusiawi kok. Impian, cita-cita akan selalu menjadi khayalan yang diperjuangkan, tak peduli background kita seperti apa juga.

Banyak orang berharap dihormati orang lain karena prestasi kerja, harta, karya, dan seterusnya. Tak jarang ada yang menghamburkan waktu hanya untuk pansos. Barangkali, menurut hemat Ane, tujuannya hanya untuk diterima.

Sayang, kehidupan memiliki siklus untuk menghadapi serangkaian musim berupa pukulan. Tak jarang, kenyataan hidup mengajak untuk meninggalkan mimpi indah kemarin. Hidup kadang itu lucu banget memang, ngajakin becanda menyisakan fragmen yang hancur dan tidak berharga.

Boleh dan bagus banget jika kita mau belajar mengalihkan rasa kekecewaan hidup loh. Salah satunya belajar dari konsep filsafat Jepang ini, seni kintsugi ini berasal dari pendekatan Buddha Zen ke keramik. Menurut sejarah, selama ratusan tahun para guru Zen mengembangkan argumen bahwa panci, cangkir, dan mangkuk yang telah rusak seharusnya tidak diabaikan atau dibuang begitu saja. Mereka harus tetap menarik perhatian dan diperbaiki dengan sangat berhati-hati. Menjalani proses perbaikan ini melambangkan rekonsiliasi dengan kekurangan dan kecelaan sang waktu lho. Tema besar yang digagas guru Zen pada tradisi perbaikan keramik ini kemudian dinamakan kintsugi.
 
Quote:


Secara harfiah kintsugi berarti bergabung dengan emas. Dalam estetika Zen, pecahan keramik yang telah hancur berkeping haruslah diambil dengan sangat hati-hati, dipasang kembali lalu direkatkan dengan pernis dan dibubuhi dengan bubuk emas yang merupakan logam mulia. Ditekankan untuk tidak menyamarkan retakan, karena tujuannya adalah untuk membuat garis indah dan kuat. Terdapat nadi emas yang berharga untuk menekankan bahwa istirahat memiliki nilai filosofi yang kaya.


Quote:


 Mari Memaknai Ramadan melalui Inspirasi Seni Kintsugi dari Jepang Ini, Gansist!


Derasnya laju modernnya zaman ternyata seni kintsugi mampu mempertahankan kearifan tertentu loh. Hal ini bisa kita jadikan inspirasi dalam hidup. Kepedulian dan cinta kiranya mampu untuk menjadikan kita menghargai apa yang sudah rusak. Marilah menghargai ketidakberdayaan orang lain di sekitar kita juga.

Mengibaratkan diri dengan cangkir/mangkuk keramik yang rusak, rentan, dan tidak sempurna. Mari bangkit untuk menjadi lebih indah lagi.

Salam ya Ramadan. Ramadan ya Salam. Ramadan Kareem untuk sahabatku semuanya. Tetap kuat. Tetap semangat ya, Gansist!






Sumber kintsugi


Ngawi, 29 April 2020/ 6 Ramadan 1441 H
With Love,

Warna_Senja


Spoiler for cendol kebaikan Ramadan:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rasyha03 dan 204 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qoni77
Halaman 1 dari 4
Kintsugi milik cita-cita Zen wabi sabi , yang menghargai apa yang sederhana, sederhana dan tua - terutama jika memiliki kualitas pedesaan atau cuaca. Sebuah kisah diceritakan tentang salah satu pendukung besar wabi sabi, Sen no Rikyu (1522-99). Dalam perjalanan melewati Jepang selatan, ia pernah diundang ke acara makan malam oleh seorang tuan rumah yang berpikir bahwa ia akan terkesan oleh sebuah toples teh antik yang rumit dan mahal yang ia beli dari Cina. Tapi Rikyu tampaknya tidak memperhatikan item ini dan malah menghabiskan waktunya untuk mengobrol dan mengagumi cabang yang bergoyang tertiup angin di luar. Dalam keputusasaan karena kurangnya minat ini, begitu Rikyu pergi, tuan rumah yang hancur menghancurkan toples menjadi berkeping-keping dan pensiun ke kamarnya. Tetapi tamu-tamu lain dengan lebih bijak mengumpulkan pecahan-pecahan itu dan menyatukannya melalui kintsugi. Ketika Rikyu selanjutnya datang berkunjung, filsuf itu berbalik ke stoples yang sudah diperbaiki dan, dengan senyum penuh pengertian, berseru: 'Sekarang luar biasa'.  

 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bejosegerwaras dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Setiap kalian adalah istimewa
tetaplah berbahagia


profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadahoy dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
kalau patah hati bisa direkatkan kmb gak kakkaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Pasti bikinnya harus telaten ya mbak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
apaqa aku harus memecahkan mangkok di runah kemudian disusun lagi pakai lem? emoticon-Matabelo

Kalo hati yg sudah pecah berkeping2, tidak akan bisa disatukan secara utuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
filosofi hidup orang jepang banyak juga ya, macem-macem kaitannya sama Zen juga ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ane 5 tahun kerja di jepang diajarin seni ini dan jadi lbh tenang jg minimalis yg ga perlu ane gak beli dan sebisa mungkin ga punya beban pikiran....

cuma pas ngaskus aja balik lg liarnya 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bejosegerwaras dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wahhh filosofis sekali thread ini wkwk gila keren dahh makasih gan ini info yg oke banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadahoy dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
andai hati eug kek nih piring bisa di sambung lagi emoticon-Mewek

_______________________

DI TUNGGU IJO IJO NYA
BUAT BUKA PUASA SEGER NIH
emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
abis pecah, kok malah jd tambah cakep yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah, keren
terima kasih ilmunya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nais trit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 3 lainnya memberi reputasi
wah keren banget gan, jadi kaya semuanya emang ga perfect dna its okay, berusaha memeprbaiki dirinsaja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
gk ada manusia sempurna, yg penting ttp sadar diri,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keren nih seni nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
Wihh, direkatkan dengan emas, ini yg rada susah nech.
Kalau lem super yg kuat, sech, ok, kalau di Indo bisa hilang emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
inspirasi msuk coc lebaran tow?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
Hemmm mencoba memahami..

Belum paham juga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
kece sih, jadi mau coba kalo piring kaca gimana yah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
seni dan budaya jepun emang unik dan bikin kagum..dari tradisi minum teh,sake,origami,hentai manga..harakiri benerin mangkuk pecah kek bgni..sampe bukake nya emang kereen
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di