CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea88b10a7276846887fd1c0/jangan-terlalu-mengekang-inilah-5-alasan-mengapa-anak-menutup-diri-dari-orang-tua

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Selamat pagi kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga tidak pernah lelah dalam berbagi kebaikan dan semoga bahagia selalu.

Jika berbicara tentang hubungan anak dan orang tua, pada kenyataannya di lapangan tidak semua hubungan ini berjalan dengan harmonis. Ada begitu banyak hubungan anak dan orang tua yang tidak sehat. Misalnya, komunikasi antara keduanya yang kurang baik, tidak adanya perhatian satu sama lain, dan hal lainnya yang berkaitan dengan hubungan anak dan orang tua.

Selain dari itu juga lebih berbahayanya adalah mempengaruhi proses tumbuh dan kembang anak. Baik secara fisik maupun pemikiran. Tidak sedikit anak yang memilih menutup dirinya dari orang tuanya, dan tentunya mereka memiliki alasan yang kuat mengapa dirinya menjadi tertutup. Salah satunya mungkin bisa jadi karena sikap orang tua yang terlalu mengekang anak-anaknya. Sehingga mereka merasa tidak nyaman dan pada akhirnya malah menutup diri.

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan di bawah tentang 5 alasan mengapa anak menutup diri dari orang tua.

1. Terlalu sering memarahi

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Untuk seluruh orang tua di dunia, ketahuilah semakin sering Anda memarahi anak-anak maka lambat laun anak pun akan berpikir bahwa jika seandainya mereka membuka diri, mungkin saja kalian akan memarahinya. Jadi, mereka lebih memilih untuk menutup diri. Jika dibilang, mereka cari nyaman atas segala rahasianya. Anda boleh saja menganggap marah Anda kepada anak itu sebagai rasa sayang, akan tetapi penerimaan pola pikir anak belum tentu seperti itu. Jangan sampai anak-anak merasa tidk nyaman dengan kehadiran Anda.

2. Tidak adanya waktu khusus bersama anak

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Meluangkan waktu khusus bersama anak adalah hal yang sangat penting. Mengingat bahwa lingkungan anak tidak hanya di rumah saja, melainkan di sekolah dan di manapun itu. Anak selalu cenderung ingin membagikan pengalaman atau ceritanya kepada orang tua. Akan tetapi jika mereka hanya diam dan tidak bercerita kepada Anda, berarti Anda tidak pernah memberinya ruang atau waktu khusus untuk anak menceritakan tentang dirinya dan lingkungan di luar rumahnya.


Quote:


3. Suaranya tidak pernah didengar

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Zaman sekarang tidak sedikit orang tua yang tidak mendengarkan keinginan anak-anaknya. Mereka hanya ingin didengarkan dan dipatuhi tanpa menerima bantahan sedikit pun. Hal inilah yang terkadang mempengaruhi alasan mengapa anak menutup diri dari orang tua. Seharusnya orang tua pun mampu mengerti apa keinginan anak yang sebenarnya, sehingga tidak ada istilah pembangkangan. Ingat, terjadinya pembangkangan atau pemberontakan dari anak bukan semata-mata karena anak tidak patuh, akan tetapi karena tidak adanya pula pengertian dari orang tua.

4. Tidak mampu menjadi sahabat yang baik bagi anak

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Tidak mudah untuk menjadi teman atau sahabat bagi anak. Orang tua harus lebih memahami dulu bagaimana watak dan jati diri dari seorang anak, agar ia tahu bagaimana caranya menjadi teman yang baik baginya. Salah selangkah saja, itu akan membuat anak menutup dirinya rapat-rapat dari orang tua. Jangan sepelekan ketika anakmu lebih jarang bercerita dan membuka dirinya, mungkin itu adalah hal yang keliru dari Anda.

5. Mempunyai trauma yang berlebihan

Jangan Terlalu Mengekang, Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Menutup Diri Dari Orang Tua

Di dunia ini tidak pernah ada seorang pun yang menginginkan sebuah hubungan rumah tangga yang bercerai dan hancur berantakan. Efeknya akan sangat luar biasa bagi anak. Ketakutan, kegelisahan, kekhawatiran, dan segala apa pun yang dirasakannya pasti terasa berat. Bisa jadi hal ini membuat anak menjadi trauma dan menutup diri dari orang tuanya. Maka dari itu cobalah untuk berusaha sekuat mungkin mempertahankan rumah tangga dan pikirkan juga anak sendiri.

Nah, itulah penjelasan dari 5 alasan mengapa anak menutup diri dari orang tua. Semoga yang sekarang sudah menjadi orang tua, bisa mampu mengerti apa yang menjadi keinginan bagi anak-anaknya. Nggak perlu terlalu mengekang. Cukup beri nasihat dan dukungan, percayalah itu membuat anak jauh lebih nyaman.

Narasi: opini pribadi
Sumber gambar: Di sini
Di sini
Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarkaje dan 46 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Selamar membaca. Semoga bermanfaat. ❤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 6 lainnya memberi reputasi
Ingat, terjadinya pembangkangan atau pemberontakan dari anak bukan semata-mata karena anak tidak patuh, akan tetapi karena tidak adanya pula pengertian dari orang tua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mari singgah dan diskusi. 🤗
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Komen ah biar kolom komentar tidak dikuasai TS doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nice info..terima kasih sudah mengingatkan sist.. menjadi orang tua emang tidak mudah, kalau anak lagi nggak bisa dibilangin atau berbuat salah rasanya emang pengen marah tapi dampaknya yaitu tadi anak bisa menutup diri dari orang tuanya dan hubungan anak dan orang tua jadi kurang dekat.. jadi ya kita sebagai orang tua harus bijak, harus berusaha menahan diri agar tidak dikit2 marah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Bener banget nihh, emang nggak baik kalau terlalu melarang larang, yang ada anak malah jadi penasaraan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
kalo dari pengalaman pribadi dan yang ane pelajari dari lingkungan sekitar siichh nomor 1 yang paling sering terjadii.... alasan utama mengapa anak menutup dirii... karena takut dimarahi.... karena ini gx boleh... itu gx boleh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kalo menurut ane siichh orang tua kan pernah jadi anak yeess... pernah mengalami di usia usia anakkk... baik saat kecil, remaja, dewasa muda... orang tua sudah melalui itu semua... baiknya coba untuk pahami anak dahuluu sebelum judge anak ini itu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kemudian jugaaa coba orang tua untuk mendengarkan anak bukan untuk membalas omongan anak... tetapi dengarkan karena memang orang tua ingin tau siapa anaknya... apa yang dipikirkan oleh anaknya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
iya gan, jangan mengekang
ga enak kan dikekang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
himbauan kecil untuk para orang tuas niiih emoticon-Smilie . tapi kita sebagai anak juga harus menghormati orang tua yaaa..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Terimakasih infonya!
semoga bisa bermanfaat ke pembaca pembaca lainnya yaaaa.
nice thread gan!


#DirumahAja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Katakhoi dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah bener banget nih kita harus memperhatikan kondisi dan saling terbuka nih dengan anak maupun orang tua kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
janganlah mengekang anak kita harus mengasih tau dengan cara halus dan harus mengawasinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
yang terpenting sih komunikasi gan sis kita hatus membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga kita sehingga kondisi rumah harmonis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
makasih gan infonya bermanfaat banget dan bakal ane share nih ke sodara sodara ane buat cara memperhatikan anak dengan baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
Lebih banyak marahin dari memuji atau reward.
Rusak sudah anaknya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
mksih infony. memang bener smakin kita kekang anak semakin berontak tp kdang orang tua tdak memyadari akan hal itu, anak jg pnya rsa penasaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
sesuai diatas ke 5nya betul semua. trauma mendengar orangtua bertengkar, suaranya pun tidak terlalu didengar. sellu disela ketika bertengkar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di