CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengajarkan Nenek Ngaji, Membuat Hati Senang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea83628365c4f33037a3098/mengajarkan-nenek-ngaji-membuat-hati-senang

Mengajarkan Nenek Ngaji, Membuat Hati Senang!

Mengajarkan Nenek Ngaji, Membuat Hati Senang!

Assalamualaikum sahabat kaskuser.
Apa kabar Agan dan Sista? Semoga selalu baik yah dan semangat terus puasanya

Membahas tentang kebaikan nih, mungkin sebagian orang menganggap kebaikan itu suatu hal yang di lakukan oleh orang kaya atau berada.

Tapi kebaikan sekecil apapun bisa menjadi pahala di akhirat nanti tak hanya di akhirat di dunia saja kita pasti merasakan dampak dari kebaikan itu.

Jadi jangan pernah berhenti berbuat kebaikan walau sekecil buah jaroh sekalipun.

Kebaikan tak melulu tentang harta, tapi kebaikan itu bisa di lakukan dengan apa yang kita punya seperti berbagi tenaga, berbagi ilmu yang kita punya atau walau hanya ucapan doa sekalipun itu bisa di sebut kebaikan.

Di sini ane mau berbagi pengalaman tentang ane yang mengajarkan nenek belajar Al-Qur'an.

Mengajarkan Nenek Ngaji, Membuat Hati Senang!

Di rumah ane tinggal bersama nenek, nenek ane sudah cukup tua, umurnya Kisaran 70 tahun, tapi semangatnya untuk belajar Al-Quran sungguh luar biasa.

Kata nenek, sedari kecil nenek tak pernah belajar Al-Quran ma'lum jaman baheula anak itu bukan di suruh sekolah dan belajar atau pun mengaji, malah di suruh membantu orang tua ke ladang, jadi tak ada waktu untuk sekolah, gak di ajak ke ladang pun malah di suruh jaga adik di rumah.

Nenek buta huruf, huruf abzad atau huruf hijaiyah ia tak tahu, namun keinginan ia belajar ngaji sekarang sungguh luar biasa, ia selalu tekun dalam belajar.

Ane sebagai cucu perlahan mengajarkannya sedikit demi sedikit huruf-huruf hijaiyah sampai ia mengenal huruf-hurufnya dan alhamdulilah perlahan-lahan nenek ane mulai mengenal huruf hijaiyah dia pun mulai lancar mengaji, tak hanya huruf hijaiyah yang ane ajarkan ane juga mengenalkan tentang tajwid sama makhorojnya, mengenalkan idhar, idghom, ikhlab dan ikhfa sampai perlahan-lahan ia mulai mengenalnya dan pasih melantunkan Al-Quran.

Mengajarkan nenek-nenek itu cukup susah harus punya kesabaran dalam menuntunnya, beda dengan mengajarkan anak kecil satu kali mengulang anak kecil langsung hafal, namun berbalik dengan lansia mengajarkannya harus di sebut berulang-ulang.

Namun, ada kesenangan dan kebahagiaan untuk diri ane sendiri melihat nenek ane semangat belajar mengaji membuat hati bahagia, mendengar lantunannya membaca ayat suci Al-Quran membuat hati tenang dan damai.

Tak hanya itu mengajarkan nenek mengaji membuat hafalan ane semakin kuat karena terus mengulang-ulang ayat demi ayat. Dan selalu ada ketenangan saat mendengar ayat suci Al-Qur'an.

Al-Quran semakin kita baca maka akan semakin kuat kita mengingatnya dan sebaliknya jika kita jarang membacanya hafalan kita akan mudah hilang.

Pada hakikatnya Al-Quran adalah pedoman hidup, yuk kita perbanyak berbuat kebaikan dan mengaji.

Sekian thread ane kali ini semoga menginspirasi.

Jangan pernah berhenti berbuat kebaikan.
Spoiler for bukti cendol:


Salam manis dan Terima kasih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adityajaya95 dan 63 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ukhtyfit81
pajwan
profile-picture
profile-picture
battosai36 dan prada567 memberi reputasi
kuy berbuat kebaikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
di bulan penuh keberkahan
profile-picture
profile-picture
battosai36 dan prada567 memberi reputasi
Maap nih sis, mau nanya tapi OOT.

Pake kaskus app versi terbaru kan? Kaskus tv nya autoplay?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantap gan, ane juga dulu sering ngajarin mbah ane ngaji, alhamdulillah sekarang dah agak lancar baca qurannya ,salut karna udah berumur tapi masih punya semangat buat belajar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo mau nonton video, ntar videonya jalan sendiri atau begimane?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Masya allah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Widih, nice info gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantap ukhti ajarin baim ngaji makhraj dong emoticon-Cipok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bermanfaat sekali, ane juga mau belajar ngaji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Masya Alloh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cucuku guruku, keren
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cucuku guruku, keren
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cerita tentang nenek, jadi kangen almarhumah nenek.

Waah keren, jadi guru untuk nenek
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 2 balasan

Keren!

Permisi mau nanya, metode belajarnya pakai apa ya mbak ? Saya mencoba mengajar ortu tapi susah sekali, apakah ada tips tertentu ?
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di