CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Tidak Hanya Berbagi Dengan Orang Lain, Kebaikan Bisa Juga Diterapkan di Rumah Sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea8784110d295692d3172d6/tidak-hanya-berbagi-dengan-orang-lain-kebaikan-bisa-juga-diterapkan-di-rumah-sendiri

Tidak Hanya Berbagi Dengan Orang Lain, Kebaikan Bisa Juga Diterapkan di Rumah Sendiri

Tidak Hanya Berbagi Dengan Orang Lain, Kebaikan Bisa Juga Diterapkan di Rumah Sendiri
sumber gambar

Assalamualaikum

Marhaban Ya Ramadan


Hallo, GanSist. Welcome to my thread ヽ(*⌒∇⌒*)ノ.

Bulan ramadan kali ini, kita tidak bisa melakukan banyak aktifitas di luar rumah. Bahkan, untuk menepis rasa lemas dan bosan karena berpuasa dan terus berada di rumah sekalipun. Biasanya, sebelum waktu berbuka, atau sambil menunggu matahari condong, kita dapat menikmati waktu tersebut untuk sekadar jalan-jalan sore ke tempat terdekat, atau berburu takjil.

Adanya covir-19, membatasi banyak hal yang ingin dilakukan manusia. Baik bekerja, bersilaturahmi, jalan-jalan, mudik, dan masih banyak lagi. Bahkan, untuk beribadah ke masjid saja, kita tidak bisa melakukannya. Keadaan ini benar-benar menyedihkan, ya, GanSist.

Kita hanya bisa berada di rumah. Puasa di rumah, berbuka di rumah, dan melakukan segala hal di rumah saja. Namun, meski demikian. Kita masih bisa melakukan berbagai kebaikan, kok, GanSist.

Dan, kebaikan itu bukan hanya soal berbagi kepada orang-orang di luar saja. Bukan hanya soal saling bantu-membantu antar tetangga. Melainkan juga tentang bagaimana kita mengurus keluarga. Mendidik anak-anak bagi mereka orangtua. Membantu orangtua, untuk meraka anak-anak.


Nah, ane punya beberapa daftar aktifitas, atau kebaikan yang bisa dilakukan selama waktu di rumah.


1. Menjadi Guru Untuk Anak


Tidak Hanya Berbagi Dengan Orang Lain, Kebaikan Bisa Juga Diterapkan di Rumah Sendiri
sumber gambar

Di masa pandemi ini, GanSist, atau kita semua, belum bisa saling mengunjungi. Anak-anak pun belum bisa belajar ke sekolah. Jadi, alangkah baiknya jika orangtua bisa membantu sang anak agar tetap belajar dan tidak vacum selama masa diliburkannya sekolah.

Dengan begitu, otak si anak tetap lancar mengingat pelajaran-pelajarannya. Mungkin sedikit merepotkan, atau sangat merepotkan. Tapi tetap saja, orangtua harus membantunya agar sang anak tumbuh pintar dan cerdas.


2. Membantu Orangtua

Tidak Hanya Berbagi Dengan Orang Lain, Kebaikan Bisa Juga Diterapkan di Rumah Sendiri
sumber gambar


Jika sebelumnya orangtua yang membantu anak. Sekarang, anak membantu orangtua. Ini bukan soal pekerjaan timbal balik, ya, GanSist. Melainkan suatu kesadaran yang memang harus dimiliki oleh orangtua dan anak. Di mana, mereka memanglah saling membutuhkan.


Quote:


Dengan terbiasa membantu orangtua di rumah. Anak juga jadi semakin dekat dengan keluarga. Semakin paham akan kewajiban-kewajibannya. Terlepas itu, menjadi guru untuk anak, dan anak membantu pekerjaan rumah tangga, sudah termasuk suatu kebaikan, ya, GanSist.

Jadi, kebaikan itu, tidak meluku perihal berbagi dengan tetangga, atau pun orang asing. Seseorang bisa dinilai baik, jika ia memerlakukan keuarganya dengan sangat baik.



3. Tetap Disiplin

Tidak Hanya Berbagi Dengan Orang Lain, Kebaikan Bisa Juga Diterapkan di Rumah Sendiri
sumber gambar

Meski belum bisa ke sekolah, alias di rumah saja. Kedisiplinan tetap harus berlaku, ya, GanSist. Di sini, orangtua berperan penting dalam mengatur waktu untuk anak-anak.

Misal, waktu bermain. Waktu beribadah, dan waktu belajarnya. Jadi, selama di rumah saja, tidak boleh hanya dihabiskan untuk bermain. Melainkan juga untuk hal-hal lainnya. Apalagi saat ramadan begini. Orangtua berperan penting dalam mengajari anak-anaknya tentang pentingnya berpuasa, dan beribadah.

Jika semua itu terlaksana dengan aman. Pekerjaan tersebut termasuk sebuah kebaikan. Kebaikan kecil yang membawa dampak besar malah. Karena, anak-anak jadi belajar betapa pentingnya waktu.


4. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Tidak Hanya Berbagi Dengan Orang Lain, Kebaikan Bisa Juga Diterapkan di Rumah Sendiri
sumber gambar

Ini penting baget, GanSist. Jangan karena ada himbauan untuk tetap di rumah saja. GanSist jadi lupa membersihkan halaman atau area sekitar rumahnya, ya. Bisa-bisa dihuni oleh ular nanti, jika sampahnya menumpuk. Ditambah adanya covid-19. Kesehatan semakin terancam.

So, dengan membersihkan lingkungan sekitar rumah, kesehatan akan semakin terjamin. Lebih bagus lagi bila dikerjakan bersama-sama dengan keluarga. Suami, istri dan anak.

Seperti itulah sederhananya bentuk kebaikan. Kita semua bisa melakukan kebaikan, di mana, pada siapa, dan dengan apa saja. Karena hanya seulas senyum yang kita beri kepada siapa saja, sudah terhitung sebagai kebaikan oleh Pencipta.

Baiklah, sekian thread inspiratif dari ane. Semoga bermanfaat dan dapat direalisasikan bersama. See you anymore, Guys ....

Wassalam (^~^)



Penulis: @darmawati040

Narasi Pribadi


Bima, 29 April 2020




Spoiler for berbagi cendol:




Mari saling berbagi cendol, GanSist. Lakukan kebaikan meski terbilang kecil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bgssusanto88 dan 110 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 7 lainnya memberi reputasi
sudahkan kita berbuat baik di rumah masing-masing?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
menjadi guru untuk anak 😭 gak megang buku diktat, kuota internet harus selalu tersedia 😭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ok, siap jadi anak yg membantu orangtua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
selalu punya kegiatan meski di rumah saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 6 lainnya memberi reputasi
wow, sedang hot, nih. 😅 cendolnya, Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 5 lainnya memberi reputasi
yap betul gan. peran orangtua sekarang jadi triple untuk bimbing anak anak sekarang di masa pandemik ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
Peran orang tua saat ini memang sangat penting. Jadi guru di rumah,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 5 lainnya memberi reputasi
memang betul banget tuh berbuat kebaikan tidak hanya di luar sama orang lain kok di rumah juga bisa sama keluarga sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 5 lainnya memberi reputasi
Terimakasih infonya!
semoga bisa bermanfaat ke pembaca pembaca lainnya yaaaa.
nice thread gan!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
Mayann msh dpt pejwanlahh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
mantap setuju.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
berbuat baik dari hal kecil ya.. ane si sebagai anak wajib hukumnya tuh membantu orang tua wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:

Betul sekali gan
Quote:

haha, ok sip
Quote:

iya, sangat merepotkanbya gan? Tapi gk apa apa. Waktu bersama anak anak jadi lebih banyak
Quote:

hehe, sip gan, selamat menjadi guru emoticon-Angel
Quote:


Betul gan, karena orangtua atau anak yg baik, adalah mereka yg bisa memerlakukan keluargannya dgn baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:

Terima kasih sudah hadir gan
Quote:

haha, gk dapat pun tak apalah
Quote:

makasih gan
Quote:

haha, kalau gk, bisa diteriakin sama emak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ini nihh info yang harus dishare ke banyak orang bener banget kita juga bisa bertindak perhatian dan peduli terhadap orang orang terdekat kita mulai dari keluarga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 4 lainnya memberi reputasi
satu sama lain anggota keluarga harus banget nih gan menjaga komunikasi satu sama lain biar tau nih keadaan masing masing anggota keluarga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
infonya menarik dan bermanfaat banget gan siss semoga aja bisa bermanfaat buat banyak orang yang membacanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:

Betul gan, terima kasih banyak sudah hadir 😊
Quote:

sip sip, ane sangat setuju gan
Quote:


aamiin, jangan bosan mampir ya gan. Terima kasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua.. dan selalu memprioritaskan mereka gan.. emoticon-Cendol Ganemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di