CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cerita Lengkap Mall Klender: 400+ Manusia Yang Terpanggang Api
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea8b678c820846c710eea44/cerita-lengkap-mall-klender-400-manusia-yang-terpanggang-api

Cerita Lengkap Mall Klender: 400+ Manusia Yang Terpanggang Api

Hallo gan-sist, balik lagi di thread aneemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Pada thread kali ini kita akan membahas salah satu kisah kelam dalam sejarah bangsa ini, Pembakaran Mal Klender.

Cerita Lengkap Mall Klender: 400+ Manusia Yang Terpanggang Api
Sumber Gambar: Disini

Kisah ini berlatarkan pada Mei 1998, jadi thread ini akan di mulai pada cerita itu.
Gimana, udah siap? Kalau gitu langsung aja kita mulai threadnya!

Tragedi Mei 1998

Tragedi Mei 1998 dipicu oleh tragedi Trisakti di mana empat mahasiswa Universitas Trisakti ditembak mati.
Belum lagi banyaknya kasus pelanggaran HAM, korupsi besar-besaran, krisis finansial Asia, dan keputusan pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak menjadi Rp 1.200,- per liter.

Spoiler for "Kekacauan!":



Penjarahan Mall Klender

Salah satu lokasi yang menjadi sasaran untuk dijarah pada kerusuhan itu adalah Mall Klender. Mall "Yogya" Klender atau Plaza Yogya, adalah salah satu mall yang ramai pada masanya. Ketika meletus kerusuhan 14 Mei 1998.

Spoiler for "Massa Terprovokasi":



Pemabakaran Mall Klender

Saat massa sedang sibuk menjarah, sekelompok orang mengumpulkan kasur-kasur, pakaian, dan barang yang mudah terbakar lainnya pada lantai 1, dan kemudian menyiramnya dengan bensin. Beberapa orang yang melihat sempat melarang "Jangan dibakar woi!" namun peringatan itu tidak di gubris, sekelompok orang tadi tetap membakar tumpukan kasur itu.

Spoiler for "Mall Yang Terbakar":



Kondisi Mayat

Pemadam kebakaran mengerahkan segala upaya untuk memadamkan api yang telah membakar seluruh bagian pada lantai 1. Namun karena banyaknya bahan yang mudah terbakar pada mall itu menyulitkan proses pemadaman api.

Spoiler for "Mayat Yang Sulit Dikenali":




Kejadian besar ini masih banyak di pertanyakan bahkan hingga kini, "Apakah kejadian ini disengaja?"
Jika di lihat dari adanya oknum yang memprovokasi, menyulut api, menandakan adanya faktor kesengajaan. Mungkin untuk semakin memperkeruh situasi saat itu.


The Mall

Kisah menyeramkan dari mall ini tidak hanya ada saat kejadian kerusuhan itu, bahkan terjadi setelah peristiwa pembakaran.

Spoiler for "The Mall":


Jadi itulah gan-sist kisah kelam dari sejarah bangsa ini, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kejadian diatas.
Siapapun itu, kita memiliki hak yang sama di Indonesia, termasuk di dalamnya hak untuk Hidup. Keturunan Tionghoa di negara ini juga bekerja keras untuk memenuhi hidup mereka, jika kita melihat mereka sukses, patutnya kita mencontoh kerja keras mereka bukan iri dan membenci mereka.

Oke deh segini aja untuk thread kali ini, terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di thread selanjutnyaemoticon-Haiemoticon-Salam Kenal

Baca Juga:
Level Tertinggi Dari Memberi

Rekomendasi Game Offline Ringan dibawah 25MB

ANTRUM: Film Paling "Mematikan/Terkutuk" Yang Pernah Dibuat?


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan 303 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh arcvinci27
Halaman 1 dari 16
Spoiler for "Tambahan":


Enjoy dengan ceritanya yaa gan-sistemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh arcvinci27
Lihat 12 balasan
Jadi yang mati dibakar itu penjarah ya? Dibakar perusuh juga atau ada oknum yang bermain?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaaskuson dan 41 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Licik juga provokator nya.. Ngajakin warga untuk menjarah kemudian dijebak & dibakar.. emoticon-Takut

Motif provokator ya cuma satu. Buat nurunin Soeharto emoticon-cystg

Pasti bayaran nya mahal nih emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mat.piere dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Lihat 15 balasan
Ts maho yagh?? emoticon-Bingung
Izin donlod breeh emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jaelaah... Dah lewatin test human verifikasi, malah bginian.. emoticon-Hammer2
Cerita Lengkap Mall Klender: 400+ Manusia Yang Terpanggang Api
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sekali mendayung, dua tiga pulau terlampau.
agar suharto turun maka diperlukan kondisi sosial yang nggak stabil.
1. warga di hasut bahwa negara sedang dalam krisis ekonomi besar, lalu digiring untuk melakukan penjarahan.
2. warga yang dihasut, sengaja dilepas penjagaannya oleh TNI didepan Mall agar masuk kedalam mall, menjarah apa saja yang mereka inginkan.
3. setelah ratusan orang didalam, maka orang2 yang tidak diketahui - masuk membawa sejumlah bahan bakar.
4. setelah beberapa benda terbakar, orang2 tadi menutup akses mall. siapa yang punya kunci pintu mall? ya pemilik mall lah 😁, apa motif pemilik mall menjebak penjarah? nggak ada, mana mau seorang pengusaha memberikan kunci keamanan perusahaannya kalo nggak di paksa oleh orang yang kuat dalam politik.

rangkaian diatas adalah point2 untuk melengserkan kekuasaan suharto, sumber - semua udah pada tau. 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kusmangat dan 75 lainnya memberi reputasi
Lihat 29 balasan
Serem emoticon-Takut
Smoga kejadian gni ga terulang lg
Warga yg terpancing provokasi akhirnya malah jadi korban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anarko mau kejadian begini lagi. Mending mereka aja yang dibakar daripada orang orang yang tak bersalah seperti ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Siapa suruh jarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
horor. 😰
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
serem gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Siapa suruh menjarah...


emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Nyimak gan, sambil baca pelan2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini termasuk kotrasepsi..
Eh konspirasi yang masih 'belum' terpecahkan
Atau malahan ga mau dipecahkan...

Ah sudahlah...
Nanti juga bakalan ketahuan siapa dalang dibalik ini semua...

---edited----

Page one ane gembok gan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh left.pocket
Lihat 3 balasan
Benar2 kisah kelam dari sejarah bangsa ini. . .
emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Serem bgt emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pas zaman ane lagi kuliah nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Prihatin gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi inget dulu waktu sekolah beredar urban legend ada ibu2 naik angkot terus supirnya ngobrol sama ibu2nya, nanya mau kemana bu, dijawab mau pulang abis beli susu anaknya eh pas udah berenti ditempat tujuan ibu2nya ga adaaemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Salah satu sisi kelam negara Indonesia nih gan. Negara yg katanya gemah ripah loh jinawi penduduknya super ramah & santun....Dan yakinlah masih banyak sisi kelam lainnya emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 16


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di